Dihukum UEFA, Posisi Juventus di Conference League Digantikan Fiorentina

Arief HadiArief Hadi - Sabtu, 29 Juli 2023
Dihukum UEFA, Posisi Juventus di Conference League Digantikan Fiorentina
Juventus (Twitter)

BolaSkor.com - Juventus akan melalui musim 2023-2024 tanpa kompetisi atau turnamen antarklub Eropa. Federasi Sepak Bola Eropa (UEFA) memberi sanksi berat kepada Il Bianconeri dan melarang mereka berpatisipasi di Eropa.

Hukuman itu diberikan menyusul pelanggaran regulasi Financial Fair Play (FFP). Juventus juga dikenai hukuman berupa denda sebesar 10 juta euro, yang berpotensi bertambah hingga 20 juta euro jika mereka tak bisa memenuhi persyaratan soal FFP.

"First Chamber CFCB menyimpulkan bahwa Juventus (Italia) melanggar kerangka peraturan UEFA dan melanggar perjanjian penyelesaian yang ditandatangani pada Agustus 2022," demikian pernyataan dari UEFA.

"Akibatnya, First Chamber CFCB mengakhiri perjanjian penyelesaian dengan klub dan memutuskan: untuk mengeluarkan Juventus dari kompetisi klub sepak bola pria UEFA 2023-2024."

Baca Juga:

Inter Kejar Yann Sommer, Juventus Terkena Efek Domino

30 Detik yang Menggambarkan Kemarahan Inter kepada Lukaku

Inter dan Chelsea Sepakat, Romelu Lukaku Justru Negosiasi dengan Juventus

"Dan memaksakan kontribusi finansial tambahan sebesar 20 juta euro pada klub. Dari jumlah ini, 10 juta euro bersyarat dan hanya akan diberlakukan jika laporan keuangan tahunan klub untuk tahun keuangan 2023, 2024 dan 2025 tidak memenuhi persyaratan akuntansi sebagaimana didefinisikan dalam Lampiran G Peraturan Perizinan Klub dan Keberlanjutan Keuangan UEFA."

Juventus pun menerima hukuman tersebut dan tidak melakukan banding.

"Juventus Football Club S.p.A. menginformasikan bahwa hari ini UEFA Club Financial Control Body telah mengambil keputusan untuk secara definitif menutup proses yang dimulai pada 1 Desember 2022, yang ditujukan untuk memverifikasi rasa hormat terhadap kerangka peraturan UEFA," demikian respons dari Juventus.

"Juventus, sambil terus menganggap pelanggaran yang dituduhkan tidak penting dan tindakannya benar, telah menyatakan menerima keputusan tersebut dengan mengesampingkan banding, secara tegas mengecualikan, dengan pengakuan UEFA CFCB, bahwa ini mungkin merupakan pengakuan atas tanggung jawab apapun terhadap dirinya sendiri.

Alhasil, posisi Juventus besutan Massimiliano Allegri di UEFA Conference League digantikan oleh tim peringkat delapan Serie A musim lalu, Fiorentina. Uniknya, La Viola merupakan finalis Conference League musim lalu sebelum kalah saat melawan West Ham United.

Juventus Conference League UEFA Serie a Fiorentina
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.181

Bagikan