Mempertanyakan Keputusan Southgate soal Panggilan Maguire ke Timnas Inggris

Arief HadiArief Hadi - Minggu, 10 September 2023
Mempertanyakan Keputusan Southgate soal Panggilan Maguire ke Timnas Inggris
Gareth Southgate dan Harry Maguire (Twitter)

BolaSkor.com - Keputusan pelatih timnas Inggris, Gareth Southgate, dalam memanggil Harry Maguire ke dalam skuad pada jeda internasional di bulan September cukup menyita perhatian. Pasalnya, Maguire tak lagi jadi pemain reguler di Manchester United.

Maguire sudah tidak menjadi pilihan utama Erik ten Hag di Man United sejak musim lalu. Ia kalah saing dengan Raphael Varane dan Lisandro Martinez, bahkan dengan Victor Lindelof dan Luke Shaw untuk pilihan dua bek di lini belakang Red Devils.

Dengan catatan tersebut, Maguire seyogyanya tak dibawa ke dalam skuad Inggris karena ia tak lagi bermain reguler dan performanya menurun. Akan tapi saat ini ia dipanggil ke Inggris dan itu cukup memicu kontra dari sejumlah kalangan.

Neil Lennon, mantan pelatih Celtic, salah satu yang mempertanyakan keputusan Southgate soal Maguire. Bek berusia 30 tahun tersebut bahkan masih dipercaya jadi starter ketika Inggris imbang 1-1 lawan Ukraina di laga Kualifikasi Piala Eropa 2024.

Baca Juga:

Harry Maguire dan Jonny Evans Tidak Pantas Memperkuat Manchester United

Skuad Liga Champions Manchester United: Ada Jadon Sancho, Tanpa Donny van de Beek

Kepercayaan Timnas Inggris kepada Harry Maguire Tidak Pernah Putus

Padahal, Southgate punya pilihan lain seperti Fikayo Tomori, Lewis Dunk, Levi Colwill untuk jadi bek tengah pendamping Marc Guehi di laga tersebut. Bahkan, bek Arsenal Ben White tak masuk ke dalam skuad.

“Tomori, bermain di semifinal Liga Champions – bermain untuk AC Milan di puncak klasemen Serie A,” kata Lennon kepada Sky Sports. "Mainkan dia! Harry mengalami depresiasi sepanjang waktu - setiap minggu dan setiap bulan, semakin sedikit dia bermain."

"Anda membutuhkan menit-menit itu di lapangan. Hal lainnya adalah, dia berada di bawah pengawasan yang lebih ketat dibandingkan orang lain karena mereka akan memiliki perspektif bahwa dia adalah hewan peliharaan - dia adalah favorit Southgate. Dan ada argumen untuk itu."

"Tetapi saya telah mengamati Harry selama 18 bulan terakhir dan dia tidak mendapatkan cukup waktu bermain. Itu tidak cukup (untuk dipilih oleh Inggris). Saya tidak tahu bagaimana Gareth masih bisa membenarkan memilihnya dalam skuad, yang paling pertama, dan memilihnya daripada pemain lain."

Lennon menyarankan agar Maguire segera meninggalkan Man United jika ia mementingkan kariernya, plus memilih klub yang dapat memberinya jam bermain reguler.

“Demi kepentingan dan karier Harry sendiri, dia harus keluar (dari United) dan bermain reguler di tim utama pada level tertinggi yang dia bisa karena sepertinya dia tidak akan mendapatkan banyak waktu bermain di Man Utd," tambah Lennon.

"Dia berada di bawah pengawasan sepanjang waktu, jika dia masuk dan membuat kesalahan, dia akan menjadi sorotan lagi dan mendapat semua kritik. Saya hanya berpikir, jika dia absen mungkin selama enam minggu, saya bisa memahaminya."

“Tapi ini mungkin sudah terjadi selama 10, 12, 18 bulan – tidak bermain reguler untuk Man Utd padahal pemain-pemain ini bermain reguler untuk tim Premier League atau tim Serie A," urainya.

Timnas Inggris Harry Maguire Kualifikasi Piala Eropa 2024
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.280

Bagikan