Declan Rice dan 5 Pemain Inggris Termahal Sepanjang Masa

Arief HadiArief Hadi - Jumat, 07 Juli 2023
Declan Rice dan 5 Pemain Inggris Termahal Sepanjang Masa
Declan Rice (Twitter)

BolaSkor.com - Bursa transfer musim panas 2023 dimanfaatkan dengan baik oleh Arsenal untuk merekrut pemain, terutamanya setelah musim lalu bertarung melawan Manchester City dalam perebutan titel Premier League.

Rekrutan The Gunners pun tidak main-main. Pemain yang mereka datangkan punya profil besar di Eropa, seperti Kai Havertz (70 juta euro) dari Chelsea yang disusul kedatangan gelandang asal Inggris, Declan Rice.

Arsenal mengalahkan Man City yang mundur dari perburuan Rice dan mengamankan servisnya dari West Ham United. Rice diboyong dengan dana total 122 juta euro, menempatkannya sebagai satu dari lima besar transfer termahal sepanjang masa Inggris.

Baca Juga:

Statistik yang Membuktikan Declan Rice Layak Dibanderol 100 Juta Poundsterling

3 Klub Premier League yang Berpeluang Mendapatkan Servis Moises Caicedo

7 Hal yang Tidak Banyak Diketahui Mengenai Kai Havertz

Selain Declan Rice yang ada di urutan tiga, berikut lima rekrutan termahal sepanjang masa Inggris lainnya:

1. Jude Bellingham (134 Juta Euro)

Real Madrid berinvestasi untuk masa depan dan melanjutkan proyek regenerasi skuad pada musim panas 2023. Dana total 134 juta euro dikeluarkan El Real untuk memboyong pemain berusia 20 tahun, Jude Bellingham dari Borussia Dortmund.

Pada usia tersebut Bellingham sudah punya pengalaman main di timnas serta klub di level top Eropa. Bellingham juga dapat belajar banyak dari Luka Modric dan Toni Kroos sebelum perlahan meneruskan 'tongkat estafet' di lini tengah Madrid.

2. Jack Grealish (118 Juta Euro)

Banyak yang menyeritkan dahi ketika Manchester City merekrut Jack Grealish dari Aston Villa pada 2021, sebab ia diboyong sebesar 118 juta euro. Waktu pun menjawab apabila banderol itu tepat adanya.

Pada musim pertamanya Grealish membantu Man City juara Premier League dan ia belum sepenuhnya memperlihatkan kemampuan terbaik. Baru pada musim 2022-2023, Grealish menjadi salah satu pemain kunci bagi The Citizens.

Pemain berusia 27 tahun masuk sejarah dalam skuad Man City yang memenangi treble winners. Grealish bekerja keras pada formasi 3-2-4-1 Pep Guardiola di sisi sayap, membantu tim dalam fase bertahan dan juga mengancam pertahanan lawan ketika bermain ofensif.

3. Harry Maguire (87 Juta Euro)

Manchester United merogoh kocek dalam ketika memboyong Harry Maguire pada 2019 dari Leicester City. Uang sebesar 87 juta euro dikeluarkan Red Devils untuk membeli pemain yang berposisi sebagai bek tengah.

Seiring berjalannya waktu, Maguire menjadi kapten Man United dan menjadi pemain reguler di jantung pertahanan, khususnya ketika tim dilatih Ole Gunnar Solskjaer dan Ralf Rangnick.

Akan tapi sejak kedatangan Erik ten Hag sebagai pelatih, jam bermain Maguire berkurang terutamanya karena ada Lisandro Martinez, Raphael Varane, dan Victor Lindelof di jantung pertahanan.

Selain itu, Maguire juga dicadangkan karena performanya yang tak kunjung membaik dan gaya main yang tak sesuai filosofi sepak bola yang diterapkan Ten Hag. Maguire bahkan kerap melakukan blunder dan namanya tenar di media sosial karena kesalahan-kesalahan tersebut.

4. Jadon Sancho (85 Juta Euro)

Dua tahun lalu, Man United kembali memecahkan rekor transfer pemain Inggris saat merekrut Jadon Sancho dari Dortmund sebesar 85 juta euro. Dalam kurun waktu tersebut performa Sancho belum sesuai ekspektasi.

Ketika di musim perdananya membela Man United publik memaklumi dengan 'alasan' proses adaptasi, tetapi tidak di musim kedua, ia bahkan sempat diminta Ten Hag ke Belanda untuk memulihkan mental dan fisiknya.

Sekembalinya dari Belanda, penampilan Sancho membaik tetapi ia belum tampil seperti saat membela Dortmund. Meski namanya banyak digosipkan hengkang pada 2023, pada usia 23 tahun Sancho masih dapat menemukan kembali performa terbaiknya.

5. Raheem Sterling (64 Juta Euro)

Saat ini membela Chelsea, namun pada 2015 Man City membeli Raheem Sterling dari Liverpool sebesar 64 juta euro (rekor transfer kala itu). Tujuh tahun bersama Man City, Sterling meraih empat titel Premier League, satu Piala FA, dan lima Piala Liga.

Pada 2022 Sterling memutuskan pindah ke Chelsea dan ironisnya, menjalani musim terburuk klub yang finish di urutan 12 Premier League, serta melalui peralihan pemilik klub dari Roman Abramovich ke Todd Boehly.

Akan tapi masih ada kans bagi Sterling (28 tahun) untuk bangkit, khususnya karena Chelsea menatap positif era baru bersama Mauricio Pochettino.

Selain kelima nama dan juga Declan Rice, lima nama lainnya yang berada di 10 besar daftar pemain termahal sepanjang masa Inggris adalah: Ben White (58,50 juta euro), Sterling (dibeli Chelsea 56,20 juta euro), John Stones (55,60 juta euro), Aaron Wan-Bissaka (55 juta euro), dan Kyle Walker (52,70 juta euro).

Trivia Sepak Bola Inggris Premier League Declan Rice Sosok Jude Bellingham Jadon Sancho Harry Maguire Jack Grealish
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.161

Bagikan