Mikel Arteta Mengembangkan Arsenal ke Jalan yang Benar

Arief HadiArief Hadi - Selasa, 14 Maret 2023
Mikel Arteta Mengembangkan Arsenal ke Jalan yang Benar
Mikel Arteta (Twitter)

BolaSkor.com - Percaya pada suatu proses. Kata-kata itu sering terdengar dan terlihat belakangan ini di dunia sepak bola. Maklum, pada perkembangan sepak bola di era modern tuntutan untuk sukses kini diharapkan terjadi instan, membuat kepercayaan kepada proses itu terkikis.

Proses itulah yang dirasakan Arsenal pasca Arsene Wenger pergi pada 2018 dan Unai Emery, yang menggantikan Wenger, tidak mampu mengangkat tim. Arsenal pun menunjuk Mikel Arteta melatih klub pada 2019.

Arteta datang sebagai pelatih minim pengalaman tapi ia sudah menyerap ilmu dari Pep Guardiola, saat ia jadi asisten pelatih Manchester City pada 2016-2019. Empat tahun berjalan dengan Arsenal dan Arteta kini sudah mendapatkan tempat di hati fans.

Apabila sebelumnya Arteta membawa Arsenal juara Piala FA (2020), di musim ini Arteta mengarahkan klub kepada jalur perebutan titel Premier League yang terakhir dimenangi pada 2004.

Baca Juga:

Gagal Kalahkan Sporting Lisbon, Mikel Arteta Soroti Kelemahan Arsenal

Ketika Semesta Mendukung Arsenal Juara

Reiss Nelson, Cameo Super Milik Arsenal

Reaksi Mikel Arteta Usai Gabriel Jesus Kembali Perkuat Arsenal

Arsenal, sampai pekan 27 Premier League, berada di puncak klasemen dengan 66 poin dan terpaut lima poin dari Man City yang berada di peringkat dua. Arsenal sudah berada dalam jalur perebutan titel liga tapi mereka belum ingin membicarakannya.

"Tidak adil membicarakan gelar. Kami harus berbicara tentang apa yang kami lakukan saat ini dan apa yang ingin kami teruskan," papar Direktur Olahraga Arsenal, Edu, dikutip dari TalkSPORT.

"Dan kemudian kami harus melanjutkan apa yang kami lakukan dan tetap rendah hati, tetap rendah hati dan terus melakukan apa yang kami lakukan saat ini dan kemudian mari kita lihat bagaimana kami akan menyelesaikan musim ini."

Tidak terbayangkan sebelumnya Arsenal masuk dalam jalur perebutan titel Premier League di musim ini, ketika publik masih memprediksi persaingan titel terjadi antara Liverpool dan Man City. Terlebih Arteta juga sempat disorot di musim-musim sebelumnya.

Sebelumnya, Arteta malah terancam dipecat karena Arsenal tak mampu finish di zona Liga Champions, tim tampil inkonsisten, dan ia membuat keputusan tak populer di kalangan fans dengan sikapnya kepada Mesut Ozil dan Pierre-Emerick Aubameyang.

Namun melihat performa tim saat ini, keputusan Arteta dibenarkan dan Edu pun tidak heran sebab hal-hal seperti itu dibutuhkan untuk mengembangkan klub.

Edu dan Mikel Arteta

"Orang-orang akan membuat lelucon tentang proses kami, kami cukup jelas tentang semua langkah. Kami tahu kami akan melewati beberapa periode yang menantang karena terkadang kami harus membuat beberapa keputusan yang tidak populer, yang dapat menyebabkan ketidakstabilan," tambah Edu.

"Tapi, secara internal kami cukup kuat untuk memahami prosesnya dan kami berada di mana kami berada. Masih banyak yang harus dilakukan, kami berada di tengah-tengahnya tetapi kami masih senang dan bangga melihat di mana kami berada saat ini."

Edu menambahkan apabila saat ini Arsenal sudah tepat dan mengarah ke jalan yang benar bersama Arteta. Pelatih asal Spanyol telah memperlihatkan bagaimana kualitas kepelatihannya di Arsenal.

"Kami tidak berbicara tentang gelar. Kami berbicara tentang performa, kami berbicara tentang permainan, kami berbicara tentang seberapa baik kami bisa menjadi dari satu laga ke laga berikutnya," papar Edu.

"Jadi itulah yang kami coba lakukan setiap akhir pekan, tetapi tentu saja memiliki Mikel Arteta di pihak kami, dia menunjukkan sejak hari pertama apa yang mampu dia lakukan. Dan dia menunjukkan kepada saya siapa dia sebenarnya."

"Dia adalah pelatih, manajer, dan orang yang luar biasa di atasnya juga yang kalian bisa lihat seberapa baik yang kami lakukan sebagai sebuah tim."

"Berapa banyak pesan yang dia kirimkan dalam wawancaranya dalam hal membangun hubungan baik dengan para pemain dan dengan orang-orang di dalam. Jadi kami ada di sana, kami ada di sana. Kami menciptakan sesuatu yang sangat spesial di klub," pungkasnya.

Arsenal Premier League Mikel Arteta
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.374

Bagikan