Lawan Napoli, Laga Paling Penting Barcelona Musim Ini

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Selasa, 12 Maret 2024
Lawan Napoli, Laga Paling Penting Barcelona Musim Ini
Xavi Hernandez (twitter/FCBarcelona)


BolaSkor.com - Pelatih Barcelona Xavi Hernandez menyebut pertandingan melawan Napoli di leg kedua babak 16 besar Liga Champions sebagai laga terbesar musim ini. Jika pada laga yang digelar di Stadion Olimpic Lluis Companys, Rabu (13/1) WIB, Barcelona menang, mereka akan memenuhi target lolos ke perempat final Liga Champions pertama sejak 2020.

Pada leg pertama, kedua tim berbagi satu gol. Victor Osimhen membatalkan gol pembuka Robert Lewandowski.

Ini adalah pertama kalinya Barca lolos ke fase gugur Liga Champions sejak 2021 setelah gagal lolos dari babak penyisihan grup di dua musim sebelumnya. Sedangkan penampilan perempat final terakhir mereka adalah kekalahan saat dibantai Bayern Munchen dengan agregat 8-2 empat tahun lalu.

Baca Juga:

Joao Cancelo Berharap Kontraknya Dipermanenkan Barcelona

Terpaut Delapan Poin dengan Real Madrid, Xavi Yakin Barcelona Bisa Menangi LaLiga

Jangan Bandingkan Era Xavi Hernandez dengan Pep Guardiola di Barcelona

“Ini adalah pertandingan paling penting musim ini sejauh ini,” kata Xavi dikutip dari ESPN. “Kami benar-benar siap untuk itu. Sudah lama sejak kami mencapai perempat final, jadi ini adalah peluang besar."

“Ada keinginan untuk tampil baik dan bersaing melawan lawan yang hebat. (Napoli) belum berada dalam performa terbaiknya, tetapi basisnya sama dengan tim yang menjadikan mereka juara Italia tahun lalu," kata Xavi.

Xavi telah mengumumkan akan mengundurkan diri pada musim panas. Dengan Barca tertinggal delapan poin dari pemimpin LaLiga Real Madrid dan tersingkir dari Copa del Rey, tinggal Liga Champions yang menjadi peluang terakhirnya untuk meraih trofi musim ini.

Namun, Xavi, yang memenangkan LaLiga dan Supercopa Spanyol sebagai pelatih Barca tahun lalu, mengatakan fokusnya adalah mengembalikan klub ke jajaran elite Eropa, bukan dirinya.

“Saya tidak penting. Ini tentang klub dan tim. Saya sudah mempunyai tanggal kedaluarsanya. Saya akan memberitahu para pemain untuk tidak perlu takut," ujarnya.

“Ini adalah kesempatan untuk menjadi salah satu dari delapan tim terbaik di Eropa. Kami harus kembali ke sana, empat tahun kemudian.”

Ditanya apakah Barca, juara Liga Champions lima kali, akan mampu bersaing dengan tim perempat finalis lainnya, Xavi berkata, "Saya melihat tim-tim dengan potensi berbeda, namun kami bisa bersaing dengan tim lain mana pun."

"Kami berada dalam situasi sulit secara finansial. Kami belum mampu melakukan semua yang ingin dilakukan. Kami harus beradaptasi dengan keadaan ini, namun klub telah melakukan upaya besar sejak saya berada di sini," Xavi menambahkan.

Liga Champions FC Barcelona Barcelona Napoli Xavi Hernandez Breaking News
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.281

Bagikan