Di Depan Masyarakat Prancis, Lionel Messi Menangi Ballon d'Or 2023

Arief HadiArief Hadi - Selasa, 31 Oktober 2023
Di Depan Masyarakat Prancis, Lionel Messi Menangi Ballon d'Or 2023
Lionel Messi menangi Ballon d'Or 2023 (Twitter)

BolaSkor.com - Seremoni penghargaan Ballon d'Or 2023 berlangsung di Theatre du Chatelet, Paris, Prancis, pada Selasa (31/10) dini hari WIB. Pada tempat bersejarah yang juga menjadi rumah opera tersebut, Lionel Messi memenangi Ballon d'Or 2023.

Lionel Messi, 36 tahun, memenangi Ballon d'Or kedelapan dan mengalahkan dua rival terdekat, Erling Haaland dan Kylian Mbappe. La Pulga memiliki 16 suara dan itu jadi penghargaan kedelapan yang diterimanya setelah 2009, 2010, 2011, 2012, 2015, 2019, dan 2021.

Dengan tujuh penghargaan sebelumnya, legenda Barcelona tersebut sudah mengukir rekor yang sulit dilampaui pemain-pemain lainnya. Bahkan rivalnya di masa lalu, Cristiano Ronaldo, tak lagi memenanginya setelah mendapatkan Ballon d'Or kelima.

Messi, yang saat ini bermain dengan Inter Miami, memenangi penghargaan Ballon d'Or 2023 setelah membawa timnas Argentina juara Piala Dunia 2022, mengalahkan Prancis di final. Trofi itu mengakhiri penantian titel Piala Dunia bersama timnas usai menjadi juara Copa America.

Baca Juga:

Januari 2024, Lionel Messi Bisa Balik ke Barcelona

Cara Cerdik Barcelona Dapatkan Joao Felix Secara Permanen

Pelatih Inter Miami Respons Kabar Lionel Messi Dipinjamkan ke Barcelona

Titel Piala Dunia 2022 itu menyempurnakan karier panjang Messi yang diwarnai kesuksesan besar dengan Barcelona dan Paris Saint-Germain (PSG), baik itu kesuksesan memenangi trofi atau penghargaan personal serta rekor-rekor yang dipecahkannya.

Dengan itu juga, Messi jadi pemenang Ballon d'Or pertama sebagai pemain yang membela klub non Eropa. Tak lupa Messi mendedikasikan Ballon d'Or itu kepada pendahulu sekaligus legenda Argentina, Diego Armando Maradona.

"Di manapun Anda berada, ini juga untuk Anda. Selamat ulang tahun, Diego," ucap Messi.

"Saya tidak pernah membayangkan saya memiliki karier ini, saya bersyukur dengan segalanya dan saya pikir ini sangat sulit. Saya bangga tidak berhenti mencoba. Piala Dunia adalah satu-satunya yang tersisa."

Messi juga berbicara mengenai waktunya untuk gantung sepatu alias pensiun. Ia tidak terlalu memikirkannya saat ini, sebab ia masih mencintai sepak bola.

"Pensiun? Saya tidak benar-benar tahu. Saya telah banyak membicarakannya belakangan, tapi saya ingin terus bermain dan bersenang-senang," tambah Messi.

"Saya tak bisa memberikan tanggal tepatnya dan sepak bola berubah setiap harinya. Seperti yang telah saya katakan, saya cinta sepak bola dan saya ingin terus melanjutkannya," urainya.

Lionel Messi Ballon d'Or
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.188

Bagikan