Menanti Drama di Pekan Penutup Premier League

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Sabtu, 27 Mei 2023
Menanti Drama di Pekan Penutup Premier League
Suporter Everton berharap tim kesayangan mereka bertahan di Premier League. (twitter/everton)

BolaSkor.com - Pekan penutup Premier League musim 2022-23 akan digelar serentak Minggu (28/5) malam WIB. Pada pekan terakhir ini Premier League masih menjanjikan drama menegangkan.

Everton, Leeds, dan Leicester City bakal menjadi pelaku utama dari drama yang tersaji. Ketiga klub saat ini dalam bahaya jatuh ke jurang degradasi pada hari terakhir musim ini.

Selain Everton, Leicester, dan Leeds yang berupaya menghindari degradasi, Aston Villa, Tottenham, dan Brentford pun akan berjuang hingga akhir demi memburu tempat Conference League.

Dengan hanya satu laga tersisa, Everton berada di posisi ke-17 dengan 33 poin, Leicester (18, 31 poin) dan Leeds (19, 31 poin) dalam posisi bahaya dan bisa menjadi teman Southampton yang sudah terdegradasi. Pada pekan terakhir, Everton akan menjamu Bournemouth, Leicester melawan West Ham, dan Leeds United menghadapi Tottenham Hotspur.

Baca juga:

Erling Haaland Ukir Rekor Berusia 92 Tahun, Winston Churchill Bahkan Belum Jadi PM Ingggris

Terkait Tudingan Pelanggaran Keuangan Man City, Guardiola Justru Tantang Premier League

Tidak Benar Manchester City Ganggu Upaya Liverpool Datangkan Mac Allister

Everton dipastikan akan bertahan di Premier League jika Leeds gagal mengalahkan Tottenham dan Leicester tidak meraih tiga poin dari laga melawan West Ham. kemenangan akan membuat Everton mempertahankan status sebagai klub yang tidak pernah terdegradasi sejak Premier League dibentuk pada 1992. Tidak hanya itu, Everton juga akan memastikan musim ke-121 di kompetisi papan atas sejak Liga Sepak Bola Inggris dibentuk pada 1888.

Sedangkan bagi Leeds, mereka membutuhkan kemenangan untuk memiliki harapan untuk bertahan. Namun Leeds masih bisa terdegradasi bahkan jika mereka mengalahkan Tottenham dan Everton tidak mengalahkan Bournemouth jika Leicester duduk di atas mereka dalam selisih gol.

Sementara itu, Leicester harus mengalahkan West Ham untuk memiliki harapan terhindar degradasi, dan berharap Bournemouth dapat mengambil poin dari pertandingan di Everton, dan berharap Leeds tidak mengejar defisit selisih sembilan.

Jika Leicester tidak menang, selisih gol masih bisa menjadi penentu dalam pertarungan head-to-head untuk menghindari degradasi antara Everton dan Leeds.

Jika Everton bermain imbang dengan Bournemouth dan Leeds mengalahkan Tottenham, maka kedua klub akan menyelesaikan musim dengan 34 poin.

Saat ini, selisih gol Leeds adalah -27 dan Everton -24. Jika Leeds menang dengan tiga gol dan Everton seri, Leeds kemudian akan finis di atas Everton.

Zona Eropa

Penghuni enam besar Premier League kini telah dikonfirmasi. Namun, tiga klub masih berjuang untuk merebut tangga ketujuh atau posisi terakhir untuk meraih tiket ke kompetisi Eropa.

Saat ini, tiket Liga Champions sudah menjadi milik Man City, Arsenal, Newcastle United, dan Manchester United. Sedangkan yang menjadi wakil Premier League di Liga Europa adalah Liverpool, Brighton, dan West Ham (jika menjuarai Conference League).

Pertarungan sengit akan terjadi untuk tiket tampil di Conference League. Aston Villa (58 poin), Tottenham (57 poin), dan Brentford (56 poin) sama-sama memiliki peluang bermain di Conference League musim depan.

Agar Brentford finis di posisi ketujuh, mereka harus mengalahkan Man City dan berharap Villa tidak menang melawan Brighton atau Tottenham tidak menang di Leeds.

Tottenham akan finis di atas Villa jika mereka mengalahkan Leeds dan Villa ditahan imbang atau kalah melawan Brighton.

Namun, Aston Villa dipastikan finis ketujuh jika mengalahkan Brighton. Jika Villa seri, Tottenham kalah, dan Brentford menang, Brentford akan finis ketujuh karena selisih gol.

Jatah Inggris di Kompetisi Eropa

Maksimal klub dapat lolos ke kompetisi Eropa dari kompetisi domestik, baik posisi di Premier League atau dengan menjuarai Piala FA atau Piala Liga, adalah tujuh

Namun, tempat yang disediakan untuk pemegang gelar Eropa terpisah jika klub tersebut tidak lolos melalui jalur kompetisi domestik. Dalam hal ini, jatah tiket ke kompetisi Eropa masih dicapatkan oleh West Ham United.

Saat ini di klasemen Premier League, West Ham berada di luar zona Eropa. Namun jika mampu mengalahkan Fiorentina di final Conference League, West Ham akan mendapatkan tiket Liga Europa. Dengan kata lain, akan ada delapan klub yang mewakili Inggris di kompetisi Eropa musim depan.

Premier League Everton Leicester City Leeds United Breaking News
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.117

Bagikan