Inggris Vs Brasil: Titik Awal Selecao Keluar dari Kegelapan

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Sabtu, 23 Maret 2024
Inggris Vs Brasil: Titik Awal Selecao Keluar dari Kegelapan
TImnas Brasil (twitter)

BolaSkor.com - Brasil akan menantang tuan rumah Inggris dalam laga uji coba di Stadion Wembley, Minggu (24/3) dini hari WIB. Sebuah pertandingan bermakna bagi Tim Samba.

Pada akhir Februari 2022, Tite mengungkapkan bahwa dia akan mengundurkan diri sebagai pelatih Brasil di akhir Piala Dunia Qatar. Secara teori, hal itu memberi Federasi Sepak Bola Brasil (CBF) banyak waktu untuk mencari penggantinya. Namun ternyata, itu tidak cukup.

Sejak saat itu, Selecao memiliki dua pelatih sementara, Ramon Menezes dan Fernando Diniz, serta arsitek lain yang mereka asumsikan telah dipekerjakan dan mengumumkannya secara publik tetapi ternyata tidak, Carlo Ancelotti.

Ketika menghadapi Inggris, Brasil akhirnya akan memiliki manajer tetap, Dorival Junior.

Baca Juga:

Kembali ke Timnas Inggris, Joe Gomez Obati Luka

Cerita Unik Kobbie Mainoo kala Dipanggil Timnas Inggris

Peringatan Pelatih Timnas Inggris untuk Kiper Arsenal, Aaron Ramsdale

Dorival Junior (twitter)

"Itu adalah akibat dari disorganisasi dan juga arogansi yang meyakini bahwa pelatih mana pun akan datang karena ini adalah tim nasional Brasil," kata mantan pemain internasional Brasil Walter Casagrande kepada BBC Sport .

Pada 2023, Selecao mengakhiri tahun dengan lebih banyak kekalahan daripada kemenangan untuk pertama kalinya sejak 1963. Mereka kalah lima kali, imbang sekali, dan hanya menang tiga kali dalam sembilan pertandingan.

Dalam enam pertandingan kualifikasi Piala Dunia, mereka kebobolan lebih banyak gol (tujuh) dibandingkan keseluruhan musim sebelumnya (lima dalam 17 pertandingan).

Secara keseluruhan, Brasil hanya berhasil mengalahkan Guinea, Bolivia, dan Peru, sehingga tidak mengherankan jika kepercayaan diri tim sebelum pertandingan melawan Inggris berada pada level terendah sejak kekalahan 1-7 dari Jerman pada 2014.

Dengan dimulainya era baru di London, juara dunia lima kali itu berharap untuk melupakan salah satu tahun terburuk mereka dalam sejarah.

“Tim Brasil saat ini tidak bisa bersaing dengan tim top Eropa mana pun,” tambah Casagrande.

Titik terendah terjadi ketika Ancelotti mengumumkan bahwa dia akan memperpanjang kontraknya dengan Real Madrid hingga 2026. Ini dianggap sebagai salah satu penghinaan terbesar dalam sejarah sepak bola Brasil.

“Ancelotti tidak pernah mengkonfirmasi bahwa dia akan melatih Brasil dan CBF tidak pernah memberikan bukti nyata apa pun bahwa dia telah menyetujuinya,” kata mantan penyerang Brasil Tostao.

Selecao memulai 2024 dengan presiden sementara, pelatih sementara, dan tidak banyak harapan untuk masa depan. Namun, pada awal Januari, Rodrigues diangkat kembali sebagai presiden. Sebagai salah satu tindakan pertamanya dia menunjuk Dorival Junior dari Sao Paulo sebagai pelatih.

Dorival Junior memiliki reputasi sebagai petugas pemadam kebakaran karena beberapa kali menyelamatkan klub yang sedang bermasalah. Secara probadi, Dorival juga merupakan survivor dalam arti sebenarnya.

Dorival selamat dari kanker prostat pada 2019 dan sejak itu mencapai puncak kariernya, memenangkan Piala Libertadores pada 2022 dan Piala Brasil selama dua musim berturut-turut. Laga Wembley versus Inggris tentu akan terasa spesial baginya.

“Ini momen yang sulit,” kata Dorival. “Tetapi bukan hal yang tidak bisa segera diputar balik. Saya mengandalkan semua, agar sepak bola Brasil bisa kembali memiliki momentum yang besar."

Laga di Wembley akan menjadi tolok ukur seberapa jauh kemajuan Brasil.

Timnas Brasil Dorival Junior Breaking News
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.117

Bagikan