Profil

Profil dan Rekam Jejak Dan Ashworth, Direktur Olahraga yang Diidamkan Manchester United

Johan KristiandiJohan Kristiandi - Rabu, 14 Februari 2024
Profil dan Rekam Jejak Dan Ashworth, Direktur Olahraga yang Diidamkan Manchester United
Dan Ashworth (Twitter)

BolaSkor.com - Manchester United dikabarkan ingin membajak direktur olahraga Newcastle United, Dan Ashworth. Menilik kiprahnya, Dan Ashworth memang punya catatan panjang sebagai direktur olahraga.

Satu di antara titik lemah Manchester United adalah di bursa transfer. Setan Merah sering membeli pemain dengan harga yang melebihi nilai pasarannya. Contoh nyata terlihat dalam transfer Harry Maguire dan Antony.

Tidak heran, Sir Jim Ratcliffe ingin melakukan perbaikan. Menurut laporan Fabrizio Romano, Manchester United sudah mulai bergerak untuk mencari direktur olahraga anyar.

Pilihan teratas adalah Dan Ashworth yang banyak mendapatkan pujian atas kinerjanya sebagai direktur olahraga Newcastle United. Negosiasi sudah dimulai dan bola kini berada di tangan Newcastle.

Baca Juga:

The Munich Air Disaster: Tragedi dan Solidaritas

5 Kandidat Ideal Direktur Olahraga untuk Manchester United

7 Mantan Manchester United yang Ternyata Bermain di Luar Eropa

Keputusan Manchester United memburu Dan Ashworth memang bisa dipahami. Ia sudah lama beririsan dengan dunia sepak bola.

Ashworth mengawali kariernya di dunia sepak bola dengan menjadi pemain. Ia pernah memperkuat akademi Norwich City. Ia juga pernah membela tim lokal, yakni Wisbech City.

Namun, kariernya sebagai pemain tidak pernah mencapai tahap tertinggi. Ashworth kesulitan menembus liga profesional.

Meski demikian, hal tersebut tidak lantas membuat Ashworth meninggalkan sepak bola. Setelah gantung sepatu, ia menjadi manajer tim akademi Peterborough pada 2000. Ketika itu, ia dikenal memiliki kemampuan dalam menilai pemain muda.

Kemudian, Ashworth menuju Cambridge United pada awal 2001. Ia menjabat sebagai direktur perkembangan usia muda. Ashworth menjalani peran tersebut selama empat tahun.

Dengan nama yang mulai harum, Ashworth mendapatkan tawaran menjadi manajer tim akademi West Bromwich Albion. Setelah tiga tahun, ia menjalani peran baru sebagai direktur olahraga.

Kemampuan Ashworth dalam melihat pemain berpotensi semakin teruji. Ia adalah sosok yang memboyong pemain penting untuk West Brom, seperti Graham Dorrans, Peter Odemwingie, dan Gareth McAuley.

Setelah itu, Ashworth ditunjuk sebagai direktur perkembangan tim nasional Inggris oleh FA. Ia bertugas untuk membuat satu filosofi sepak bola Inggris yang akhirnya diterapkan pada setiap tim di kelompok umur.

Ashworth cukup lama menjalani peran tersebut. Pada akhirnya, Ashworth memilih kembali menjadi direktur olahraga. Kali ini, tim yang dituju adalah Brighton & Hove Albion pada musim panas 2019.

Leandro Trossard, Alexis Mac Allister, Moises Caicedo, dan Kaoru Mitoma adalah beberapa talenta yang didatangkan pria 52 tahun tersebut ketika masih di bawah panji Brighton. Pemain-pemain itu diboyong dengan harga miring dan kini nilainya sudah jauh meningkat.

Ashworth mencoba tantangan baru dengan menjadi direktur olahraga Newcastle United pada 2022. Alexander Isak, Bruno Guimaraes, Nick Pope, Sven Botman, dan Anthony Gordon adalah beberapa nama yang datang pada era Ashworth di belakang kemudi transfer The Magpies.

Meskipun Newcastle memiliki kekuatan finansial yang besar, Ashworth tetap tidak terpancing dalam perang harga. Ia sadar betul jika ada nilai maksimal dari transfer setiap pemain.

View this post on Instagram

A post shared by Bolaskor.com (@bolaskorcom)

Selain itu, kemampuan Ashworth mencari pemain bertalenta juga patut mendapatkan acungan jempol. Pengalamannya di masa lalu yang banyak bersentuhan dengan pemain muda menjadikan Ashworth paham betul dengan kualitas pesepak bola.

Dua nilai positif di atas adalah apa yang sangat dibutuhkan Manchester United dari seorang direktur olahraga. Jadi, tidak heran jika Manchester United sangat menginginkan Dan Ashworth jadi juru transfer.

Dan Ashworth Manchester United Newcastle United Breaking News Premier League
Ditulis Oleh

Johan Kristiandi

Life is too short, but i will live for you.
Posts

14.532

Bagikan