Menilik Isi Pembicaraan Klopp saat Menenangkan De Zerbi yang Emosional

Arief HadiArief Hadi - Senin, 09 Oktober 2023
Menilik Isi Pembicaraan Klopp saat Menenangkan De Zerbi yang Emosional
Jurgen Klopp dan Roberto De Zerbi (Twitter)

BolaSkor.com - Pertandingan di pekan delapan Premier League yang dihelat di Falmer Stadium, markas Brighton & Hove Albion, saat melawan Liverpool, Minggu (08/10) malam WIB, berakhir dengan hasil imbang 2-2.

Dua gol Brighton dilesakkan oleh Simon Adingra (20') dan Lewis Dunk (78'), sedangkan dua gol Liverpool dicetak Mohamed Salah (40' 45+1'). Hasil imbang yang adil mengingat pertandingan berjalan menarik.

Brighton dengan permainan ofensif, terorganisir, dan pola serangan yang dibangun dari lini belakang, serta Liverpool yang memiliki mentalitas kuat, pressing yang rapih, dan juga lini serang yang berbahaya.

Jurgen Klopp, pelatih Liverpool, menerima hasil imbang tersebut meski faktanya mereka belum kembali menang usai kalah 1-2 lawan Tottenham Hotspur di laga sebelumnya.

Baca Juga:

Liverpool Dirugikan VAR, Premier League Harap-harap Cemas

Brighton 2-2 Liverpool: The Seagulls Perpanjang Rekor Bagus

Kabar Terkini Skuad Liverpool: Thiago Masih Cedera, Kondisi Cody Gakpo Membaik

"Sayangnya menurut saya, ya (menerima hasil imbang). Satu-nol, skor yang layak, tetapi situasinya serupa (bagi Liverpool); kami memaksa mereka melakukan kesalahan serupa di sekitar gawang kami," terang Klopp di laman resmi Liverpool.

"Keunggulan dua-satu adalah hasil yang bagus untuk paruh waktu di sini, karena ini adalah tim yang sangat bagus dan sulit untuk mempertahankannya sepanjang waktu."

"Kami ingin melakukan tekanan tinggi, itu adalah hal yang benar untuk dilakukan, tapi pada saat yang sama hal itu menimbulkan masalah karena mereka sering mengatur tempo bermain, kami tidak memenangkan bola."

"Dan kemudian lapangannya sangat besar dan (Liverpool) banyak bertahan. Mereka melakukannya dengan baik. Itu sangat intens bagi kedua tim, jadi saya pikir ini adalah hasil yang tepat pada akhirnya," tambahnya.

Hasil itu mengartikan Klopp belum pernah mengalahkan De Zerbi di empat laga di seluruh kompetisi, imbang dua kali dan kalah dua kali. Brighton juga hanya sekali kalah dari tujuh laga Premier League terakhir lawan Liverpool (dua kali menang dan empat kali imbang).

Selain catatan tersebut, ada momen menarik ketika Klopp terlihat berbicara kepada De Zerbi di area teknik, coba menenangkannya saat pelatih muda asal Italia itu emosional setelah wasit laga, Anthony Taylor, tak memberi timnya penalti.

Momen itu terjadi di babak kedua saat Virgil van Dijk melakukan handball, tetapi Taylor tak memberikan penalti karena tidak ada unsur kesengajaan kala bola mengenai tangan.

Tak ayal De Zerbi marah dan saat ia meluapkan amarah ke wasit keempat, Klopp datang menenangkannya.

Lantas apa yang dibicarakan keduanya? Klopp menuturkan apabila ia menggunakan pengalamannya untuk menenangkan De Zerbi, terutamanya pelatih asal Jerman acapkali melakukannya dan memahami yang dilakukan De Zerbi.

"(Itu) merupakan gabungan dari segalanya. Saya harus mengatakan, saya tidak bisa lebih menghormati, tidak bisa lebih menghormati apa yang dia lakukan. Sejujurnya, saya adalah pendukung nyata hal itu," papar Klopp.

"Saya seorang pecinta sepak bola dan jika seseorang datang dan memberikan pengaruhnya terhadap sepak bola, maka hal itu tidak boleh diremehkan. Saat dia sedikit marah, saya menggunakan usia saya dan mencoba menenangkannya."

"Saya tidak tahu apa yang mereka bicarakan, saya hanya melihat jika saya berada di momen seperti ini, ada momen atau titik, (bahwa) Anda tidak pernah kembali muncul."

"Saya pikir dia hampir mencapai hal itu dan kemudian saya mencoba menenangkannya. Saya tidak yakin apakah dia membutuhkannya atau tidak, Anda bisa bertanya padanya, tapi dia mungkin memberi tahu saya sesuatu tentang penalti itu, tapi saya tidak tahu apa yang sedang dibicarakannya."

"Saya pikir dia menginginkan penalti. Itulah situasinya. Brighton bisa saja mendapat penalti? Lalu dia membicarakan hal itu, tapi saya tidak bisa berkata apa-apa karena saya tidak ingat," pungkasnya.

Liverpool Jurgen Klopp Roberto De Zerbi Brighton Premier League
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.188

Bagikan