Inggris Raya dan Irlandia Jadi Tuan Rumah Piala Eropa 2028

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Selasa, 10 Oktober 2023
Inggris Raya dan Irlandia Jadi Tuan Rumah Piala Eropa 2028

BolaSkor.com - Badan Sepak Bola Eropa (UEFA) mengumumkan Inggris Raya (United Kingdom) dan Irlandia akan menjadi tuan rumah Piala Eropa (Euro) 2028, sementara Italia dan Turki akan menggelar turnamen edisi 2032.

Dengan menerima tawaran gabungan Italia-Turki untuk Euro 2032 pekan lalu, dan dengan mundurnya Turki dari persaingan menggelar Euro 2028, tuan rumah kedua turnamen tersebut sudah bisa dipastikan.

Mundurnya Turki dari pengajuan 2028 membuat United Kingdom; Inggris, Irlandia Utara, Irlandia, Skotlandia, dan Wales menjadi satu-satunya penawar bersama untuk turnamen tersebut.

Baca Juga:

Setop Mengejek Harry Maguire

Terungkap, Alasan Sebenarnya di Balik Keputusan Mundur Roberto Mancini dari Timnas Italia

Skotlandia Vs Inggris, 3 Laga Paling Dikenang dari 150 Tahun Rivalitas

Namun kedua tawaran tersebut masih memerlukan persetujuan akhir dari komite eksekutif UEFA.

“Tidak ada yang formalitas bahkan sampai menit terakhir,” kata Debbie Hewitt, ketua Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA) dikutip Reuters. "Kami tidak menganggap remeh apa pun."

Hewitt mengatakan upaya penyelenggaraan turnamen tersebut telah menyatukan lima asosiasi sepak bola.

“Ada begitu banyak hal yang mungkin Anda pikir akan terpecah belah, namun sebenarnya hal itu benar-benar menyatu,” ujarnya. "Saya pikir itu akan menjadi sesuatu yang kita semua banggakan."

Piala Eropa 2028 akan menjadi gelaran olahraga terbesar yang pernah diselenggarakan bersama oleh Inggris Raya dan Irlandia.

Mantan pemain timnas Wales Gareth Bale mengatakan turnamen ini akan meningkatkan sepak bola di negaranya.

“Saya pikir penting khususnya bagi Wales untuk tetap berada di peta, terus maju, terus berusaha dan memperbaiki diri,” katanya.

FA Inggris mengatakan sekitar tiga juta tiket akan tersedia untuk turnamen tersebut, lebih banyak dibandingkan Kejuaraan Eropa sebelumnya. Pertandingan akan diadakan di stadion dengan kapasitas rata-rata 58 ribu.

Piala eropa UEFA Breaking News
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.125

Bagikan