Kontroversi VAR: Arsenal Harusnya Mendisiplinkan Mikel Arteta, Bukan Membelanya

Arief HadiArief Hadi - Senin, 20 November 2023
Kontroversi VAR: Arsenal Harusnya Mendisiplinkan Mikel Arteta, Bukan Membelanya
Mikel Arteta (Twitter)

BolaSkor.com - Cerita mengenai kontroversi penggunaan Video Asisten Wasit (VAR) mewarnai perjalanan Premier League musim ini. Drama terus terjadi setiap pekannya dan salah satu laga itu adalah Newcastle United vs Arsenal.

The Magpies - julukan Newcastle - menang 1-0 dan mengakhiri catatan tak pernah kalah Arsenal melalui gol Anthony Gordon. Laga berakhir tapi tidak dengan cerita dari pertandingan tersebut.

Mikel Arteta, pelatih Arsenal, sosok yang paling vokal dan tidak menahan ucapannya dengan kontroversi VAR. Ia menilai kinerja wasit memalukan untuk liga yang disebut liga terbaik dunia, Arteta pun malu terlibat di Premier League.

Arsenal memberikan dukungan kepada Arteta dan FA mengambil sikap mendakwa Arteta, memberikan waktu untuk banding atas keluhan yang dinilai melewati batas aturan cara bersikap.

Baca Juga:

Ketika Aaron Ramsdale Tak Lagi Tersenyum di Arsenal

Arsenal Tumbang di Markas Newcastle, Mikel Arteta Semprot Kinerja Wasit

FA Dakwa Mikel Arteta Terkait Komentarnya soal VAR pada Laga Newcastle Vs Arsenal

Adapun hal-hal yang disorot dari laga tersebut adalah tiga momen yang ditangkap dengan VAR, saat Joe Willock mengoper bola dari sisi sayap namun bola sudah keluar garis gawang, lalu kala Joelinton dianggap mendorong Gabriel, serta Gordon yang offside.

Belum lagi dengan pelanggaran keras Kai Havertz dan Bruno Guimaraes yang seyogyanya layak diberi kartu merah.

Mantan Wakil Presiden Arsenal, David Dein, mengomentari kejadian tersebut. Berbeda dari Arsenal, Dein justru menilai Arteta merusak imej klub dengan keluhannya tersebut, dan menurutnya, Arsenal seyogyanya mendisiplikan Arteta.

Dein menilai gambaran laga secara besar, melihat Arsenal 'layak' kalah karena memiliki satu tendangan tepat sasaran, plus mereka punya banyak waktu untuk mencetak gol - terlepas dari gol Gordon yang kontroversial.

"Dalam 101 menit pertandingan, kami hanya melepaskan satu tembakan ke gawang, jadi Anda tidak bisa mengatakan bahwa tim ini pantas menang. Ini adalah apa adanya," papar Dein kepada TalkSport.

"Ada proses yang sedang berjalan mengenai cara mereka menangani hal-hal ini dan menurut saya hal itu tidak diperlukan. Menurut saya, hal tersebut tidak memberikan dampak yang baik bagi citra klub."

"Itu tidak akan terjadi. Namun kami berada dalam permainan emosional dan hal-hal seperti ini memang terjadi, saya pikir ini sangat disayangkan, dan Anda harus hidup dan belajar."

Dein menilai Arteta lepas kontrol dan memakluminya, tetapi Arsenal seyogyanya mendisiplikannya, bukan mendukungnya.

"Mungkin (Arsenal mendisiplikan Arteta). Tapi, Anda tak bisa juga menyalahkan pelatih (sepenuhnya)," tambah Dein.

"Manajer sedang berada dalam situasi yang panas, itulah yang dia yakini. Saya berada di Newcastle pada pertandingan itu, dia merasa sedih karena dia merasa keputusan yang diambil tidak menguntungkannya," urainya.

Mikel Arteta Premier League Arsenal Newcastle United
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.270

Bagikan