Nostalgia: Derby della Madonnina Pertama dan Upaya Mempersatukan yang Selalu Gagal

Johan KristiandiJohan Kristiandi - Jumat, 15 September 2023
Nostalgia: Derby della Madonnina Pertama dan Upaya Mempersatukan yang Selalu Gagal
Milaninter United

BolaSkor.com - Derby della Madonnina yang mempertemukan Inter Milan melawan AC Milan akan digelar pada akhir pekan ini dalam laga lanjutan Serie A. Pertandingan itu punya sejarah panjang yang menjadi bumbu persaingan.

Awalnya, AC Milan lahir terlebih dahulu sebagai klub sepak bola dan kriket di Milano. Namun, terjadi pertentangan di dalam klub tersebut karena orang-orang Inggris dan Italia dianggap terlalu mendominasi.

Akhinya, Giorgio Muggiani, Bossard, Lana, Bertoloni, De Olma, Enrico Hintermann, Arturo Hintermann, Carlo Hintermann, Pietro Dell'Oro, Hugo, Hans Rietmann, Voelkel, Maner, Wipf, dan Carlo Arduss memilih membentuk klub baru pada 9 Maret 1908 yang terdiri dari banyak pemain internasional. Tidak heran, nama yang diambil adalah Internazionale.

Baca Juga:

Milan Menang Dua Kali Beruntun, Giroud Langsung Targetkan Serie A dan Liga Champions

Derby della Madoninna, Inter Diunggulkan tapi Milan Dalam Kepercayaan Diri Bagus

Jelang Tantang Inter, Milan Hadapi Krisis di Sektor Pertahanan

Sejak saat itu, kedua klub pun mulai bersaing. Menurut penelusuran yang dilakukan BolaSkor, Derby della Madonnina pertama tersaji pada Oktober 1908.

Pada 17 Oktober 1908, di stasiun kereta Porta Nouva, sekitar 30 anak dengan ransel menuju Chiasso untuk bertanding dalam laga Coppa Chiasso. Anak-anak tersebut adalah penggawa Milan dan Inter.

Selain Milan dan Inter, turnamen tersebut diikuti Chiasso selaku tuan rumah, Ausonia, Lugano, dan Bellinzona. Milan berstatus favorit karena memenangi dua edisi sebelumnya.

Inter dan Milan saling berhadapan pada laga final. Milan mengandalkan Pierino Lana, sedangkan Inter bertumpu pada Virgilio Fossati.

Milan mencetak dua gol pada babak pertama. Sementara itu, Inter hanya mengemas satu gol pada babak kedua. Walhasil, Milan keluar sebagai juara.

Keesokan harinya, para pemain harus kembali ke Milano karena harus bekerja atau sekolah. Itu merupakan derby della Madonnina pertama.

Kemudian, persaingan antara Milan dan Inter semakin bertumbuh dan membesar, seperti hari ini. Tidak hanya di dalam lapangan, tetapi aroma rival juga tercium di luar lapangan.

Namun, bukan berarti tidak ada pihak yang mencoba menyatukan Inter dan Milan kembali menjadi satu klub. Sayangnya, upaya tersebut tidak pernah berhasil.

Upaya pertama kali yang dilakukan adalah pada Oktober 1965 pada duel trofi persahabatan antara Italia dan Inggris. Liedholm dan Milaninter United yang diasuh Herrera menantang Chelsea yang dipimpin Philip. Klub tersebut dibentuk untuk melebur Inter dan Milan.

Milaninter United diperkuat beberapa nama seperti Schnellinger, Trapattoni, Guarnieri, Picchi, dan Corso. Tim mengenakan jersey dengan motif tanda salib, seperti pada perayaan 100 tahun Inter Milan.

Namun, keinginan menyatukan kedua tim tidak pernah berhasil. Peppino Prisco pernah mengatakan Inter memang terlahir dari tulang rusuk Milan. Namun, semuanya tetap dimulai dari nol.

Inter Milan AC Milan Serie a
Ditulis Oleh

Johan Kristiandi

Life is too short, but i will live for you.
Posts

14.140

Bagikan