Kai Havertz dan 7 Pemain Top yang Pernah Membela Arsenal dan Chelsea

Arief HadiArief Hadi - Kamis, 29 Juni 2023
Kai Havertz dan 7 Pemain Top yang Pernah Membela Arsenal dan Chelsea
Kai Havertz (Laman Resmi Arsenal)

BolaSkor.com - Jerih payah Arsenal dalam memburu pemain incaran pada bursa transfer musim panas 2023 membuahkan hasil. Satu dari tiga pemain yang dikaitkan belakangan ini telah sukses didapat The Gunners.

Dia adalah pemain berusia 24 tahun, Kai Havertz, yang direkrut dari Chelsea dengan nilai 65 juta poundsterling. Arsenal arahan Mikel Arteta mengontraknya dalam jangka waktu panjang.

"Pemain internasional Jerman Kai Havertz telah bergabung dengan kami dari Chelsea dengan kontrak jangka panjang," tutur pernyataan di situs resmi Arsenal.

"Pemain berusia 24 tahun itu telah menjadi pemain kunci di level klub dan internasional dalam beberapa musim terakhir dan sudah tampil 35 kali untuk tim nasional Jerman, mencetak 13 gol dan mewakili negaranya di dua turnamen besar."

Baca Juga:

Update Bursa Transfer: Kai Havertz ke Arsenal, Bayern Dapat Kim Min-jae

3 Klub Premier League yang Berpeluang Mendapatkan Servis Moises Caicedo

Lelah Berburu Mason Mount, Manchester United Alihkan Target ke Moises Caicedo

Kai Havertz meneruskan 'tradisi' pemain top yang pernah membela Arsenal dan Chelsea. Siapa saja nama lain sebelum Havertz yang pernah memperkuat Arsenal dan Chelsea? Berikut penjabarannya:

1. Pierre Emerick Aubameyang

Memperkuat Arsenal pada 2018-2022 dan Chelsea dari 2022 sampai saat ini. Pierre Emerick Aubameyang (34 tahun) menjalani periode terbaiknya dengan Borussia Dortmund dan Arsenal, tapi tidak kini bersama Chelsea.

Sebelum membela Chelsea, Aubameyang memperkuat Barcelona dan posisinya sebagai striker utama hilang seiring kedatangan Robert Lewandowski. Aubameyang pernah memenangi Piala FA bersama Arsenal.

2. Jorginho

Baru bergabung dengan Arsenal pada Januari 2023. Mikel Arteta membutuhkan pengalaman serta kualitasnya untuk menjaga kekuatan di lini tengah. Arteta tak salah karena Jorginho memilikinya pada usia 31 tahun.

Terlebih, juara Piala Eropa 2020 dengan timnas Italia itu sudah lima tahun membela Chelsea (2018-2023) dan pernah meraih trofi prestisius di sana, seperti Liga Champions, Liga Europa, Piala Super Eropa, dan Piala Dunia Antarklub.

3. Ashley Cole

Bek kiri terbaik dunia di eranya. Ashley Cole merupakan produk akademi Arsenal yang bermain di tim utama dari 1999 hingga 2006 sebelum ke Chelsea. Cole juga menjadi bagian skuad The Invincibles Arsenal pada 2004 dan melanjutkan kesuksesannya di Chelsea.

Cole memenangi dua titel Premier League dan tiga Piala FA bersama Arsenal, serta meraih satu titel Premier League, empat Piala FA, satu Liga Champions dan Piala Eropa selama delapan tahun memperkuat Chelsea. Cole pensiun pada 2019 bersama Derby County.

4. Olivier Giroud

Saat ini Olivier Giroud (36 tahun) membela AC Milan yang sudah diperkuatnya dari 2021. Giroud sudah 'kenyang' pengalaman bermain di Inggris pada medio 2012-2021.

Giroud menjadi ujung tombak andalan Arsenal selama enam tahun berkarier di sana (2012-2018) dan meraih tiga Piala FA. Akan tapi di akhir-akhir musimnya bersama Arsenal Giroud banyak menghiasi bangku cadangan hingga pergi ke Chelsea.

Bersama Chelsea nasibnya juga tidak jauh berbeda. Namun, Giroud dalam beberapa laga terakhir menjadi pemain andalan Frank Lampard. Pemain berusia 33 tahun sudah memenangi satu titel Piala FA dan Liga Europa dengan Chelsea.

5. Petr Cech

Legenda sepak bola asal Republik Ceko. Petr Cech menghabiskan penghujung kariernya bersama Arsenal dari 2015 hingga 2019 sebelum pensiun.

Di Arsenal, Cech langsung jadi kiper utama sebelum Bernd Leno dan Aaron Ramsdale datang, setelah sukses mengukir sejarah sebagai legenda Chelsea pada periode 2004-2015.

Cech memiliki pengalaman besar memenangi empat titel Premier League, empat Piala FA, satu Liga Champions dan Liga Europa bersama Chelsea. Itu diharapkan terjadi di Arsenal, tetapi Arsenal bukanlah Chelsea. Di sana Cech hanya memenangi satu titel Piala FA dan dua Community Shield.

6. Cesc Fabregas


11 musim di Arsenal dari akademi hingga tim utama (2003-2011) dan dipromosikan oleh Arsene Wenger. Cesc Fabregas terlebih dahulu pulang kampung ke Spanyol dan membela Barcelona (2011-2014) sebelum akhirnya membuat keputusan gabung Chelsea.

Fabregas gabung Chelsea setelah melakukan kontak dengan Jose Mourinho. Kariernya di sana berbuah manis karena Fabregas memenangi dua titel Premier League, satu Piala FA, dan Piala Liga. Bandingkan dengan raihan satu titel Piala FA dengan Arsenal.

7. David Luiz

Tepat di penghujung bursa transfer musim panas 2019, David Luiz pindah ke Arsenal dari Chelsea, meninggalkan Chelsea untuk kali kedua setelah membela klub di periode pertama (2011-2014).

Luiz sudah meraih banyak titel bersama Chelsea: satu titel Premier League, dua Piala FA, satu Liga Champions, dan dua Liga Europa. Wajar apabila ia ingin mencari tantangan baru tetapi masih tetap berada di London.

Luiz meninggalkan Arsenal pada 2021 dan setelahnya ia pulang kampung ke Brasil, membela Flamengo sampai saat ini berusia 36 tahun.

Selain tujuh nama di atas, pemain lain yang pernah membela Arsenal dan Chelsea adalah Nicolas Anelka, Emmanuel Petit, David Rocastle, William Gallas, Lassana Diarra, Yossi Benayoun, dan Steve Sidwell.

Trivia Sepak Bola Arsenal Chelsea Kai Havertz Petr Cech Cesc Fabregas Olivier giroud Pierre-Emerick Aubameyang Aubameyang Jorginho
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.182

Bagikan