Laporan UEFA, Rata-rata Periode Pelatih Membesut Klub di Eropa Kurang dari 16 Bulan

Arief HadiArief Hadi - Kamis, 14 September 2023
Laporan UEFA, Rata-rata Periode Pelatih Membesut Klub di Eropa Kurang dari 16 Bulan
Musim lalu, Graham Potter dipecat Chelsea (Twitter)

BolaSkor.com - Federasi Sepak Bola Eropa (UEFA) memuat statistik menarik mengenai umur pelatih di klub-klub Eropa. Dalam catatan itu menunjukkan apabila masa kepelatihan mereka tidak mencapai dua tahun.

Dimuat oleh BBC Sport, rata-rata masa kepelatihan pelatih di liga-liga top Eropa musim lalu kurang dari 16 bulan. Ada 735 pemecatan di liga-liga top Eropa pada musim 2022-2023 dan itu jadi tertinggi kedua.

Liga yang disebut liga terbaik dunia, Premier League memiliki catatan 15 pergantian pelatih permanen. Masih dari catatan tersebut, dari 1.209 pelatih di Eropa persentase mereka melatih hingga lima tahun atau lebih kurang dari 5 persen.

Dari dokumen penelitian mendalam UEFA di 'European Club Talent and Competition Landscape', UEFA juga menuturkan rata-rata masa kepelatihan pelatih di 48 laga liga top Eropa, musim lalu, adalah 1,31 tahun - terendah sejak 2018 (1,3 tahun).

Baca Juga:

Hasil dan Klasemen Premier League: Man City dan Tottenham Pesta Gol, Chelsea Tersungkur

Prediksi Premier League 2023-2024: Tantangan Manchester City, Perebutan Empat Besar Memanas

Deadline Day: Chelsea Resmikan Cole Palmer, Duo Manchester Kedatangan Amunisi Baru

Antonio Conte juga dipecat Tottenham Hotspur pada Maret 2023 (Twitter)

Hanya di enam negara, termasuk Wales, Irlandia Utara, dan Republik Irlandia rata-rata masa kepelatihan pelatih mencapai dua tahun lebih.

Catatan rata-rata terendah dalam sedekade (10 tahun) terakhir adalah 1,29 tahun pada 2016, turun dari 1,44 tahun pada 2013, memperlihatkan betapa 'kejamnya' manajemen dalam membuat keputusan terkait nasib pelatih.

Musim dengan pergantian pelatih paling terbanyak terjadi pada 2020-2021, ketika 763 pelatih dipecat dan menurut UEFA, itu terjadi karena klub-klub mengejar ketertinggalan dalam kepelatihan pada pandemi virus corona.

Musim lalu, ada total 41 pelatih, dengan enam klub memiliki tiga pelatih yang melatih setidaknya di satu laga liga. Chelsea dan Leeds (United) bahkan memiliki empat pelatih berbeda. Di liga-liga Eropa, Prancis dan Spanyol tertinggal dengan 50 persen, Jerman 44 persen, dan Italia 35 persen.

Pada musim ini, baru ada satu pergantian pelatih dan itu juga terjadi sebelum musim dimulai, yakni Julen Lopetegui yang meninggalkan Wolverhampton Wanderers dan digantikan oleh Gary O'Neil.

Premier League LaLiga Serie a Bundesliga Bundesliga Jerman Ligue 1
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.180

Bagikan