Kutukan Kartu Merah di Balik Kekalahan Belanda atas Republik Ceko

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Senin, 28 Juni 2021
Kutukan Kartu Merah di Balik Kekalahan Belanda atas Republik Ceko
Momen kartu merah Matthijs de Ligt pada laga Belanda kontra Republik Ceko. (Twitter)

BolaSkor.com - Tim Nasional Belanda harus mengakui keunggulan Republik Ceko pada babak 16 besar Piala Eropa 2020. Kutukan kartu merah mengiringi kegagalan Der Oranje ini.

Dalam laga yang berlangsung di Ferenc Puskas Stadium, Minggu (27/6), Belanda takluk dari Ceko dengan skor 0-2. Padahal Memphis Depay dan kawan-kawan lebih diunggulkan.

Belanda sebenarnya memulai laga dengan baik. Tim asuhan Frank de Boer langsung menggempur pertahanan Ceko.

Baca Juga:

Piala Eropa 2020 - Belanda 0-2 Republik Ceko: Lokomotif Tantang Dinamit

Waspada Ceko, Belanda Banyak Opsi Pencetak Gol

De Boer Berambisi Bawa Belanda Diarak Pakai Perahu di Sungai

Momen yang membuat De Ligt dikartu merah.

Namun penyelesaian akhir yang buruk membuat Belanda masih gagal mencetak gol. Babak pertama pun berakhir dengan skor 0-0.

Usai turun minum, Belanda tetap mendominasi jalannya pertandingan. Mereka bahkan hampir mencetak gol pada menit ke-52 andai Donyell Malen lebih tenang saat sudah berhadapan dengan kiper Ceko.

Beberapa detik setelah momen tersebut, petaka menimpa Belanda. Matthijs de Ligt harus diusir ke luar lapangan usai menerima kartu merah langsung.

Bek Juventus itu dianggap sengaja menghalau bola dengan tangan saat berduel dengan Patrik Schick. Wasit membuat keputusan itu usai mengecek VAR.

Kartu merah De Ligt mengubah alur pertandingan. Ceko mulai berani menyerang hingga mampu mencetak dua gol lewat aksi Tomas Holes dan Schick.

“Mereka (Ceko) adalah lawan yang sulit. Namun saya pikir, kami lebih baik dan mendominasi permainan sampai kartu merah," kata Frank de Boer usai pertandingan.

"Hal terburuk yang bisa Anda lakukan melawan tim seperti ini adalah tertinggal. Kemudian mereka bisa memainkan permainan persis seperti yang mereka inginkan.”

Kutukan Kartu Merah

Kartu merah De Ligt merupakan yang keempat diterima Belanda dalam sejarah berlaga di putaran final Piala Eropa. Uniknya, semua itu diterima saat berhadapan dengan Ceko atau dulu bernama Cekoslovakia.

Dua pemain Belanda yaitu Wim van Hanegem dan Johan Neeskens dikartu merah wasit saat berhadapan dengan Cekoslovakia pada semifinal Piala Eropa 1976. Hal itu membuat mereka harus takluk dengan skor 1-3 lewat perpanjangan waktu.

Sementara satu kartu lainnya diberikan kepada Belanda saat takluk 2-3 dari Ceko pada Piala Eropa 2004. John Heitinga menjadi pesakitan pada momen tersebut.

Kartu merah dan Ceko seolah menjadi mimpi buruk tersendiri bagi Belanda. Negeri Kincir Angin tersebut pun harus kembali mengubur impiannya untuk meraih gelar juara.

Simak Rangkuman keseruan Piala Eropa 2020 di sini

Piala Eropa 2020 Timnas Belanda Timnas republik ceko Piala eropa Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan