Lepas Ilkay Gundogan ke Barcelona, Manchester City Boyong Mateo Kovacic

Arief HadiArief Hadi - Kamis, 22 Juni 2023
Lepas Ilkay Gundogan ke Barcelona, Manchester City Boyong Mateo Kovacic
Ilkay Gundogan (Twitter)

BolaSkor.com - Juara treble winners 2023, Manchester City, terlibat aktif pada bursa transfer musim panas 2023. Khususnya karena terjadi perubahan dalam skuad besutan Pep Guardiola yang telah mengukir sejarah besar tersebut.

Perubahan itu sudah terjadi dengan kepergian Ilkay Gundogan ke FC Barcelona. Kabar tersebut dikonfirmasi oleh pakar transfer sepak bola Eropa, Fabrizio Romano. Gundogan dikontrak hingga 2025 dengan opsi perpanjang setahun.

"Ilkay Gundogan ke Barcelona, here we go! Persetujuan akhir telah tiba dari sisi klub untuk merekrutnya sebagai pemain baru, lampu hijau juga datang dari pemain. Ini berakhir, ditandatangani beberapa menit lalu," papar Romano.

Baca Juga:

Upaya Gigih Barcelona dalam Perburuan Ilkay Gundogan

7 Rekrutan Termahal Real Madrid

Toni Kroos soal Jude Bellingham: Harga Mahal Tidak Selalu Berjalan Sesuai Rencana

The Citizens pun telah mendapatkan penggantinya karena sebelum transfer Gundogan rampung, Man City juga telah mengamankan servis Kovacic dari Chelsea sebesar 30 juta poundsterling. Selain Kovacic, City juga masih berupaya merekrut kompatriotnya, Josko Gvardiol (bek tengah) dari RB Leipzig.

"Mateo Kovacic gabung Manchester City dari Chelsea. Uang transfer disepakati dan kesepakatan berakhir - here we go. Kesepakatan di kedua klub mencapai 30 juta poundsterling. Kesepakatan personal sudah disepakati dua pekan lalu, Kovacic hanya ingin Man City," tutur Romano.

Kembali ke Gundogan, pemain berdarah Turki berpaspor Jerman sudah membela Man City sejak 2017 pasca direkrut dari Borussia Dortmund. Ia datang di waktu bersamaan dengan Guardiola.

Pada usia 32 tahun saat ini, Gundogan telah menjelma pemain kunci di lini tengah Man City dan berkontribusi besar dalam raihan treble. Total, Gundogan sudah memenangi lima titel Premier League, satu Liga Champions, dan dua Piala FA.

Gundogan pun bukan satu-satunya pemain yang meninggalkan Etihad Stadium, karena kabarnya Bernardo Silva semakin dekat mengikuti 'arus' yang saat ini tengah tren, yakni bermain di Arab Saudi.

Sementara untuk Barcelona, Gundogan akan memperkaya variasi bermain di lini tengah dengan kedalaman yang bagus di area tersebut. Gundogan menggantikan Sergio Busquets, tetapi juga memadati lini tengah yang sudah memiliki Pedri, Gavi, Franck Kessie, dan Frenkie de Jong.

Gundogan Ilkay gundogan Manchester City Barcelona FC Barcelona Transfer Isu Transfer Bursa transfer Chelsea
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.220

Bagikan