Liga Champions

Analisis: Pemain Anda Kurang Bagus? Kirim ke Borussia Dortmund

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Rabu, 08 Mei 2024
Analisis: Pemain Anda Kurang Bagus? Kirim ke Borussia Dortmund
Atmosfer Signal Iduna Park (Foto: X)

BolaSkor.com - Borussia Dortmund menjadi tim pertama yang memastikan ke final Liga Champions 2023/2024. Dortmund melaju ke final usai menyingkirkan tim kaya raya, Paris Saint-Germain (PSG) dengan agregat 2-0.

Menang 1-0 di kandang PSG, Dortmund Kembali meraih hasif positif di Parc des Princes, Rabu (8/5) dini hari WIB. Matt Hummels menjadi pahlawan dengan gol semata wayangnya pada menit ke-50.

Ini menjadi final pertama Dortmund setelah tahun 2013 lalu, Ketika kalah 1-2 dari Bayern Munchen di Stadion Wembley, yang Kembali menjadi venue final untuk tahun ini.

Final pertama Dortmund terjadi pada musim 1996/1997. Ketika itu, Die Borussen kalah 1-3 dari Juventus di laga puncak.

Baca Juga:

Fakta dan Statistik Menarik dari Keberhasilan Dortmund Tembus Final Liga Champions

Tembus Final Liga Champions, Dortmund Kembali ke Wembley setelah 11 Tahun Lamanya

PSG 0-1 Dortmund: Final Liga Champions Ketiga Die Borussen

Borussia Dortmund ke final Liga Champions 2023-2024 (Foto: X)

Keberhasilan Dortmund tak terlepas dari pemain yang menunjukkan peforma negatif di klub lamanya, lalu disulap menjadi Die Borussen. Mereka adalah Hummels, Sancho, dan Marcel Sabitzer.

Mereka ini seperti disetel Dortmund untuk kembali ke performa bagusnya. Jadon Sancho dan Sabitzer mengalami performa buruk di Manchester United.

Sabitzer dipinjam Man United dari Bayern Munchen pada Januari 2023. Ia tak mendapat kesempatan dengan hanya turun ia hanya turun di 11 laga Premier League, 3 laga Piala FA, dan 1 laga Piala Liga Inggris.

Kemudian, pemain asal Austria itu dikembalikan ke Bayern, sebelum dilepas ke Dortmund. Di Signal Iduna Park, Sabitzer menjelma menjadi gelandang yang tak kenal haus.

"Ketika Anda bisa membuktikan diri untuk memegang peran di klub seperti ini, kepercayaan diri Anda akan meningkat," sindir Sabitzer untuk Man United, dalam wawancara bersama MEN Sport.

Mats Hummels dan Jadon Sancho (Foto: X)

Hal lebih mengenaskan terjadi pada Jadon Sancho. Ia dibeli Man United dari Dortmund dengan mahar 85 juta euro (Rp1,448 triliun) pada musim 2021/2022.

Penampilannya di Old Trafford sangat jauh menurun dengan hanya 82 penampilan, 12 gol, dan 6 assist. Sancho pun dikembalikan ke Dortmund dengan status pinjaman.

Di klub lamanya tersebut, Sancho menemukan jati dirinya. Ia menjadi otak lini depan Dortmund, dan membawa klub masa kecilnya itu ke final Liga Champions.

Sancho pun direncanakan Erik ten Hag untuk kembali ke Manchester United. Namun, Dortmund juga berencana untuk mempermanenkan pemain timnas Inggris tersebut.

"Kami akan berusaha segalanya untuk mempertahankan Jadon Sancho di sini. Namun Manchester United juga melihat seberapa bagus dia bermain saat ini," kata Direktur Olahraga Borussia Dortmund Sebastian Kehl kepada Die Welt.

View this post on Instagram

A post shared by Bolaskor.com (@bolaskorcom)

Tak hanya itu, sebelumnya ada nama Matt Hummels. Pemain berusia 35 tahun itu pernah menjadi bagian Dortmund di final Liga Champions 2012/2023.

Selepas final tersebut, Hummels ditransfer kembali oleh Bayern Munchen. Sebetulnya, penampilannya di Bayern cukup bagus.

Namun, umurnya yang sudah tak muda lagi, Hummels kalah bersaing dengan para pemain lini belakang Bayern. Ia pun kembali ke Dortmund pada 2019.

Uniknya, Hummels di Bayern tak pernah mencicipi final Liga Champions. Justru di Dortmund dengan range waktu 11 tahun bisa merasakan dua kali final.

Selain nama-nama di atas, masih ada yang nasibnya serupa seperti Niklas Sule hingga Niclas Fullkrug. Jadi berminat kirim pemain Anda ke Dortmund?

View this post on Instagram

A post shared by Borussia Dortmund (@bvb09)

Borussia Dortmund Liga Champions Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

15.154

Bagikan