Dendam, Ronald Koeman Tak Bawa Ryan Gravenberch ke Timnas Belanda

Arief HadiArief Hadi - Rabu, 11 Oktober 2023
Dendam, Ronald Koeman Tak Bawa Ryan Gravenberch ke Timnas Belanda
Ryan Gravenberch (Twitter)

BolaSkor.com - Badai cedera tengah terjadi pada skuad timnas Belanda jelang Kualifikasi Piala Eropa 2024. Belanda besutan Ronald Koeman akan menjamu Prancis (14/10) dan bermain tandang kontra Yunani (17/10).

Belanda tak menyertakan Sven Botman, Memphis Depay, Cody Gakpo, Frenkie de Jong, Matthijs de Ligt, Mark Flekken, dan Noa Lang karena cedera. Apalagi Steven Berghuis dan Teun Koopmeiners juga cedera.

Meski begitu, Koeman tetap bersikukuh tak memanggil Gravenberch yang memiliki 11 caps dengan timnas Belanda. Ia masih kecewa dengan Gravenberch yang menolak gabung timnas pada September lalu, dengan alasan ingin beradaptasi dengan Liverpool.

"Kami mempunyai pendapat tertentu mengenai pembatalan untuk junior Belanda atau tim nasional Belanda. Saya masih berpikir dia (Gravenberch) adalah talenta hebat dan saya berharap dia akan banyak bermain di Liverpool dan melanjutkan perkembangannya. Maka dia pasti akan menjadi pemain yang bagus untuk Belanda," papar Koeman dikutip dari Mirror.

Baca Juga:

Liverpool Dirugikan VAR, Premier League Harap-harap Cemas

Liverpool Digembosi Wasit, Legenda Manchester United Sudah Curiga Sejak Awal

Kabar Terkini Skuad Liverpool: Thiago Masih Cedera, Kondisi Cody Gakpo Membaik

Koeman pun fokus menyiapkan timnya untuk melawan Prancis dan Belanda. Ia mengakui belum pernah melalui pengalaman kala skuadnya banyak dirundung badai cedera pemain.

"Kami hanya memiliki 23 pemain. Dalam periode cedera seperti ini Anda sangat bergantung, semua orang harus menghadapinya. Namun dalam kasus ini sangat ekstrem. Saya belum pernah mengalami hal itu sebelumnya," imbuh Koeman.

"Pertandingan melawan Yunani sangat krusial. Semua yang Anda lakukan melawan Prancis adalah bonus, namun pertandingan terpenting bagi kami adalah Yunani. Ada sepak bola internasional. Ketika saya melihat bagaimana para pemain itu masuk dan berinteraksi satu sama lain. Anda tidak seharusnya ambil itu."

"Tetapi Anda bisa memikirkan apakah Anda harus mengundang begitu banyak negara untuk kualifikasi. Kami dulu hanya memainkan satu pertandingan internasional dan kemudian Anda kembali ke klub. Sekarang ada dua dan terkadang bahkan tiga. Klub tidak tertarik dengan hal itu."

"Tekanannya semakin besar. Sekarang semua klub menanyakan tanggal semua pemainnya, apa yang mereka lakukan selama latihan. Bahkan para pemain mendapat program dari klub saat mereka di sini. Para pemain sepak bola kurang istirahat. Cedera otot semuanya terkait dengan kelebihan beban," paparnya.

Kendati Gravenberch tak memperkuat Belanda saat ini, Koeman masih membuka peluang comeback eks pemain Ajax Amsterdam tersebut, mencontohkan kasus Jeremie Frimpong yang sempat menolak dipanggil Belanda U-21 sebelumnya.

"Saya pasti akan berbicara dengannya mengenai situasinya. Tapi saya melakukan itu dengan setiap pemain baru. Kami sekarang akan berkembang. Nigel de Jong sudah berbicara panjang lebar dengan Jeremie Frimpong hari ini tentang beberapa bulan terakhir dan mengapa dia tidak ada di sana," pungkas Koeman.

Ryan Gravenberch Liverpool Timnas Belanda Ronald Koeman Piala Eropa 2024 Kualifikasi Piala Eropa 2024
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.181

Bagikan