Liga Champions: Barcelona Tembus Perempat Final, Pau Cubarsi Menyita Perhatian

Arief HadiArief Hadi - Rabu, 13 Maret 2024
Liga Champions: Barcelona Tembus Perempat Final, Pau Cubarsi Menyita Perhatian
Pau Cubarsi, bek berusia 17 tahun Barcelona (Twitter)

BolaSkor.com - FC Barcelona kembali menembus perempat final Liga Champions setelah terakhir melakukannya pada 2019-2020. Blaugrana - julukan Barcelona - menyingkirkan Napoli di 16 besar dengan agregat gol 4-2.

Kalah 0-1 di leg pertama, Barcelona arahan Xavi Hernandez menang 3-1 di leg dua yang dimainkan di Estadi Olimpic Lluis Companys, Rabu (13/03) dini hari WIB.

Tiga gol Barcelona datang dari Fermin Lopez (15'), Joao Cancelo (17'), dan Robert Lewandowski (83'), sementara satu gol Napoli dicetak Amir Rrahmani (30').

Baca Juga:

Hasil Liga Champions: Barcelona Singkirkan Napoli, Arsenal Menang Dramatis

Blue Lock dan Sederet Penyerang yang Menjadi Pembeda di Liga Champions 2023-2024

5 Hal yang Perlu Diketahui Mengenai Pau Cubarsi, Bek Berbakat untuk Masa Depan Barcelona

"Kami memainkan pertandingan yang hebat. Tim saya meninggalkan lapangan dalam keadaan kosong - semuanya dihabiskan di luar sana. Kami mendominasi sebagian besar permainan dan saya sangat bangga dengan mereka atas hal itu," papar Xavi di laman resmi UEFA.

"Saya memperingatkan semua orang bahwa skuad ini akan maju, dalam sebuah perjalanan besar, ketika saya mengumumkan keputusan saya untuk pergi lebih awal. Ini adalah momen yang sangat kami nikmati!"

"Saya rasa orang-orang tidak mempercayai saya ketika saya mengatakan, saya cukup yakin dengan pengumuman (mundur) saya akan membebaskan para pemain. Sekarang, kami telah menunjukkan bahwa kami kompetitif di Eropa."

Satu nama mencuri perhatian di pertandingan tersebut adalah Pau Cubarsi. Baru berumur 17 tahun, Cubarsi tampil solid di jantung pertahanan Barcelona khususnya dalam menjaga pergerakan striker Napoli, Victor Osimhen.

Franz Beckenbauer Cubarsi. Itulah julukan yang diberikan rekan setimnya, Joao Cancelo. Cubarsi membuktikannya dengan menjadi Pemain Terbaik laga versi UEFA di laga debutnya di Liga Champions.

"Pertandingan yang sangat hebat dari sang pemuda. Sangat kuat dari sisi bertahan, membangun serangan, dan sangat berani. Tak mudah bermain seperti itu di laga besar," ucap Pengamat Teknik UEFA.

Catatannya saat melawan Napoli adalah 100 persen memenangi duel bola udara, bola di tanah, dan juga tekel, plus lima sapuan bola, melepaskan sembilan operan bola lambung, dan 80 kali menyentuh bola.

"Pau Cubarsi luar biasa. Dia benar-benar pemain terbaik di lapangan. Di usianya saat ini, dia tidak pernah berhenti mengejutkan kami semua," ucap kapten Barcelona, Sergi Roberto.

"Mencapai perempat final dengan salah satu pemain muda kami bermain seperti itu - saya harap dia bermain untuk Barcelona sepanjang masa. Rendah hati, berbakat, dan pekerja keras - itulah cara La Masia."

Xavi pun tak berhenti mengagumi Cubarsi yang masih sangat muda namun punya bakat besar. Ia senang melihatnya bermain dengan baik melawan tim juara bertahan Serie A.

"Pau adalah sosok yang sangat berbakat di Barcelona dan sepak bola Spanyol. Dia terus-menerus meminta kami membuatkan video untuk dipelajari guna membantunya berkembang. Dia punya pikiran yang sangat terorganisir dan jernih. Dia rendah hati, pekerja keras – menurut saya dia luar biasa," imbuh Xavi.

"Cubarsi tidak pernah gugup, selalu menemukan 'orang bebas'. Dia menciptakan waktu untuk dirinya sendiri, dia menentukan tempo - sungguh spektakuler melihatnya bermain!"

Pau Cubarsi Barcelona FC Barcelona Liga Champions Napoli
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.354

Bagikan