Drama Seputar Ajax Amsterdam, Ricuh Fans hingga Pemecatan Direktur Olahraga

Arief HadiArief Hadi - Senin, 25 September 2023
Drama Seputar Ajax Amsterdam, Ricuh Fans hingga Pemecatan Direktur Olahraga
Kerusuhan di sekitar stadion Ajax Amsterdam (Twitter)

BolaSkor.com - Dekadensi besar yang terjadi dengan Ajax Amsterdam menjadi klimaks bagi fans pada pekan enam Eredivisie. Ajax tertinggal 0-3 ketika melawan Feyenoord, juara bertahan, dan pertandingan dihentikan.

Kala laga berlangsung di Johan Cruijff ArenA, Minggu (24/09) malam WIB, pertandingan dihentikan setelah 37 menit setelah ada dua flare yang dilemparkan ke tengah pertandingan. 10 menit setelah turun minum pertandingan pun dihentikan.

Itu memicu amarah fans Ajax hingga akhirnya kericuhan pun terjadi di Johan Cruijff ArenA. Suporter merusak stadion dan kerusuhan yang terjadi di sekitar stadion dihentikan pihak keamanan, kepolisian berkuda.

Baca Juga:

Pemain Manchester United Manusia, Bukan Robot

Hasil dan Klasemen Premier League: Tottenham Imbangi Arsenal, Chelsea Terbenam, Liverpool Melesat

Erik Ten Hag Bantah Manchester United Berada dalam Krisis

Flare di dalam stadion Ajax Amsterdam (Twitter)

"Manajemen dan dewan pengawas Ajax menjauhkan diri dari kesalahan yang berujung pada penangguhan pertandingan melawan Feyenoord dan gangguan setelahnya," demikian pernyataan resmi Ajax.

"Kekecewaan terhadap awal musim yang buruk dapat dimengerti namun tidak boleh menjadi penyebab perilaku tidak tertib. Kami meminta maaf kepada semua orang yang merasa tidak aman atau terkena dampak lainnya."

Kemarahan fans menjadi klimaks karena saat ini, dari empat laga Eredivisie, Ajax berada di urutan 14 klasemen dengan lima poin, terpaut dua poin dari Utrecht yang berada di zona degradasi.

Dekadensi performa mereka, dari tim yang memenangi tiga titel liga dalam kurun waktu lima tahun terakhir, juga menjadi penyebab kemarahan fans. Terlebih, Ajax dilatih oleh pelatih tak ternama, Maurice Steijn, yang sebelumnya membesut VVV-Venlo, Al Wahda, NAC Breda, dan Sparta Rotterdam.

Tak lama setelah kerusuhan itu Ajax juga mengambil keputusan memecat Direktur Olahraga, Sven Mislintat, yang seyogyanya juga baru bergabung dengan Ajax usai meninggalkan Arsenal.

“Beberapa upaya untuk memulihkan dukungan luas belum membuahkan hasil yang diinginkan. Hal ini menyebabkan keresahan di dalam dan sekitar klub, juga karena hasil yang mengecewakan," ucap Interim CEO Ajax, Jan van Halst, dikutip dari Mirror.

"Sven telah melakukan upaya luar biasa untuk Ajax dalam beberapa bulan terakhir, dan kami berterima kasih atas hal tersebut. Sekarang kepentingan terbaik Ajax adalah terus maju dengan kekuatan gabungan dan menemukan jalan kembali menuju kesuksesan olahraga."

Pada musim panas 2023, Ajax seyogyanya merekrut banyak pemain seperti Josip Sutalo, Georges Mikautadze, Carlos Forbs, Chuba Akpom, Gaston Avila, Borna Sosa. Namun, para rekrutan anyar tersebut belum berkontribusi besar sejauh ini di Ajax.

Ajax Ajax amsterdam Eredivisie
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.180

Bagikan