Klub Ramai-ramai Menolak, Liga Swedia Putuskan Tidak Akan Pakai VAR

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Jumat, 26 April 2024
Klub Ramai-ramai Menolak, Liga Swedia Putuskan Tidak Akan Pakai VAR


BolaSkor.com - Liga Swedia tidak akan menerapkan sistem Video Assistant Referee (VAR) setelah klub-klub menyuarakan penolakan mereka terhadap teknologi tersebut. Hal ini disampaikan oleh Ketua Asosiasi Sepak Bola Swedia (SvFF) Fredrik Reinfeldt.

VAR secara konsisten menjadi pusat kontroversi di liga-liga yang menggunakannya. Keluhan mulai dari analisisnya yang ekstensif mengenai kemungkinan offside hingga penundaan yang sering berlangsung selama beberapa menit.

Pada Juli 2023, Liga Sepak Bola Profesional Swedia, yang mewakili klub-klub di dua divisi teratas sepak bola Swedia, mengatakan mayoritas klub secara aktif menentang penerapan VAR.

Baca Juga:

Lagi, Kontroversi VAR Nodai Premier League

Kontroversi VAR: Arsenal Harusnya Mendisiplinkan Mikel Arteta, Bukan Membelanya

Geram Penalti Terlalu Gampang Diberikan, Harry Maguire Tuntut Perubahan Aturan VAR

Sebagai informasi, klub-klub di Allsvenskan Swedia diharuskan memiliki setidaknya 51 persen sahamnya oleh suporter.

“Jika saya menghitung dengan benar, kami memiliki 18 klub elite dan dua distrik yang mengatakan mereka tidak ingin memperkenalkan VAR,” kata Reinfeldt kepada surat kabar Aftonbladet dikutip Reuters.

"Kami menghormati hal itu. Itu sebabnya kami tidak mengajukan proposal apa pun tentang VAR dan saya juga tidak memperkirakan hal itu akan terjadi di masa depan. Saya tetap menghormati aturan main yang demokratis," ujar Reinfledt, yang juga mantan perdana menteri Swedia,

Tahun lalu Reinfeldt mengatakan bahwa VAR adalah masa depan. Namun dia menerima kritik oleh para suporter karena sikapnya terhadap masalah ini.

Reinfeldt mengatakan ketika dia melontarkan komentar tersebut ada diskusi bahwa penerapan VAR diwajibkan oleh UEFA.

“Saya kira sekarang tidak (diwajibkan), dari apa yang saya dengar, jadi terserah pada kita untuk mengambil keputusan,” tambahnya.

VAR Breaking News
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.171

Bagikan