Daftar Lengkap Pemenang Kategori di Acara Ballon d'Or 2023

Arief HadiArief Hadi - Selasa, 31 Oktober 2023
Daftar Lengkap Pemenang Kategori di Acara Ballon d'Or 2023
Aitana Bonmati dan Lionel Messi (Twitter)

BolaSkor.com - Acara Ballon d'Or 2023 telah berlangsung di Theatre du Chatelet, Paris, Prancis, pada Selasa (31/10) dini hari WIB. Salah satu hasil yang dinanti adalah pemenang Ballon d'Or 2023 kategori putra.

Seperti yang sudah diprediksi sebelumnya, khususnya dengan kabar bocornya pemenang Ballon d'Or 2023, pemenangnya adalah megabintang asal Argentina, Lionel Messi.

Pemain Inter Miami berusia 36 tahun memenangi Ballon d'Or kedelapan sekaligus menetapkan standar tinggi yang sulit dilalui pemain lainnya. Sebelumnya, Messi memenangi Ballon d'Or pada 2009, 2010, 2011, 2012, 2015, 2019, dan 2021.

Baca Juga:

Januari 2024, Lionel Messi Bisa Balik ke Barcelona

Cara Cerdik Barcelona Dapatkan Joao Felix Secara Permanen

Di Depan Masyarakat Prancis, Lionel Messi Menangi Ballon d'Or 2023

"Saya tidak bisa membayangkan memiliki karier seperti yang saya jalani. Segala sesuatu yang telah saya raih," kata Messi usai menerima penghargaannya.

"Keberuntungan yang saya alami bermain untuk tim terbaik di dunia, tim terbaik dalam sejarah. Senang rasanya memenangkan trofi individu ini."

"Memenangkan Copa America dan kemudian Piala Dunia, menyelesaikannya adalah hal yang luar biasa. Semuanya (penghargaan Ballon d’Or) spesial karena alasan yang berbeda," terangnya.

Messi mengalahkan dua rival terdekatnya, Kylian Mbappe dan Erling Haaland, kala memenangi Ballon d'Or 2023. Haaland sebelumnya jadi kandidat kuat pemenang usai mencetak 52 gol untuk Manchester City musim lalu, plus membantu klub memenangi treble winner.

Selain kategori putra, Ballon d'Or 2023 juga diberikan pada kategori putri yang dimenangi oleh gelandang timnas Spanyol dan Barcelona, Aitana Bonmati. Ia mengukir rekor membawa Barcelona juara Liga Champions, Liga F, dan juara Piala Dunia.

"Kami adalah negara yang sangat hidup dengan sepak bola. Kami memiliki bakat unik di Spanyol," kata Bonmati.

Bonmati menempati urutan pertama di atas Sam Kerr, Salma Paralluelo, Fridolina Rolfo, dan Mary Earps.

Selain dua kategori Ballon d'Or 2023 putra dan putri, yang dimenangi Messi dan Bonmati, berikut daftar lengkap pemenang kategori lainnya di acara Ballon d'Or 2023.

Gerd Muller Trophy (Penyerang Terbaik): Erling Haaland (Manchester City).
Kopa Trophy (Pemain Muda Terbaik): Jude Bellingham (Real Madrid).
Yashin Trophy (Kiper Terbaik): Emiliano Martinez (Aston Villa).
Socrates Award (Pengakuan Kerja Kemanusiaan dari Pemain): Vinicius Junior (Real Madrid).
Klub Terbaik Putra: Manchester City

Ballon d'Or Lionel Messi Emiliano Martinez Jude Bellingham Erling Haaland
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.188

Bagikan