Liverpool Dirugikan VAR, Premier League Harap-harap Cemas

Arief HadiArief Hadi - Jumat, 06 Oktober 2023
Liverpool Dirugikan VAR, Premier League Harap-harap Cemas
Liverpool (Twitter)

BolaSkor.com - Kontroversi terkait penggunaan Video Asisten Wasit (VAR) masih ramai dibahas di Premier League, Inggris. Terutamanya dari drama pada laga Tottenham Hotspur melawan Liverpool di pekan tujuh Premier League.

The Reds menelan kekalahan perdana dengan skor 1-2 melawan Tottenham. Liverpool juga bermain dengan 9 pemain pasca Curtis Jones dan Diogo Jota menerima kartu merah. Jelang laga berakhir, bek Liverpool, Joel Matip, mencetak gol bunuh diri.

Satu momen jadi sorotan ketika Luis Diaz mencetak gol yang kemudian dianulir wasit pasca berunding dengan VAR. Terkait hal tersebut, Komite Wasit Premier League (PGMOL) sudah mengakui membuat kesalahan dan meminta maaf kepada Liverpool.

Bahkan, rekaman percapakan antara asisten wasit, wasit utama, hingga wasit di ruangan VAR terungkap ke publik dan terlihat jelas ada kesalahan dari wasit saat menganulir gol Diaz yang seharusnya onside.

Baca Juga:

Agen Ungkap Alasan Moises Caicedo Pilih Gabung Chelsea ketimbang Liverpool

Liverpool Digembosi Wasit, Legenda Manchester United Sudah Curiga Sejak Awal

Mencium Kejanggalan, Jurgen Klopp Tidak Terima Liverpool Dapat Dua Kartu Merah

Memanaskan isu tersebut pelatih Liverpool, Jurgen Klopp, terang-terangan berbicara dan tidak menahan opininya kala menilai laga harus dimainkan ulang (replay). Komentar Klopp memicu kontroversi lainnya.

Pandit sepak bola sekaligus mantan pemain, Jamie Carragher, turut mengomentari kontroversi yang melibatkan mantan timnya tersebut. Carragher menilai Premier League seyogyanya harap-harap cemas apabila Liverpool bertarung dalam merebutkan titel liga.

Carragher menilai Liverpool dan Klopp tahu persis pentingnya raihan poin untuk bertarung melawan juara bertahan tiga kali beruntun, Manchester City.

Jika pada akhirnya Liverpool terlibat, kemudian kalah karena poin yang gagal didapat kontra Tottenham, karena VAR, maka sewajarnya Premier League khawatir.

"Premier League sekarang berada dalam posisi kala mereka harus berharap Liverpool tidak terlibat dalam perburuan gelar lagi – atau dorongan untuk lolos ke Liga Champions – yang ditentukan oleh satu poin," tulis Carragher dalam tulisannya di The Telegraph.

"Fakta bahwa Klopp telah dua kali kehilangan gelar Premier League dari Manchester City dalam keadaan seperti itu tidak diragukan lagi ada dalam pikirannya."

"Tidak ada yang tahu lebih baik dari dia bahwa setiap poin sangat penting dan layak untuk diperjuangkan – terutama ketika tim Anda ditolak karena alasan di luar kendali Anda."

"Entah Anda setuju dengannya atau tidak, jika poin itu menjadi pembeda antara kesuksesan dan kegagalan musim ini, maka hanya angan-angan saja untuk percaya bahwa Klopp telah mengatakan segalanya tentang pentingnya Sabtu lalu," urainya.

Liverpool Premier League Tottenham Hotspur VAR
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.188

Bagikan