Feature

Menguak Kisah Mistis di St Mary's Stadium, Stadion Paling Berhantu di Dunia

Johan KristiandiJohan Kristiandi - Senin, 04 Maret 2024
Menguak Kisah Mistis di St Mary's Stadium, Stadion Paling Berhantu di Dunia
St Mary's Stadium (Twitter)

BolaSkor.com - Menurut kisah yang disampaikan dari mulut ke mulut, hantu biasanya bersemayam di bangunan yang tidak lagi ditempati. Namun, bagaimana ceritanya kandang Southampton, St Mary's Stadium, yang didatangi ribuan orang pada setiap pekannya justru menjadi sarang makhluk tak kasat mata? Bahkan, St Mary's Stadium menjadi satu di antara stadion sepak bola paling berhantu di dunia.

St Mary's bukanlah kandang pertama untuk Southampton. Sebelumnya, The Saints memiliki kisah panjang di The Dell. Southampton menempati stadion tersebut selama 103 tahun.

Namun, karena kapasitas yang kurang memadai, Southampton mencari rumah baru. St Mary's pun dibangun dengan memiliki rancangan kapasitas dua kali lebih banyak dari The Dell.

Baca Juga:

Phil Foden, Ketika Anak Gawang Menjadi Sosok Penting Manchester City

Manchester City 3-1 Manchester United: The Citizens Pepet Liverpool

Profil dan Rekam Jejak Dan Ashworth, Direktur Olahraga yang Diidamkan Manchester United

Southampton resmi pindah ke St Mary's pada 2001. St Mary's dibangun satu tahun sebelumnya. Total biaya yang dihabiskan untuk membangun stadion berkapasitas 32.384 penonton itu adalah 32 juta euro.

Sementara itu, nama St Mary's dipilih karena sesuai dengan nama gereja yang membantu pada awal berdirinya tim.

Namun, pada masa-masa awal kepindahan Southampton ke St Mary's tidak berlangsung dengan mulus. Soton justru lebih banyak menelan kekalahan.

Dari 13 pertandingan pertama, Southampton hanya meraih 10 poin. Hasil tersebut turut berkontribusi atas keputusan klub memecat sang manajer, Stuart Gray.

Spekulasi pun mulai bermunculan. Mulai dari taktik yang buruk, pemain yang tidak berkualitas, hingga hantu yang mendiami St Mary's. Hantu-hantu tersebut dikisahkan marah karena St Mary's dibangun di atas rumah mereka.

Rupanya, St Mary's dibangun di atas kuburan Anglo-Saxon yang berusia berabad-abad. Menurut Arkeologi Wessex, selain kuburan, tanah di bawah St Mary's juga menyimpan emas, senjata, hingga perhiasan dari abad ketujuh.

Kisah mistis yang berembus adalah para hantu mengutuk Southampton agar gagal meraih hasil positif ketika bermain di kandang.

"Ada banyak hal yang terjadi yang tidak bisa dijelaskan oleh siapa pun," kata Andrew Frewing-House, peneliti paranormal yang berbasis di Southampton dan direktur acara dan pemasaran untuk Supernatural Tours menurut laporan ESPN.

"Ada seorang pekerja yang mengatakan dia takut untuk masuk ke stadion utama pada malam hari karena orang-orang akan melaporkan penampakan bayangan dan mendengar suara-suara."

"Ketika tim mengalami musim yang sangat buruk, semakin banyak orang yang mulai percaya ada kutukan di stadion karena dibangun di atas kuburan kuno," ungkap Andrew.

Bahkan, kabar kian liar karena ada dugaan suporter dari musuh bebuyutan, Portsmouth F.C, mengubur sebuah baju ketika masa pembangunan dan berakibat kesialan untuk Southampton.

Southampton merespons dugaan tersebut dengan serius. Menurut klub, rumor adanya hantu di St Mary's bukanlah isapan jempol.

Southampton segera memanggil paranormal setempat, Cerridwen "DragonOak" Connelly untuk menghilangkan kutukan. Connelly melantunkan mantra dan melambaikan sapunya di depan stadion untuk menghilangkan kutukan.

"Kami menyebut ritual yang dia lakukan sebagai pembersihan di Inggris. Itu berarti ritual tersebut mengirim roh ke tempat apa pun yang Anda yakini atau ke akhirat," tegas Andrew.

"Dia bilang itu roh jahat. Namun, menurut saya, kalau di atas kuburanmu dibangun, kamu pasti akan kesal," timpalnya.

View this post on Instagram

A post shared by Bolaskor.com (@bolaskorcom)

Namun, setelah pengusiran yang dilakukan Connelly, Andrew tetap mendengar kisah-kisah mistis yang sulit diterima akal sehat dari para suuporter dan karyawan.

"Jika roh benar-benar kesal dengan apa yang terjadi, dia tidak akan pergi. Roh-roh itu tidak akan menyerah begitu saja," ungkap Andrew.

Tak pelak, St Mary's masih menjadi satu di antara stadion paling berhantu di dunia hingga saat ini. Apa yang berada di bawah stadion diyakini menjadi sumber kengerian yang terjadi.

St Mary's Stadium Southampton Breaking News
Ditulis Oleh

Johan Kristiandi

Life is too short, but i will live for you.
Posts

14.532

Bagikan