Dominik Szoboszlai dan 7 Rekrutan Termahal Sepanjang Masa Liverpool

Arief HadiArief Hadi - Rabu, 26 Juli 2023
Dominik Szoboszlai dan 7 Rekrutan Termahal Sepanjang Masa Liverpool
Dominik Szoboszlai (Laman Resmi Liverpool)

BolaSkor.com - Di bawah era kepemilikan Fenway Sports Group (FSG) Liverpool memiliki strategi transfer yang jelas. Istilah strategi yang diusung The Reds adalah moneyball yang telah terlebih dahulu digunakan di baseball Amerika Serikat.

Metode itu adalah mencari pemain dengan berdasarkan data komputer, analisis, sesuai kebutuhan klub. Akan tapi Liverpool melakukan improvisasi dengan juga merekrut pemain dengan profil besar, harga tinggi, namun dengan catatan melakukan penjualan pemain terlebih dahulu.

Itu terjadi setelah Liverpool menjual Philippe Coutinho ke Barcelona pada Januari 2018 sebesar 135 juta euro. Liverpool langsung menggunakan uang itu untuk merekrut dua pemain sekaligus pada harga yang tinggi.

Baca Juga:

Kepergian Henderson dan Fabinho Lapangkan Jalan Liverpool Rekrut Mbappe

Tidak Hanya Jordan Henderson, Liverpool Juga Bisa Kehilangan Fabinho ke Arab Saudi

Ditolak, Tawaran Liverpool untuk Romeo Lavia

Efisiensi Liverpool masih berlanjut di bursa transfer pemain dan dua pemain, sejauh ini, sudah direkrut Liverpool di musim panas 2023. Mereka adalah Alexis Mac Allister dan Dominik Szoboszlai dengan total dana mencapai 112 juta euro.

Liverpool menebus klausul pembelian kedua pemain tersebut. Szoboszlai bahkan langsung menembus lima besar pemain termahal dalam sejarah klub. Tak ayal dengan strategi transfer FSG di Liverpool, klub tetap memecahkan rekor untuk transfer termahal.

Termasuk Dominik Szoboszlai, berikut tujuh rekrutan termahal sepanjang masa Liverpool:

1. Darwin Nunez - 85 Juta Poundsterling

Pada Juni 2022 Liverpool menebus Darwin Nunez dari Benfica sebesar 85 juta poundsterling. Itu total dana yang dikeluarkan klub jika syarat terkait bonus dan terkait performa tercapai, tetapi jikalaupun tidak terjadi Liverpool tetap membayar 75 juta poundsterling.

Liverpool memenangi perburuan menghadapi Manchester United yang juga mengincar Nunez, tetapi selama semusim performanya banyak disorot. Diwarnai kartu merah kala ia emosional pada laga lawan Crystal Palace, Nunez juga kerapkali melewatkan peluang mencetak gol.

Nunez pada akhir musim 2022-2023 mencetak 15 gol dari 42 laga Liverpool di seluruh kompetisi. Perbandingannya dengan Erling Haaland tidak banyak membantu proses adaptasinya di Liverpool. Usianya baru berumur 24 tahun dan ia masih dapat bangkit.

2. Virgil van Dijk - 75 Juta Poundsterling

Sebelum Harry Maguire memecahkan rekor transfer bek termahal dunia sebesar 80 juta poundsterling, Virgil van Dijk terlebih dahulu mencatatkan namanya kala Liverpool merekrutnya dari Southampton pada Januari 2018.

Van Dijk terbukti jadi pembelian sukses Liverpool. Ia jadi pemimpin sekaligus memperkuat lini belakang Liverpool, berkontribusi memberikan titel Liga Champions, Piala FA, Piala Liga, hingga mengakhiri penantian 30 tahun titel liga.

3. Alisson Becker - 65 Juta Poundsterling

Van Dijk dan Alisson Becker adalah cara efisien Liverpool membelanjakan uang penjualan Coutinho. Keduanya memberi kontribusi signifikan di pertahanan Liverpool.

Alisson direkrut Liverpool pada 2018 dari AS Roma sebesar 65 juta poundsterling, semusim setelah Liverpool bermain di final Liga Champions dan Loris Karius melalui malam yang menjadi mimpi buruk saat melawan Real Madrid.

Alisson langsung menjadi perubahan signifikan dari Karius. Ia menghadirkan ketenangan di lini belakang, juga dengan kemampuannya dalam menjaga gawang.

4. Dominik Szoboszlai - 60 Juta Poundsterling

Jika Liverpool sampai harus menebus klausul pembelian untuk merekrut pemain maka itu sembarang pemain. Mereka melakukannya pada musim panas 2023 dengan merekrut Dominik Szoboszlai dari RB Leipzig sebesar 60 juta poundsterling.

Gelandang serang asal Hungaria berusia 22 tahun dan talentanya dipantau banyak klub Eropa. Liverpool butuh enerji tambahan di area tengah dari gelandang yang dapat mencetak gol, Szoboszlai berpotensi menghadirkan hal tersebut selain memberikan kreativitas permainan.

5. Naby Keita - 52 Juta Poundsterling

Pembelian flop (gagal) Liverpool. Naby Keita direkrut dari RB Leipzig pada musim panas 2018, setelah kedua klub setuju dengan kesepakatan tersebut setahun sebelumnya. Kini, Keita dilepas gratis dan bermain di Werder Bremen.

Selama lima tahun membela Liverpool, Keita diganggu dengan banyak cedera dan inkonsistensi performa hingga tidak pernah tampil optimal. Bahkan saat dimainkan Jurgen Klopp, Keita tidak bermain dengan baik.

6. Luis Diaz - 50 Juta Poundsterling

Pada Januari 2022, Liverpool mengeluarkan 50 juta poundsterling untuk memboyong Luis Diaz dari FC Porto. Pembelian itu tidak sia-sia sebab Diaz langsung memberikan kontribusi besar untuk Liverpool.

Dengan kelincahannya bergerak, kualitas mencetak gol dan teknik yang dimilikinya, Diaz merepotkan pertahanan lawan. Pada usia 26 tahun, Diaz masih diandalkan Liverpool dan dapat berkembang di bawah arahan Jurgen Klopp.

7. Diogo Jota - 45 Juta Poundsterling

Liverpool banyak berinvestasi pada posisi penyerang dan itu dapat dimaklumi, sebab pada taktik 4-3-3 Jurgen Klopp, posisi penyerang - khususnya sayap - sama pentingnya seperti lini tengah.

Pada 2020 Liverpool memboyong Diogo Jota dari Wolverhampton Wanderers sebesar 45 juta poundsterling. Jota pemain serba bisa yang dapat bergerak di sisi sayap dan juga sentral permainan.

Predator kotak penalti dan 'pressing monster'. Demikian yang diucapkan Pep Lijnders, asisten pelatih Liverpool, soal Jota yang mencetak 13 gol di musim pertama dan 21 gol di musim kedua.

Selain tujuh nama di atas, rekrutan termahal Liverpool lainnya adalah Cody Gakpo, Mohamed Salah, Fabinho, Ibrahima Konate, Alexis Mac Allister, Andy Carroll, Alex Oxlade-Chamberlain, dan Sadio Mane.

Liverpool Trivia Sepak Bola Dominik Szoboszlai Darwin Nunez Virgil van Dijk Alisson Becker
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.188

Bagikan