Kualifikasi Piala Dunia 2026

Lahirnya Rivalitas Baru Indonesia Vs Vietnam

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Rabu, 20 Maret 2024
Lahirnya Rivalitas Baru Indonesia Vs Vietnam
Aksi winger Timnas Indonesia, Yakob Sayuri saat melawan Vietnam di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Jumat (6/1) sore WIB. (BolaSkor.com/Paulus Dwi Arde Nugroho)

BolaSkor.com - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, mengakui adanya rivalitas baru antara Skuad Garuda dengan Vietnam. Begitupun yang diucapkan pemain Timnas Indonesia, Sandy Walsh.

Timnas Indonesia selalu memiliki rivalitas tersendiri dengan Malaysia. Secara geografis, Indonesia sangat berdekatan dengan Malaysia. Secara rumpun pun hampir mirip. Tak ayal, beberapa isu politik mampu memengaruhi rivalitas tim nasional kedua negara.

Namun dalam beberapa tahun terakhir, Timnas Indonesia jarang bertemu Malaysia. Justru, rivalitas baru lahir melawan Vietnam.

Timnas Indonesia sering kali bertemu Vietnam, dalam kejuaraan Piala AFF, SEA Games, hingga terakhir Piala Asia 2023. Apalagi, Vietnam lahir sebagai tim raja Asia Tenggara baru dibawah asuhan Park Hang-seo ketika itu. The Golden Stars mampu menembus ranking 100 besar FIFA. Lalu menjadi juara Piala AFF pada 2018.

Baca Juga:

Ditanya soal Sindiran Naturalisasi, Sandy Walsh: Kami Berdarah Indonesia!

Asnawi dan Jordi Amat Absen, Shin Tae-yong Tunjuk Sandy Walsh Jadi Kapten Timnas Indonesia?

Tiket Pertandingan Timnas Indonesia Vs Vietnam Habis Terjual!

View this post on Instagram

A post shared by Bolaskor.com (@bolaskorcom)

Kini, peforma Vietnam agak menurun di bawah asuhan Philippe Troussier. Namun, Vietnam tetap Vietnam yang menurut Shin Tae-yong memiliki tim kuat. Ia pun mengakui rivalitas Timnas Indonesia dengan Vietnam panas dalam beberapa tahun terakhir, karena banyaknya pertemuan.

"Kalau menurut saya, ada 4 negara yang prestasinya baik dan berkembang di Asia Tenggara yaitu Thailand, Vietnam, Malaysia dan Indonesia. Meman Vientam setelah ganti pelatih agak kesulitan, tetapi karena pelatih ini bagus, pasti mereka ke depan bisa berkembang lebih jauh," kata Shin Tae-yong, dalam konferensi pers jelang laga melawan Vietnam di ruang konferensi pers Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Rabu (20/3).

Hal senada juga dikatakan pemain Timnas Indonesia, Sandy Walsh. Ia tidak lupa betapa bahagianya Timnas Indonesia mengalahkan Vietnam 1-0, lewat gol penalti Asnawi Mangkualam Bahar di Piala Asia 2023, awal tahun kemarin.

"Vietnam selalu memberi perlawanan berat ke Indonesia dan saya yakin hal serupa juga akan terjadi besok," kata Sandy Walsh.

Timnas Indonesia akan melawan Vietnam, pada laga lanjutan Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Kamis (21/3) malam WIB.

Timnas Indonesia Sandy Walsh Shin Tae-yong Breaking News Kualifikasi Piala Dunia 2026 Vietnam Timnas vietnam
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

15.029

Bagikan