Manchester City 1-1 Sevilla (Penalti 5-4): The Citizens Juara Piala Super Eropa

Arief HadiArief Hadi - Kamis, 17 Agustus 2023
Manchester City 1-1 Sevilla (Penalti 5-4): The Citizens Juara Piala Super Eropa
Manchester City juara Piala Super Eropa (Twitter)

BolaSkor.com - Manchester City memenangi trofi Piala Super Eropa pertama dalam sejarah klub. The Citizens, juara bertahan Liga Champions, menang adu penalti melawan juara bertahan Liga Europa, Sevilla, di Karaiskakis Stadium, Kamis (17/08) dini hari WIB.

Sevilla sempat memberikan perlawanan sengit hingga laga berakhir imbang 1-1, tetapi eksekutor penalti kelima mereka di fase adu penalti gagal menjalankan tugasnya dengan baik. Alhasil, Sevilla menelan kekalahan kontra Man City.

Jalannya Pertandingan

Pep Guardiola membuat empat pergantian pemain dari tim Man City yang menang telak 3-0 atas Burnley. Man City turun dengan taktik 4-2-3-1 dan begitu juga Sevilla besutan Jose Luis Mendilibar. Ia membuat dua perubahan pemain dari tim yang kalah dari Valencia di LaLiga.

Sevilla langsung tancap gas sejak awal laga dan menekan para pemain Man City saat menguasai bola, tetapi setelah 10 menit permainan, Man City perlahan mampu mendominasi penguasaan bola dan mengurung Sevilla di pertahanan mereka.

Baca Juga:

Sebelum Bola Ditendang, Berbatov Ramal Manchester United Juara Premier League Musim Ini

Prediksi Premier League 2023-2024: Tantangan Manchester City, Perebutan Empat Besar Memanas

Burnley 0-3 Manchester City: Awal Manis untuk Sang Juara Bertahan

Penyelamatan pertama dilakukan kiper Sevilla, Yassine "Bono" Bounou pada menit 17. Ia menepis peluang dari Jack Grealish kala pemain timnas Inggris melakukan penetrasi ke kotak penalti.

Man City dominan tetapi justru Sevilla yang mampu mencuri keunggulan pada menit 25. Dari pola serangan sederhana ke sisi sayap, Marcos Acuna yang naik membantu serangan melepaskan umpan silang dan ditanduk oleh penyerang Sevilla, Youssef En-Nesyri, yang mengalahkan dua bek Man City dalam duel bola udara. 1-0 Sevilla unggul.

Gol Youssef En-Nesyri (Twitter)

Man City coba menyamakan kedudukan tetapi pertahanan Sevilla rapat dan berlapis, malah Sevilla berbahaya dari serangan balik dan punya satu peluang lagi dari Erik Lamela.

Skor 1-0 tersebut bertahan hingga turun minum. Man City tak memiliki kreativitas bermain dengan absennya Kevin De Bruyne karena cedera.

Man City meningkatkan intensitas serangan di babak kedua dan terus menekan pertahan Sevilla. Kesabaran mereka melakukannya berbuah manis pada menit 63.

Gelandang Man City, Rodri, memberikan umpan lambung ke kotak penalti dan di sana ada Erling Haaland dan Cole Palmer yang siap menyambutnya. Keduanya onside dan Palmer menanduk bola tersebut, mengecoh Bono. 1-1 kedudukan sama kuat.

Pola bermain kedua tim tak banyak berubah. Sevilla masih disiplin dalam bertahan dan mengandalkan serangan balik, membuat Man City frustrasi meski mereka dominan dengan 74 persen penguasaan bola.

Jelang akhir babak kedua, Guardiola hanya melakukan satu pergantian pemain dengan memasukkan Julian Alvarez, menggantikan Palmer. Sedangkan Mendilibar memainkan empat pemain: Juanlu Sanchez, Gonzalo Montiel, Suso, dan Rafa Mir.

Tidak ada lagi gol yang tercipta di Karaiskakis Stadium. Skor 1-1 bertahan hingga waktu normal berakhir, tidak ada babak tambahan, dan laga langsung dilanjutkan ke adu penalti.

Sembilan penendang penalti melakukan tugasnya dengan baik: lima dari Man City dan empat dari Sevilla. Akan tapi penendang penalti terakhir Sevilla, Nemanja Gudelj, gagal mengonversinya jadi gol dan bola mengenai mistar gawang.

Man City menang 5-4 via drama adu penalti atas Sevilla setelah laga di waktu normal berakhir imbang 1-1. Itu jadi trofi Piala Super Eropa pertama bagi Man City.

Susunan Pemain

Manchester City (4-2-3-1): Ederson; Nathan Ake, Josko Gvardiol, Manuel Akanji, Kyle Walker; Rodri, Mateo Kovacic; Jack Grealish, Phil Foden, Cole Palmer (Julian Alvarez 85'); Erling Haaland

Pemain Cadangan: Stefan Ortega, Scott Carson, John Stones, Aymeric Laporte, Rico Lewis, Ruben Dias, Kalvin Phillips, Sergio Gomez, Maximo Perrone, James McAtee, Oscar Bobb, Julian Alvarez.

Pelatih: Pep Guardiola

Sevilla (4-2-3-1): Yassine Bounou; Marcos Acuna, Nemanja Gudelj, Loic Bade, Jesus Navas (Gonzalo Montiel 83'); Ivan Rakitic, Joan Jordan; Erik Lamela (Suso 90'), Oliver Torres (Julian Alvarez 74'), Lucas Ocampos; Youssef En-Nesyri (Rafa Mir 90')

Pemain Cadangan: Marko Dmitrovic, Federico Gattoni, Adria Pedrosa, Gonzalo Montiel, Kike Salas, Suso, Jesus Corona, Djibril Sow, Papu Gomez, Juanlu Sanchez, Manu Bueno, Rafa Mir

Pelatih: Jose Luis Mendilibar

Manchester City Sevilla Piala Super Eropa
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.188

Bagikan