Fakta dan Statistik Menarik dari Keberhasilan Dortmund Tembus Final Liga Champions

Arief HadiArief Hadi - Rabu, 08 Mei 2024
Fakta dan Statistik Menarik dari Keberhasilan Dortmund Tembus Final Liga Champions
Borussia Dortmund (Foto: Laman Resmi UEFA)

BolaSkor.com - Di luar dugaan kejutan terjadi pada leg dua semifinal Liga Champions antara Paris Saint-Germain (PSG) melawan Borussia Dortmund, Rabu (08/05) dini hari WIB pada laga yang dimainkan di Parc des Princes.

Membawa agregat gol 1-0 dari kemenangan di Jerman, Die Borussen - julukan Dortmund - secara mengejutkan menaklukkan Paris dan menang 1-0 di Parc des Princes dari gol yang dicetak Mats Hummels (50').

Dortmund lolos ke final yang akan dimainkan di Wembley dengan agregat gol 2-0. PSG, meski dominan di dua leg pertandingan dari sisi penguasaan bola, tak dapat mencetak gol ke gawang Dortmund. Pelatih PSG, Luis Enrique pun tidak percaya timnya tak dapat mencetak gol.

Baca Juga:

Tembus Final Liga Champions, Dortmund Kembali ke Wembley setelah 11 Tahun Lamanya

PSG 0-1 Dortmund: Final Liga Champions Ketiga Die Borussen

Borussia Dortmund Berharap Jadon Sancho Kembali Tampil Ajaib

"Sejujurnya, menurut saya kami pantas memenangkan pertandingan. Kami menciptakan 31 tembakan, empat kali membentur mistar gawang," ucap Enrique seperti dilansir dari laman resmi UEFA.

"Dalam dua pertandingan, kami membentur mistar gawang sebanyak enam kali, namun tidak mencetak gol. Sepak bola terkadang sangat tidak adil. Selamat kepada Dortmund. Mereka adalah tim yang hebat. Saya berharap mereka bisa melaju dan memenangkan final."

Sementara itu pelatih Dortmund, Edin Terzic, dibuat kagum dengan perjuangan keras anak-anak asuhnya untuk menyingkirkan PSG dan mencapai final.

"Kami sangat menderita, namun kami menunjukkan penampilan tandang yang sangat bagus melawan tim yang sangat kuat di depan; sangat cepat, sangat aktif. Kami mencatat dua clean sheets, kami memenangkan kedua pertandingan di semifinal. Ini sungguh tak bisa dipercaya dan luar biasa," tambah Terzic.

"Ini hampir tidak nyata. Saya pikir secara keseluruhan kami pantas mencapai final. Kami datang ke sini untuk menghadapi tim yang memiliki banyak kualitas. Itu berkat kerja sama tim, diberikan sedikit keberuntungan juga. Saya sangat bangga dengan tim saya, staf saya, dan seluruh klub."

Sederet fakta dan statistik menarik turut mengantarkan perjalanan Borussia Dortmund ke final Liga Champions. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut penjelasannya:

1. Borussia Dortmund mencapai final Liga Champions untuk kali ketiga setelah mencapainya pada 1997 dan 2013. Terakhir kali bermain pada 2013 final juga dihelat di Wembley.

2. Mats Hummels menjadi pemain ketiga tertua yang mencetak gol di semifinal Liga Champions (35 tahun 143 hari), setelah Ryan Giggs pada 2010-2011 (37 tahun 148 hari) dan Edin Dzeko pada 2022-2023 (37 tahun 54 hari).

3. PSG telah kalah secara menyeluruh pada enam leg dari tiga pertandingan semifinal dua leg, juga terjadi saat melawan AC Milan (1994-1995) dan Manchester City (2020-2021).

4. Mats Hummels dan Marco Reus dua penyintas dalam skuad Dortmund dari final Liga Champions 2013.

View this post on Instagram

A post shared by Bolaskor.com (@bolaskorcom)

5. Kylian Mbappe punya empat atau lebih tendangan di fase gugur Liga Champions tanpa mencetak gol tiga kali: lawan RB Leipzig pada 2020 (empat tendangan), lawan Bayern Munchen pada 2023 (empat tendangan), dan Dortmund pada 2024 (lima tendangan).

6. Potensi seluruh laga final melibatkan tim Jerman jika Bayern Munchen lolos dari hadangan Real Madrid, sementara di Liga Europa Bayer Leverkusen lolos ke final.

Dortmund Borussia Dortmund Liga Champions PSG
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.328

Bagikan