Langgar Aturan FFP, Manchester United dan Barcelona Dapat Sanksi dari UEFA

Arief HadiArief Hadi - Jumat, 14 Juli 2023
Langgar Aturan FFP, Manchester United dan Barcelona Dapat Sanksi dari UEFA
Barcelona dan Manchester United (Twitter)

BolaSkor.com - UEFA selaku Federasi Sepak Bola Eropa menuturkan kabar mengejutkan mengenai dua klub top Eropa, Manchester United dan Barcelona. Keduanya diketahui melanggar aturan Financial Fair Play (FFP) dan menerima sanksi.

Pada Jumat (14/07) UEFA memberi pengumuman soal akhir pantauan selama musim 2022-2023, yang melingkupi pengamatan dari periode 2019 hingga 2022. Hukuman pun diberikan kepada Man United dan Barcelona terkait regulasi FFP dari UEFA yang lama, dengan aturan baru akan diterapkan mulai musim depan.

Dikutip dari The Athletic, Man United dan Barcelona menerima sanksi berupa denda 300.000 euro dan 500.000 euro karena melanggar aturan FFP.

Pelanggaran Man United yakni melaporkan 'defisit impas kecil' yang mana itu kerugian mereka untuk tahun keuangan, berada di luar persyaratan UEFA.

Baca Juga:

Legenda Chelsea Dukung Mason Mount untuk Sukses Bersama Manchester United

Sepekan di Manchester United, Mason Mount Full Senyum

Kontribusi yang Diharapkan Erik ten Hag dari Mason Mount

"Meskipun kecewa dengan hasilnya, Manchester United menerima denda ini atas apa yang diakui UEFA sebagai pelanggaran teknis kecil dari aturan Financial Fair Play sebelumnya," bunyi pernyataan dari Man United.

"Ini mencerminkan perubahan cara UEFA menyesuaikan kerugian akibat COVID-19 selama periode pelaporan 2022, yang memungkinkan kami untuk mengakui hanya 15 juta euro dari 281 juta euro pendapatan yang hilang akibat pandemi dalam perhitungan FFP."

"Pasca pandemi, pendapatan klub telah pulih dengan kuat dan diperkirakan akan mencapai level rekor di tahun keuangan saat ini. Klub terus mendukung penegakan aturan untuk mempromosikan Financial Fair Play dan keberlanjutan di sepak bola domestik dan Eropa."

Man United menuturkan apabila denda itu terkait isu di masa lalu dan aturan lama FFP. Artinya, itu tidak memengaruhi dana belanja pemain mereka di bursa transfer musim panas 2023.

Sementara itu, Barcelona didenda karena memberi laporan yang salah soal keuntungan dari penjualan non-pemain pada tahun keuangan 2022, yang mana itu bukan pemasukan relevan di bawah regulasi lama FFP.

Selain kedua klub tersebut, Porto dan Anderlecht juga mendapatkan denda dari UEFA, sementara AC Milan, Paris Saint-Germain (PSG), AS Roma, Monaco, Inter Milan, Besiktas, dan Olympique Marseille terhindar dari hukuman.

Manchester United Barcelona FC Barcelona FFP
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.208

Bagikan