Liga Champions: Capai Semifinal Pertama Sejak 2013, Dortmund Kembali Jumpa PSG

Arief HadiArief Hadi - Rabu, 17 April 2024
Liga Champions: Capai Semifinal Pertama Sejak 2013, Dortmund Kembali Jumpa PSG
Borussia Dortmund (Twitter)

BolaSkor.com - Borussia Dortmund mencapai semifinal Liga Champions untuk kali pertama sejak 2013. Kepastian itu didapat usai kemenangan 4-2 atas Atletico Madrid di Signal Iduna Park, Rabu (17/04) dini hari WIB, pada leg dua perempat final.

Pasca kalah 1-2 di leg pertama di Wanda Metropolitano, Dortmund arahan Edin Terzic bangkit hingga menang 4-2 atas tim besutan Diego Simeone.

Empat gol Dortmund datang dari Julian Brandt (34'), Ian Maatsen (39'), Niclas Fullkrug (71'), dan Marcel Sabitzer (74'). Sementara dua gol Atletico dicetak oleh Mats Hummels (49' bunuh diri) dan Angel Correa (64').

Laga berlangsung sengit di Jerman dengan 52 persen penguasaan bola Dortmund, yang juga melepaskan 19 tendangan (sembilan tepat sasaran). Atletico menciptakan 10 tendangan dan tiga tepat sasaran dari 48 persen penguasaan bola.

Baca Juga:

Hasil Liga Champions: Borussia Dortmund dan PSG Lolos ke Semifinal

Satu Syarat Borussia Dortmund Bersedia Permanenkan Jadon Sancho

Borussia Dortmund Salahkan Manchester United atas Buruknya Performa Jadon Sancho

Simeone memberi ucapan selamat kepada Dortmund yang lebih efisien, tajam dalam mengonversi peluang menjadi gol.

"Tim berusaha hingga akhir untuk memenangkan pertandingan yang selalu bertolak belakang dengan apa yang kami inginkan. Dortmund bereaksi dengan baik terhadap kami sehingga membuat skor menjadi 2-2, dan memenangkan pertandingan justru karena mereka lebih kuat di area penalti," papar Simeone di situs resmi UEFA.

"Kami mampu mendekatkan diri di papan skor, kami nyaris menyamakan kedudukan, namun mereka lebih unggul, dan ketika sebuah tim lebih unggul maka mereka patut diberi ucapan selamat."

Alhasil, Dortmund akan bertemu dengan Paris Saint-Germain (PSG) yang menyingkirkan Barcelona dengan agregat gol 6-4. Keduanya sudah saling mengetahui karena musim ini bertemu di fase grup, yang juga berisikan AC Milan dan Newcastle United.

Dikutip dari laman UEFA, empat ujian terakhir Dortmund adalah reuni dengan lawan di fase grup pada awal musim. Pada musim 2012-2013, Dortmund arahan Jurgen Klopp bertemu Real Madrid yang juga rival di fase grup.

Di fase grup musim ini, Dortmund kalah 0-2 di Prancis dan kemudian imbang 1-1 di Jerman.

"Sekarang kami menghadapi Paris. Pertandingan pertama kami melawan mereka tidak bagus. Di pertandingan kedua, kami menyesuaikan diri dengan mereka dengan lebih baik dan lebih dekat dengan kemenangan. Saya pikir kami adalah tim yang lebih baik hari ini dibandingkan saat melawan mereka di babak penyisihan grup," papar Terzic.

Man of the Match kontra Atletico, Julian Brandt, berharap Dortmund tampil lebih baik melawan PSG dan lolos ke final Liga Champions.

"Ini akan menjadi sangat serius sekarang melawan Paris. Kami bermain bagus melawan mereka di kandang di babak penyisihan grup, tapi tidak bagus saat tandang. Kami ingin melakukan yang lebih baik sekarang dan, tentu saja, mencapai final," harap Brandt.

Liga Champions Dortmund Borussia Dortmund PSG
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.202

Bagikan