Manchester United Terancam Tak Bisa Bermain di Eropa Musim Depan

Arief HadiArief Hadi - Senin, 25 Maret 2024
Manchester United Terancam Tak Bisa Bermain di Eropa Musim Depan
Manchester United (Twitter)

BolaSkor.com - Berita negatif mengenai Manchester United seolah tak pernah berakhir. Bocoran suasana ruang ganti kepada media, masalah personal pemain, performa naik turun, hingga badai cedera jadi ujian besar di musim kedua Erik ten Hag melatih.

Hasilnya, penampilan Red Devils tidak konsisten, tersingkir di Piala Liga dan Liga Champions, kini berjuang masuk empat besar atau zona Liga Champions di Premier League serta berusaha memenangi Piala FA.

Posisi Ten Hag juga rawan mengingat INEOS, perusahaan milik Sir Jim Ratcliffe, dikabarkan memiliki pelatih 'favorit' yang diinginkan untuk melatih Man United yakni pelatih timnas Inggris, Gareth Southgate, juga dirumorkan dengan nama-nama lainnya.

Ten Hag disorot setiap kali Man United menelan hasil buruk, baik dari pemilihan pemain, taktik, hingga gaya bermain. Terlebih, di beberapa laga Ten Hag dinilai juga keras kepala mempertahankan pemain, yang notabene tampil buruk, untuk tetap bermain.

Baca Juga:

Derby Manchester dalam Perebutan Bek Tengah Everton

Ungkap Kebenaran, Joao Cancelo Tuding Pep Guardiola Berbohong

Manchester United Gigit Jari, Leny Yoro Lebih Pilih Gabung Madrid

Penilaian kepada Ten Hag akan dilakukan di akhir musim oleh INEOS, yang juga merombak manajemen dengan masuknya CEO baru serta kepala tim medis Man United.

Belum berakhir pemberitaan soal Man United, ada kabar lain yang dituturkan oleh Teamtalk soal partisipasi Man United di Eropa musim depan. Klub terancam tak dapat bermain di turnamen antarklub Eropa karena aturan dari UEFA.

Federasi Sepak Bola Eropa itu melarang dua klub yang memiliki satu pemilik yang sama tampil di turnamen yang sama. Ratcliffe, selain memiliki Man United juga menjadi pemilik bagi klub Prancis, Nice.

Alhasil, Man United tak dapat bermain di Liga Champions jika Nice tampil di sana, begitu juga di Liga Europa. Namun, dalam aturan itu tidak dilarang apabila keduanya tampil di kompetisi berbeda, misal: Man United di Liga Champions dan Nice di Liga Europa.

Musim depan, Liga Champions berada pada format baru yang tidak lagi menggunakan bagan turnamen melainkan liga. Potensi klub dari Inggris mengirim lima perwakilan pun terbuka lebar.

Potensi Man United tak bisa bermain di Liga Champions musim depan terjadi jika Nice juga bermain di sana, tetapi, penilaian itu baru akan dilihat di akhir musim nanti.

Pasalnya, Man United belum tentu lolos Kualifikasi Liga Champions mengingat mereka masih memburunya di Premier League, bersaing dengan Tottenham Hotspur dan Aston Villa, sementara di Piala FA tidak akan mudah memenanginya.

Manchester United Premier League Liga Champions Nice
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.180

Bagikan