Ivan Provedel, Kiper Pencetak Gol Penyelamat Lazio yang Masuk Daftar Langka

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Rabu, 20 September 2023
Ivan Provedel, Kiper Pencetak Gol Penyelamat Lazio yang Masuk Daftar Langka
Ivan Provedel (twitter/Champions League)

BolaSkor.com - Kiper Lazio Ivan Provedel naik daun setelah mencetak gol lewat tandukannya pada penghabisan laga melawan Atletico Madrid di laga pertama fase grup Liga Champions, Rabu (20/9) dini hari. Lazio pun terhindar dari kekalahan dalam laga yang berakhir 1-1.

Provedel dalam sorotan ketika mencetak gol pada menit ke-90+5. Kiper berusia 29 tahun itu maju ke jantung pertahanan lawan dan menyambar umpan Luis Alberto menghujam masuk ke gawang.

Gol ini spesial dari berbagai sisi. Spesial karena dicetak oleh seorang kiper. Spesial karena terjadi pada sentuhan terakhir pada laga untuk menyamakan skor. Dan, spesial karena ini merupakan debut Provedel di ajang Liga Champions.

Baca Juga:

Ketika Penjaga Gawang Lazio Mencetak Gol dan Menggagalkan Kemenangan Atletico Madrid

Hasil Liga Champions: Barcelona Pesta Gol, Manchester City Raih Tiga Poin

AC Milan 0-0 Newcastle United: Tuan Rumah Dibuat Frustrasi di San Siro

“Ini adalah malam yang akan saya ingat sepanjang hidup,” kata Provedel, yang mengaku meniru gaya menyerang rekan setimnya Ciro Immobile, kepada UEFA.com.

“Saya senang terutama karena kami berhasil menyamakan kedudukan dalam pertandingan yang tidak pantas kami kalah. Saya belum bisa mencernanya, nanti, saya akan menyadari bahwa saya mencetak gol di Liga Champions."

Berkat gol tersebut, Provedel juga masuk daftar langka sebagai kiper yang mencetak gol di Liga Champions. Sepanjang sejarah hanya ada empat kiper yang mencetak gol di ajang ini. Provedel berada dalam daftar bersama Jorg Butt (tiga kali), Sinan Bolat, dan Vincent Enyeama.

Namun, Provedel merupakan kiper kedua dalam sejarah Liga Champions yang mencetak gol dalam permainan terbuka, bukan dari penalti atau bola-bola mati. Provedel menyamai catatan Sinan Bolat yang mencetak gol pada 9 Desember 2009 untuk Standard Liege.

Serupa dengan Provedel, Bolat maju menyerang dan mencetak gol pada menit ke-95 yang membuat kedudukan imbang 1-1.


Bukan yang Pertama

Bagi Provedel, mencetak gol bukan hal yang baru. Gol ke gawang Atletico merupakan yang kedua. Kiper yang didatangkan Lazio dari Spezia itu mencatatkan gol gol pertamanya ketika masih bermain untuk Juve Stabia di Seri B pada musim 2019-2020.

Provedel mencetak gol jelang laga akan berakhir dalam laga melawan lawan Ascoli pada 7 Februari 2020. Gol tersebut membuat laga berakhir imbang 2-2.

Provedel lahir di Pordenone, Italia pada 17 Maret 1994, dari ayah asal Italia dan ibu Rusia. Dia mengawali kariernya di tim muda Lazio pada 2011-2012 sebelum pindah ke akademi Chievo.

Karier seniornya dimulai di Chievo. Namun, dia tidak pernah tampil di Liga Italia bersama Chievo dan dari 2013 hingga 2017 menjadi pemain yang dipinjamkan ke sejumlah klub seperti Pisa, Perugia, Modena, dan Provercelli.

Pada musim 2017-18, Provedel kemudian bergabung ke Empoli, Di klub ini dia tampil dalam 23 laga dan menjadi kunci sukses Empoli juara Serie B.

Namun, lagi-lagi Provedel belum bisa merasakan Serie A karena dirinya dipinjamkan ke Juve Stabia dan kemudian ke Spezia. Lazio kemudian membawanya pada 8 Agustus 2022.

Pada musim 2022-2023 bersama Lazio, Provedel menjalani musim terbaiknya. Dia menjadi kunci sukses Lazio meraih posisi kedua.

Berkat performa gemilangnya, Provedel terpilih sebagai Kiper Terbaik Liga Italia 2022-2023. Sepanjang musim lalu, Provedel tampil dalam 37 laga, kemasukan 30 gol, dan mencatat 20 clean sheet.

Daftar Kiper yang Mencetak Gol di Liga Champions

Jorg Butt - Hamburg vs Juventus (Penalti): 13 September 2000

Jorg Butt - Bayer Leverkusen vs Juventus (Penalti): 12 Maret 2002

Jorg Butt - Bayern Munich vs Juventus (Penalti): 8 Desember 2009

Sinan Bolat - Standard Liège vs AZ: 9 Desember 2009

Vincent Enyeama - Hapoel Tel Aviv vs Lyon (Penalti): 29 September 2010

Ivan Provedel - Lazio vs Atletico Madrid: 19 September 2023

Ivan Provedel Liga Champions Lazio Breaking News
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.117

Bagikan