Mengenal Cavan Sullivan, Bocah Ajaib Asal AS yang Digaet Man City

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Rabu, 03 April 2024
Mengenal Cavan Sullivan, Bocah Ajaib Asal AS yang Digaet Man City
Cavan Sullivan (IG/cavan.sull)

BolaSkor.com - Sepak bola Amerika Serikat (AS) menikmati generasi emas seiring adanya pengembangkan talenta di dalam maupun luar negeri. Pengembangan ini dilakukan pada skala dan tingkat yang belum pernah terlihat sebelumnya dalam sejarah sepak bola AS.

Namun tidak ada yang mengira AS akan memunculkan pemain seperti Cavan Sullivan yang berusia 14 tahun. Kini, tampaknya hype tersebut telah menjadi kenyataan, karena kepindahan ke Eropa akan terjadi.

Berasal dari keluarga tidak asing dengan sepak bola dan memulai karier mudanya bersama Philadelphia Union, Sullivan telah menempatkan dirinya di peta global pada usia yang sangat muda. Sullivan menjadi incaran raksasa Eropa.

Baca Juga:

Real Madrid Vs Manchester City: Panggung Audisi Erling Haaland

3 Alasan pada Akhirnya Juara Premier League 2023-2024 adalah Manchester City

Kobbie Mainoo, Bocah Lokal Manchester yang Wujudkan Impian

Siapakah Cavan Sullivan?

Sullivan berasal dari Philadelphia utara, pindah ke Norristown pada usia muda. Kedekatan itu memungkinkan dia untuk bergabung dengan akademi Philadelphia Union pada 2020.

Dia berlatih di sana bersama kakaknya Quinn, pemain timnas muda Amerika berusia 20 tahun yang lulus dari akademi Union dan sekarang bermain untuk tim pertama.

Sullivan telah mendapatkan pujian yang luar biasa dari para pelatih dan pencari bakat di seluruh dunia. Pada April 2023, ketika Sullivan baru berusia 13 tahun, pelatih kepala Philadelphia Union Jim Tirai mengatakan bahwa Sullivan memiliki kemampuan dan bakat untuk menjadi pemain top.

Mantan analis ESPN Taylor Twellman mengungkapkan bahwa pencari bakat Man City mengatakan kepadanya bahwa mereka yakin Sullivan adalah pemain berusia 14 tahun terbaik di dunia.

Sullivan sekarang bermain untuk timnas AS U-15, memenangkan penghargaan Bola Emas sebagai pemain terbaik di Kejuaraan CONCACAF U-15 pada 2023. Dia mencetak tiga gol di turnamen tersebut, semuanya di babak penyisihan grup.

Sepak bola Philadelphia ada dalam darah keluarganya. Orang tua Sullivan, Brendan dan Heike, keduanya bermain sepak bola di Universitas Pennsylvania, dan kakeknya Larry bermain di Temple sebelum beralih menjadi pelatih di Villanova selama 16 tahun.

Menurut berbagai laporan, antara lain dari Fabrizio Romano, Cavan Sullivan pada akhirnya akan menandatangani kontrak dengan raksasa Manchester City dibandingkan sejumlah klub lain yang melakukan pendekatan. Namun itu baru akan terwujud dalam beberapa waktu ke depan, paling tidak hingga dia berusia 18 tahun.

Sullivan telah dikaitkan dengan klub Bundesliga Borussia Dortmund. Kemudian Bayern Munchen, Paris Saint-Germain, dan Real Madrid ikut melakukan pendekatan.

Dortmund, yang telah berpengalaman merekrut bintang muda AS macam Christian Pulisic dan Gio Reyna di masa lalu, tertarik pada Sullivan. Namun, mereka tampaknya kalah dalam perlombaan oleh City.

Dilansir Tha Athletic, City dan Philadelphia Union mencapai kesepakatan yang akan membuat pemain akademi berusia 14 tahun itu pindah ke Manchester ketika dia berusia 18 tahun. Perjanjian tersebut dikatakan mencakup banyak klausul tambahan serta persentase penjualan.

Sullivan siebut juga memegang paspor Jerman, yang karena undang-undang pekerja anak di Eropa, memungkinkan dia bermain untuk klub mana pun di negara Uni Eropa pada usia 16 tahun. Karena Brexit, ia hanya bisa bermain untuk klub-klub yang berbasis di Inggris pada usia 18 tahun.

Saat ini Cavan Sullivan akan tetap bersama Philadelphia Union. Dia akan bertahan dan berkembang bersama klub MLS tersebut hingga ulang tahunnya yang ke-18 ketika ia kemudian pindah ke Man City.

Manchester City Breaking News
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.125

Bagikan