Profil

Kobbie Mainoo, Bocah Lokal Manchester yang Wujudkan Impian

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Jumat, 02 Februari 2024
Kobbie Mainoo, Bocah Lokal Manchester yang Wujudkan Impian
Kobbie Mainoo (twitter/ManUtd)

BolaSkor.com - Kobbie Mainoo sudah berada di jalur yang tepat menuju kebintangan. Gol pertamanya di Premier League menjadi penentu kemenangan 4-3 Manchester United atas Wolverhampton Wanderers, Jumat (2/2).

Buat Mainoo gol pada menit ke-97 itu seakan mengukuhkan posisinya di lini tengah Setan Merah sekaligus mewujudkan impiannya.

“Ini adalah mimpi yang menjadi kenyataan,” kata gelandang berusia 18 tahun itu usai laga melawan Wolves dikutip BBC Sports.

“Saya masih belum lepas dari situ. Jujur saja, saya masih merasa seperti sedang bermimpi."

Baca Juga:

Omar Berrada, Mahasiswa Drop Out yang Menjadi CEO Baru Manchester United

Update Bursa Transfer: Facundo Pellistri ke Granada, Juventus Rekrut Pemain Baru Lagi

Jejak Digital Jadi Sinyal Jose Mourinho Mau Kembali ke Manchester United

“Untuk mulai bermain di Premier League dengan klub masa kecil saya sungguh luar biasa. Sekarang yang terpenting adalah mencoba memenangkan lebih banyak pertandingan,” dia menambahkan.

Ini adalah penampilan senior ke-11 Mainoo untuk United, dan sebelumnya dia sudah tampil impresif di lini tengah. Tapi ini adalah sesuatu yang lain sama sekali.

Ini adalah seorang pemuda yang menyelamatkan rekan-rekannya yang tertimpa musibah dengan percikan kecemerlangan individu untuk meraih kemenangan. Kemenangan yang sepertinya telah dibuang oleh United.

Mainoo adalah bintang remaja terbaru yang berhasil menembus jajaran United dan melejit ke pentas Premier League.

Kobbie Mainoo lahir di Stockport, sebuah wilayah dari Manchester, Inggris pada 19 April 2005 silam. Mainoo memulai karier sepak bolanya dengan tim lokal Cheadle dan Gatley JFC di Greater Manchester, pada usia lima tahun.

Steve Vare yang melatih Mainoo ketika berusia enam tahun sudah bisa melihat talenta anak asuhnya sejak dini. Vare tahu bahwa dia memiliki seseorang yang spesial di tangannya.

“Saya punya anak-anak lain yang luar biasa pada usia itu, namun belum mencapai level seperti dia,” kata Vare kepada BBC Sport.

“Anda pikir dia adalah pemain bagus. Anda mencoba dan menguji serta menantangnya, bahkan di usianya yang masih muda."

“Saya harus mencoba dan menantangnya. Saya kemudian mulai memainkannya melawan pemain yang lebih tua, untuk menantangnya," kenang Vare.

"Pada usia itu, dia sudah sangat cepat. Dia terbiasa berakselerasi dengan sangat cepat saat membawa bola dan melewati pemain. Pemain lain di usianya tidak begitu tertarik pada elemen kepelatihan, hanya bermain. Kobbie selalu ingin mendengarkan dan belajar."

Melihat talenta luar biasa, Vare berbicara dengan ayah Mainoo, Felix dan memintanya untuk memasukkan putranya ke akademi profesional. Anak muda itu bergabung dengan Manchester United. Dan kini jalan cerita Kobbie Mainoo dimulai.

Pada Mei 2022, Mainoo mendapatkan kontrak profesional dari Manchester United. Kemampuannya membuat dia mendapatkan tempat di tim Manchester United U-21.

Hingga kemudian Mainoo tampil luar biasa sebagai gelandang tengah di ajang Piala EFL saat menghadapi Carlisle United. Dari performa itulah Mainoo lalu dipanggil Erik ten Hag untuk berlatih bersama skuad senior pada Oktober 2022.

Pada 16 Oktober 2022, Kobbie Mainoo masuk dalam daftar skuad ketika menghadapi Newcastle United di Premier League. Itu kali pertama dirinya dipanggil masuk skuad meski hanya jadi cadangan dalam laga yang berakhir 0-0.

Kobbie Mainoo kemudian mendapatkan debut starter bersama Manchester United, 10 Januari 2023 di laga Piala Liga Inggris.

Sedangkan debutnya di ajang Premier League terjadi pada 19 Februari 2023. Dia masuk sebagai pemain cadangan dalam kemenangan 3-0 atas Leicester City.

Mainoo kembali lagi tampil di laga 26 November 2023 lalu dalam kemenangan 3-0 atas Everton. Pada pertandingan tersebut, dia terpilih sebagai Man of the Match.

Kesempatannya bermain kembali terjadi di ajang Liga Champions ketika menjadi pemain pengganti lawan Galatasaray.

Mainoo mencatat gol pertamanya sebagai pemain Manchester United pada 28 Januari 2024 ketika membawa timnya menang 4-2 atas Newport County di putaran keempat Piala FA.

Manchester United Premier League Kobbie Mainoo Breaking News
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.238

Bagikan