Italia Ditahan Imbang Makedonia Utara, Spalletti Janjikan Perubahan Kontra Ukraina

Arief HadiArief Hadi - Minggu, 10 September 2023
Italia Ditahan Imbang Makedonia Utara, Spalletti Janjikan Perubahan Kontra Ukraina
Luciano Spalletti (Twitter)

BolaSkor.com - Debut Luciano Spalletti sebagai pelatih timnas Italia tak berakhir dengan tiga poin pada laga lanjutan Kualifikasi Piala Eropa 2024. Bermain melawan Makedonia Utara di Tose Proeski Arena, Minggu (10/09) dini hari WIB, laga berakhir imbang 1-1.

Gol dari Ciro Immobile (47') dibalas oleh Enis Bardhi (81') jelang laga berakhir. Italia tak mampu memenangi laga meski punya 73 persen penguasaan bola dan sembilan tendangan tepat sasaran, sementara dari tuan rumah memiliki tiga tendangan tepat sasaran dari 27 persen penguasaan bola.

Hasil itu membuat situasi kian rumit di grup C. Italia masih tertahan di urutan tiga dengan empat poin dari tiga laga, sama dengan Makedonia Utara di urutan empat dan sudah bermain empat kali. Italia terpaut tiga poin dari Ukraina di urutan dua dan juga sudah bermain empat kali.

Ukraina akan menjadi lawan berikutnya bagi Italia di San Siro, Rabu (13/09) pukul 01.45 dini hari WIB. Spalletti menjanjikan perubahan, khususnya dari sisi susunan pemain kontra Ukraina, mengingat tidak mudah melawan Makedonia Utara di rumput lapangan yang buruk.

Baca Juga:

Mundur sebagai Pelatih Italia 10 Bulan Jelang Piala Eropa 2024, Roberto Mancini Angkat Bicara

Terungkap, Alasan Sebenarnya di Balik Keputusan Mundur Roberto Mancini dari Timnas Italia

Menyambut Era Baru Italia di Bawah Kepemimpinan Luciano Spalletti

Makedonia Utara 1-1 Italia (Twitter)

“Penderitaannya adalah ketika permainan menjadi berantakan dan kami tidak siap untuk menciptakan kembali soliditas pertahanan, sehingga sapuan-sapuan sering kali berhasil direbut kembali oleh para gelandang mereka,” kata Spalletti kepada RAI Sport dan Sky Sport Italia.

“Satu-satunya elemen yang kami miliki adalah mempelajari permainan ini dan mencoba menemukan perbaikan, mengerjakan konsep-konsep yang kurang berjalan dengan baik, dan menonton ulang videonya akan sama berharganya dengan sesi latihan."

"Kami bisa melakukannya lebih baik dengan kualitas, karena mereka bertahan dengan lima pemain, jadi kami bisa membagi mereka dengan lebih mudah. Hal ini juga tidak bisa dihindari mengingat kondisi lapangan, karena tidak mungkin memberikan umpan berkualitas di lapangan tersebut.”

“Kami juga harus mengganti beberapa pemain untuk pertandingan berikutnya, karena kondisi lapangan berdampak buruk pada mereka. Saya juga harus melepas beberapa pemain yang mendapat kartu kuning dan berharap bisa menambah daya tembak dengan (Giacomo) Raspadori. Sayangnya mereka mencetak gol penyeimbang di penghujung hari, kami tidak punya banyak waktu untuk bereaksi," urainya.

Sementara itu gelandang Italia, Sandro Tonali, menekankan kepada rekan setimnya untuk segera bangkit dan menjadi Italia yang sebenarnya: punya mental kuat dan pemenang sejati.

“Ini bukan yang kami harapkan dan bukan hasil yang ingin kami bawa pulang,” tambah Tonali.

“Kekecewaan adalah hal yang wajar, sama halnya dengan Makedonia Utara yang merayakan hasilnya. Tapi inilah sepak bola, setiap pertandingan sulit di tingkat internasional. Sekarang kami harus kembali ke jalur yang benar, karena dalam beberapa hari akan ada pertandingan penting lainnya. Kami harus kembali menjadi Italia," pungkas gelandang Newcastle United tersebut.

Piala Eropa 2024 Kualifikasi Piala Eropa 2024 Timnas Italia
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.272

Bagikan