Liga Champions

Eks Premier League yang ke Wembley bersama Borussia Dortmund

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Kamis, 09 Mei 2024
Eks Premier League yang ke Wembley bersama Borussia Dortmund

BolaSkor.com - Sedikit yang mengira Borussia Dortmund akan mencapai final Liga Champions di awal musim, namun kenyataannya berbicara lain.

Di Bundesliga, Dortmund berjuang untuk bisa ke posisi saat ini di peringkat kelima. Dortmund kehilangan Jude Bellingham yang ke Real Madrid setelah gagal meraih gelar karena selisih gol musim lalu.

Meskipun performa domestik tidak memuaskan, Dortmund tetap tangguh di Eropa. Tim asuhan Edin Terzic hanya mengalami satu kekalahan di babak penyisihan grup meskipun berada satu grup dengan Paris Saint-Germain, AC Milan, dan Newcastle United.

Dortmund berhasil mencapai final di Stadion Wembley dengan bantuan beberapa pemain yang pernah bertugas di Premier League.

Baca Juga:

Jadon Sancho Bawa Dortmund ke Final Liga Champions, Manchester United Ikut Untung

Borussia Dortmund Terbang di Bawah Radar Menuju Wembley

Analisis: Pemain Anda Kurang Bagus? Kirim ke Borussia Dortmund


1. Ian Maatsen

Saat bergabung pada 2019 sebagai prospek muda yang menjanjikan, Ian Maatsen belum menunjukkan performa terbaiknya di Chelsea.

Pemain asal Belanda yang melakukan debut bersama tim utama The Blues pada 2019, namun kemudian menghabiskan waktunya sebagai pemain pinjaman di Charlton Athletic, Coventry City, dan Burnley.

Di Chelsea, dia sering dimainkan di luar posisi aslinya, seperti di lini tengah menyerang dan sayap, namun ia telah mengklaim posisi bek kiri di Dortmund sejak dipinjamkan pada Januari lalu.

Manajemen Dortmund optimistis bisa mendapatkan kesepakatan untuk menjadikan Maatsen permanen.


2. Marcel Sabitzer

Peminjaman Marcel Sabitzer ke Manchester United musim lalu seperti sekedipan mata. Di United pemain internasional Austria ini memberikan kontribusi, termasuk dua gol dalam pertandingan Liga Europa melawan Sevilla. Namun masanya di United berakhir sebelum waktunya karena cedera meniskus.

Sedangkan di Bayern Munchen, dia gagal bersaing di antara segudang bintang. Namun kualitas Sabitzer dalam penguasaan bola terlihat dalam kemenangan kedua Dortmund 1-0 atas PSG di semifinal.


3. Emre Can

Banyak hal yang diharapkan dari Emre Can ketika ia bergabung dengan Liverpool pada 2014. Dia ikut serta saat The Reds mencapai final Liga Champions pada 2018 tetapi memutuskan sudah waktunya untuk tantangan baru ketika Juventus datang memanggilnya.

Meski ia memenangkan Serie A setelah transfer bebas itu, Can dianggap sebagai surplus dan dipinjamkan ke Dortmund pada Januari 2020 dengan kewajiban untuk menjadikan kesepakatan itu permanen.

Can kemudian membantu Dortmund memenangkan DFB-Pokal dan menggantikan Marco Reus sebagai kapten tim utama.


4.Sebastien Haller

Banyak striker dengan transfer besar telah mencoba dan gagal mencapai prestasi di West Ham United. Sebastien Haller adalah salah satunya, mencetak sepuluh gol di Premier League dalam 48 penampilan.

Dortmund merekrutnya pada musim 2022, menandai periode keduanya di Bundesliga setelah menghabiskan waktu bersama Eintracht Frankfurt. Tetapi Haller didiagnosis menderita kanker testis dan tidak bermain lagi hingga Januari 2023.

Dia adalah pemain cadangan yang tidak dimainkan saat Dortmund mengalahkan PSG di Paris. Total Haller hanya bermain 51 menit dalam tiga penampilan Liga Champions musim ini, mencetak gol tandang ke gawang Atletico Madrid.

5. Jadon Sancho

Sancho meninggalkan Man Utd setelah berselisih dengan bos Setan Merah Erik ten Hag. Statistiknya sejak kembali ke Signal Iduna Park tidak terlalu mengejutkan, dengan tiga gol dan satu assist dalam 18 pertandingan, namun tentu saja lebih produktif daripada di Old Trafford.

Ada kemungkinan dia akan kembali ke United di musim panas, tapi pertama-tama Sancho akan berharap untuk memimpin Dortmund meraih salah satu kemenangan terhebat sepanjang masa di Liga Champions.

Borussia Dortmund Liga Champions Breaking News Trivia Sepak Bola
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.263

Bagikan