Kim Min-jae dan 5 Pemain Asia yang Pernah Bermain di Bayern Munchen

Arief HadiArief Hadi - Kamis, 29 Juni 2023
Kim Min-jae dan 5 Pemain Asia yang Pernah Bermain di Bayern Munchen
Kim Min-jae (Twitter)

BolaSkor.com - Perlahan tapi pasti, Bayern Munchen menambah kekuatan menatap musim 2023-2024. Usai menjuarai Bundesliga di bawah arahan Thomas Tuchel, Die Roten kini fokus berbenah di bursa transfer musim panas 2023.

Bayern sejauh ini sudah mendapatkan dua pemain baru dengan gratis (free agent). Mereka adalah Konrad Laimer (gelandang) dan Raphael Guerreiro (bek kiri). Menyusul mereka adalah bek tengah asal Korea Selatan, Kim Min-jae.

Sebagaimana dilaporkan oleh pakar transfer sepak bola Eropa, Fabrizio Romano, Bayern sudah sepakat dengan Napoli untuk menebus klausul pembelian Kim sebesar 50 juta euro. Bayern akan mengontraknya selama lima tahun.

Baca Juga:

Penawaran Kedua Ditolak Chelsea, Manchester United Belum Menyerah Kejar Mason Mount

3 Klub Premier League yang Berpeluang Mendapatkan Servis Moises Caicedo

Update Bursa Transfer: Kai Havertz ke Arsenal, Bayern Dapat Kim Min-jae

"Bayern telah mencapai kesepakatan verbal total dengan Kim Min-jae pada kesepakatan personal, kesepakatan lima tahun siap - here we go!" ucap Fabrizio Romano.

"Kim telah menerima proposal kontrak karena sumber klub mengonfirmasinya. Kontrak valid hingga 2028. Tahapan berikutnya ke Bayern: membayar klausul pembelian," tambah pernyataan tersebut.

Dengan adanya Kim maka itu menambah daftar pemain dari Asia yang bermain di Bayern. Sebelum Kim, ada lima pemain asal Asia yang pernah membela Bayern. Siapa saja?

1. Ali Daei

Pemain Asia pertama yang pernah membela Bayern Munchen. Ali Daei gabung Bayern pada 1998 dan - sayangnya - hanya bertahan semusim. Dalam semusim Daei tampil sebanyak 32 kali di seluruh kompetisi, mencatatkan 6 gol dan memberikan 1 assists.

Kendati kariernya tidak lama di Bayern, Daei legenda sepak bola Iran dengan catatan gol internasional terbanyak - sebelum disalip Cristiano Ronaldo. Selain membela Bayern, Daei juga pernah bermain di Hertha Berlin dan Arminia Bielefeld.

2. Vahid Hashemian

Pemain lainnya yang juga berasal dari Iran. Seperti Daei, Vahid Hashemian juga berposisi sebagai penyerang. Hashemian membela Bayern pada medio 2004-2005 setelah sebelumnya memperkuat Hamburg dan Bochum.

Kendati hanya semusim, Hashemian memenangi tiga trofi di sana yakni Bundesliga, DFB Pokal, dan Piala Super Jerman. Hashemian pensiun pada 2012 dan setelahnya menekuni karier kepelatihan. Terakhir, Hashemian jadi asisten pelatih di timnas Iran.

3. Ali Karimi

Tradisi Bayern dalam merekrut pemain asal Iran berlanjut ketika pada 2005, semusim setelah Hashemian bermain, merekrut Ali Karimi dari Al Ahli. Berbeda dari Daei dan Hashemian, Karimi bermain lebih lama (2005-2007) di Bayern.

Karimi pemain serba bisa yang dapat bermain sebagai gelandang serang dan juga penyerang. Dalam kurun waktu dua tahun Karimi memenangi Bundesliga dan DFB Pokal.

Karimi berada di skuad yang sama dengan nama-nama legendaris seperti Roy Makaay dan Michael Ballack. Pasca membela Bayern, Karimi memperkuat Qatar SC, Schalke, dan pensiun pada 2014 dengan Tractor Sazi. Terakhir, Karimi terlihat menjadi pelatih di Sepidrood pada 2019.

4. Takashi Usami

Pada 2011 Bayern Munchen meminjam penyerang asal Jepang, Takashi Usami, dari Gamba Osaka. Dalam semusim bersama Bayern, performa Usami tak cukup memuaskan klub hingga akhirnya ia dimainkan di tim kedua (Bayern Munchen II).

Kariernya pun relatif singkat di Bayern dan setelahnya ia membela Hoffenheim, Augsburg, Fortuna Dusseldorf, dan pada 2019 kembali ke Jepang membela Gamba Osaka. Saat ini Usami masih membela Osaka pada usia 31 tahun.

5. Jeong Woo-yeong

Menempuh cara yang berbeda ketika bermain untuk Bayern Munchen. Jeong Woo-yeong produk akademi Bayern yang promosi pada 2018 dan bermain selama semusim, sebelum klub melepasnya ke SC Freiburg.

Jeong berposisi sebagai penyerang sayap yang juga dapat ditempatkan di posisi gelandang serang. Baru berusia 23 tahun, Jeong saat ini memperkuat SC Freiburg dan tengah dipinjamkan ke Bayern Munchen II.

Bayern Bayern munchen Kim Min-jae Asia Trivia Sepak Bola
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.229

Bagikan