5 Hal yang Perlu Diketahui Mengenai Pau Cubarsi, Bek Berbakat untuk Masa Depan Barcelona

Arief HadiArief Hadi - Jumat, 01 Maret 2024
5 Hal yang Perlu Diketahui Mengenai Pau Cubarsi, Bek Berbakat untuk Masa Depan Barcelona
Pau Cubarsi (Twitter)

BolaSkor.com - Musim 2023-2024 tak berjalan baik bagi FC Barcelona. Blaugrana - julukan Barcelona - berusaha keras mempertahankan titel LaLiga, terdepak dari Copa del Rey, dengan menyisakan Liga Champions sebagai satu-satunya kans meraih trofi.

Penampilan naik turun Barcelona berujung kepada keputusan mundur Xavi Hernandez di akhir musim. Masa depan Barcelona tak menentu dengan kesulitan pada finansial, serta ketidakjelasan pelatih pengganti Xavi.

Kendati demikian, selalu ada secercah harapan dari masa suram. Xavi masih memegang prinsip memberi kepercayaan produk La Masia bermain, pun demikian musim ini dengan Lamine Yamal dan Fermin Lopez yang diharapkan belajar dari Gavi dan Pedri.

Baca Juga:

The Munich Air Disaster: Tragedi dan Solidaritas

Jangan Bandingkan Era Xavi Hernandez dengan Pep Guardiola di Barcelona

Alasan Mengapa Barcelona Tidak Permanenkan Kontrak Joao Felix

Nama lain yang mulai mendapat kepercayaan Xavi adalah bek muda bernama Pau Cubarsi, yang lahir pada 2007. Cubarsi sudah bermain sembilan kali sejauh ini: tujuh di LaLiga dan dua di Copa del Rey, plus memberikan satu assist.

Debutnya di tim utama Barcelona terjadi pada Januari 2024, saat Cubarsi bermain melawan Unionistas de Salamanca di Copa del Rey. Sementara Cubarsi jadi starter saat melawan Real Betis di LaLiga.

BolaSkor.com telah merangkum lima hal yang perlu diketahui mengenai Pau Cubarsi, bek bertalenta untuk masa depan Barcelona.

1. Dibandingkan dengan Gerard Pique

Legenda Barcelona yang bermain pada medio 2008-2022 setelah sempat membela Manchester United dan Real Zaragoza. Gerard Pique bek modern yang dimiliki Barcelona karena ia juga punya naluri menyerang yang tinggi.

Pique juga punya postur tubuh tinggi, handal duel bola udara, dan pintar membaca permainan. Ia tampil sebanyak 600 laga lebih untuk Barcelona, memenangi sembilan LaLiga dan tiga Liga Champions.

Membandingkannya dengan Pique terlalu dini untuk Cubarsi, tetapi Ronald Araujo - yang pernah bermain dengan Pique - cukup yakin dengan penilaiannya.

"Saya belajar banyak dari Pique, terutama kecerdasannya. Geri tidak cepat, tapi dia sangat cerdas, dia selalu berada di posisi yang tepat," kata Araujo.

"Secara teknis, dia selalu menawarkan solusi. Dia sedikit mengingatkan saya pada Pau Cubarsi, karena dia memiliki sesuatu dalam dirinya, dia sangat cerdas. Faktanya adalah dia memiliki bakat luar biasa di usianya yang baru 17 tahun."

"Faktanya adalah menurut saya dia harus dijaga, karena dia adalah talenta di klub selama bertahun-tahun yang akan datang."

2. Klausul Pembelian Murah

Kesulitan finansial Barcelona sudah bukan lagi rahasia umum, sampai semua pemain secara harafiah dapat dibeli atau ditawar klub lain, tidak ada pemain yang tak tersentuh alias tidak dapat dijual. Semua ada harganya.

Tak terkecuali Pau Cubarsi. Dengan bakat yang dimilikinya, Cubarsi masuk daftar incaran klub-klub Eropa dan dikutip dari ESPN, klausul pembeliannya relatif murah, bahkan sangat murah: sebesar 10 juta euro. Harga itu dapat ditebus oleh klub mana pun di Eropa, bahkan untuk klub seperti Burnley.

3. Franz Beckenbauer Cubarsi

Franz Beckenbauer Cubarsi. Demikian julukan yang disematkan kepada Cubarsi dari rekan setimnya, Joao Cancelo. Hal itu dituturkannya saat Barcelona menang 4-0 atas Getafe.

Pada pertandingan tersebut, Cubarsi bermain bak libero di pertahanan dengan caranya mengoper bola ke depan, tetapi tak lupa bertahan dengan menyelesaikan 11 aksi bertahan, hanya kalah dari Luis Milla (13 kali).

Beckenbauer, yang meninggal dunia pada usia 78 tahun pada 7 Januari 2024, dikenal sebagai libero terbaik sepanjang masa dan menginovasi permainan pada posisi bertahan. Julukannya pun sangat berkesan "Der Kaiser".

4. Bagian dari Sejarah Trio Tim Muda Barcelona

Xavi tidak pernah ragu ketika memberikan kesempatan pada pemain muda bermain. Cubarsi salah satu dari tiga pemain Barcelona kelahiran sejak 2006 yang bermain di LaLiga, sejauh ini, bersama Yamal dan Marc Guiu.

Hanya Paris Saint-Germain (PSG) yang menggunakan lebih dari satu yakni Warren Zaire-Emery dan Ethan Mbappe. Statistik itu dimuat oleh Opta. Dipercaya pada usia yang sangat muda, memperlihatkan talenta besar yang dimilikinya.

5. Tak Masuk Daftar Jual

Klausul pembeliannya murah dan klub lain dapat membelinya, tetapi sebagaimana dikabarkan RAC1, Barcelona mempertimbangkan untuk menjaganya lebih lama, memberinya kontrak baru dan kenaikan klausul.

Barcelona melihat masa depan cerah dari Cubarsi meski saat ini masih ada Araujo, Andreas Christensen, Jules Kounde, hingga Inigo Martinez yang lebih berpengalaman pada posisi pertahanan Barcelona.

Sosok Trivia Sepak Bola Barcelona FC Barcelona Pau Cubarsi
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.353

Bagikan