Efek Lionel Messi di Inter Miami Berdampak Positif untuk MLS

Arief HadiArief Hadi - Sabtu, 09 September 2023
Efek Lionel Messi di Inter Miami Berdampak Positif untuk MLS
Aksi Lionel Messi dengan Inter Miami (Twitter)

BolaSkor.com - Hadirnya megabintang asal Argentina, Lionel Messi, di Inter Miami memberikan efek besar untuk klub dan juga sepak bola di Amerika Serikat. Hal itu juga memberikan dampak positif untuk Major League Soccer (MLS).

Messi seyogyanya bukan satu-satunya pemain tenar yang datang dari Eropa dan berkarier di MLS pada penghujung kariernya. Nama lain sebelumnya ada Pele, Zlatan Ibrahimovic, David Beckham, Steven Gerrard, Wayne Rooney, dan Frank Lampard.

Akan tapi Messi adalah Messi dan ia tak sama dengan nama-nama tersebut. La Pulga datang setelah 'menaklukkan' Eropa dan dunia dengan kesuksesan besar memenangi trofi seperti Liga Champions, LaLiga, Ligue 1, dan Piala Dunia. Pun demikian pada rekor personal.

Kedatangan pemain berusia 36 tahun sudah langsung meningkatkan jumlah pengikut (follower) Inter Miami di media sosial, juga dengan penjualan merchandise, hingga klub berani menaikkan harga tiket pertandingan dan itu tetap tidak mengurangi animo fans demi dapat menyaksikan Messi beraksi.

Baca Juga:

Peluang Joao Felix Gabung Barcelona Belum Sepenuhnya Tertutup

Mulai Biasakan Melihat Lionel Messi Kelelahan

Lionel Messi Bahagia di Inter Miami, Barcelona Masih Berharap Balikan

Efek lainnya dari kehadiran Messi juga berdampak kepada MLS karena orang-orang sudah mulai penasaran menyaksikannya bermain, apalagi sepak bola bukan olahraga nomor satu di Amerika Serikat.

Dampak besar keberadaan peraih tujuh Ballon d'Or itu turut dirasakan oleh pemain timnas Amerika Serikat, Christian Pulisic. Ia melihat fans di Amerika menikmati permainan Messi dan itu berdampak positif untuk MLS.

"Ini benar-benar membantu. Maksud saya, tentu saja semua pertandingan yang dimainkan (Messi) di MLS dan turnamen ini menjadi pertandingan yang sangat besar. Sepertinya semua orang hadir di sana. Menyenangkan dan seru," papar Pulisic dikutip dari ESPN.

"Jelas ini merupakan hal positif bagi negara ini, jadi saya menikmati menonton dan mengikuti jejak Miami. Tentu saja, beberapa rekan tim Amerika kami ada di sana yang bermain sangat baik, jadi sangat menyenangkan melihat bagaimana Messi datang dan bermain. membantu meningkatkan level tim itu juga."

Messi juga menaikkan level permainan Inter besutan Gerardo Martino bersama dua mantan rekan setimnya di Barcelona, Jordi Alba dan Sergio Busquets. Sejauh ini ia sudah mencetak 11 gol dari 11 laga liga dan turnamen.

"Saya pikir segalanya akan lebih baik, ada lebih banyak ketenaran, media, sponsor. Messi bermain dan terbang kembali bermain untuk Argentina," tambah mantan kiper timnas Amerika Serikat, Brad Friedel.

"Tata Martino mengatakan dia bukan hanya seorang pemimpin, dia tidak hanya ingin menang, dia ingin bermain di setiap pertandingan dan setiap menit di setiap pertandingan."

"Dia memiliki rasa lapar dan keinginan untuk bermain, seiring bertambahnya usia akan sulit untuk mengatur menit bermainnya."

"Messi benar-benar luar biasa sejak dia bergabung dan setiap orang Amerika yang seumuran dengan saya, yang belum pernah bermain di liga profesional, akan sangat mengapresiasi apa yang dia bawa ke dalam sepak bola," urainya.

Inter Miami MLS Lionel Messi
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.374

Bagikan