NOC Indonesia: Panjat Tebing Berpeluang Sumbang Medali Emas di Olimpade 2024

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Jumat, 08 Maret 2024
NOC Indonesia: Panjat Tebing Berpeluang Sumbang Medali Emas di Olimpade 2024
Desak Made Rita Kusuma (ig)

BolaSkor.com - Ketua Umum NOC Indonesia Raja Sapta Oktohari mengatakan cabang panjat tebing yang meloloskan dua atlet berpeluang besar menyabet medali emas dalam ajang Olimpiade Paris 2024.

"Dua atlet dari speed climbing, Insyaallah dua-duanya ini dari nomor putra maupun putri berpeluang besar mendapatkan emas di Olimpiade Paris 2024," kata Oktohari dalam sambutannya pada acara Rapat Anggota dan Kongres Luar Biasa KOI 2024 di Jakarta.

Dua atlet panjat tebing yang akan tampil dalam kompetisi olahraga tertinggi dunia yaitu Desak Made Rita Kusuma Dewi yang meraih medali emas di nomor women's speed kejuaraan dunia panjat tebing IFSC di Bern, Swiss, pada Agustus 2023.

Baca Juga:

Founder JHL Group sampai Ketua NOC Indonesia Dianugerahi Sabuk DAN Kehormatan Kukkiwon

Hadapi Kisruh Cabor Tenis Meja, NOC Indonesia Jalin Komunikasi dengan ITTF

Jelang Olimpiade 2024, NOC Indonesia Berkolaborasi dengan Kedubes Prancis

Selain itu, Rahmad Adi Mulyono yang meraih medali emas di kejuaraan panjat tebing IFSC di Jakarta pada November 2023.

Ia mengatakan, prestasi yang ditorehkan kedua atlet tersebut menjadi modal penting dalam membangun optimisme untuk meraih medali emas pada Olimpiade Paris 2024.

Lebih lanjut, Oktohari mengatakan, Olimpiade Paris 2024 menjadi kompetisi yang menarik bagi Indonesia karena bisa meloloskan atlet dari berbagai cabang olahraga.

"Kalau biasanya potensial itu hanya dari badminton, sekarang banyak cabang olahraga yang berpeluang mendapat banyak emas untuk sejarah keikutsertaan Indonesia dalam Olimpiade," katanya.

NOC mencatat, sejauh ini sudah tujuh atlet dari lima cabang olahraga yang telah mengantongi tiket lolos ke Olimpiade Paris 2024, sedangkan, cabang lainnya masih berjuang meloloskan atlet melalui berbagai kompetisi yang masuk dalam kualifikasi Olimpiade.

Selain dua atlet panjat tebing, lima atlet lainnya yaitu Arif Dwi Pangestu dan Diananda Choirunisa/Riau Egha Agatha Salsabila dan cabang panahan, Rifda Irfanaluthfi dari cabang senam artistik, Fathur Gustafian dari cabang menembak, serta Rio Wanda dari cabang selancar.

Olimpiade 2024 NOC
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.313

Bagikan