Piala FA

Fakta dan Statistik Derby Manchester Terakhir di Final Piala FA: Pertama buat Ten Hag dan Rekor Gol Tercepat

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Senin, 22 April 2024
Fakta dan Statistik Derby Manchester Terakhir di Final Piala FA: Pertama buat Ten Hag dan Rekor Gol Tercepat

BolaSkor.com - Dua klub asal Kota Manchester akan beradu di laga puncak Piala FA yang dihelat 25 Mei 2024. Manchester United akan kembali menantang Manchester City di laga pemuncak.

Sepanjang sejarah, baru sekali terjadi derby Manchester di final Piala FA. Dan, itu terjadi musim lalu, 2023-23. Kala itu sisi biru Manchester yang keluar sebagai juara setelah menang 2-1.

Berikut fakta dan statistik dari final Piala FA antara Man City melawan Man Utd musim 2022-23.

Baca Juga:

Ten Hag Tidak Malu dengan Performa Manchester United di Semifinal Piala FA

Piala FA: Bermain seperti Tim Championship, Manchester United Beruntung Lolos ke Final

Man United 3-3 Coventry City (Penalti 4-2): Derby Manchester di Final Piala FA

- Ini merupakan ketujuh kalinya Manchester City menjuarai Piala FA. Ini merupakan kali kedua City mengawinkan trofi Piala FA dengan Premier League.

- Gol pembuka City yang dicetak Ilkay Gundogan merupakan yang tercepat sepanjang sejarah final Piala FA (12 detik). Dia memecahkan rekor yang sebelumnya dipegang Louis Saha pada final 2009, 25 detik.

- Dalam sejarah, Manchester United merupakan klub yang paling sering menderita kekalahan di final Piala FA (9). United menderita empat kekalahan dalam lima kali penampilan terakhir di final.

- Untuk pertama kalinya dalam sejarah, kedua kapten tim mencetak gol di laga final Piala FA. Ilkay Gundogan (Man City) mencetak gol pembuka City dan Bruno Fernandes (Man Utd) membuat gol penyama.

- Pada laga ini, Bruno Fernandes mencetak gol lewat titik putih. Ini merupakan gol penalti ke-25 yang dibuatnya di semua kompetisi pada saat itu. Fernendes menjadi pemain keempat yang mencetak gol dari titik penalti di final Piala FA (di luar adu penalti). Dia menyamai Arnold Muhren (1983), Eric Cantona (1994), dan Ruud van Nistelrooy (2004).

- Ilkay Gundogan menjadi kapten ketiga yang dua gol pada final Piala FA di abad ke-21. Dia menyamai Steven Gerrard (2006) dan Pierre-Emerick Aubameyang (2020). Gundogan menjadi pemain pertama sejak 1963 yang mencetak dua gol di final Piala FA dari luar kotak penalti.

- Pada laga ini Manchester United hanya mencatat tiga tembakan ke sasaran, dua di antaranya datang di pengujung laga, sedangkan satu lagi merupakan sepakan penalti Bruno Fernandes.

- Gelandang Manchester United Fred melakukan enam pelanggaran dalam laga ini. Dia menjadi pemain yang melakukan pelanggaran terbanyak di final Piala FA sejak 2006.

Trivia Sepak Bola Piala FA Manchester City Manchester United Breaking News
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.153

Bagikan