Chelsea Bisa Hasilkan 300 Juta Poundsterling dari Penjualan 10 Pemain

Arief HadiArief Hadi - Kamis, 14 Maret 2024
Chelsea Bisa Hasilkan 300 Juta Poundsterling dari Penjualan 10 Pemain
Chelsea (Twitter)

BolaSkor.com - Cuci gudang pemain Chelsea terjadi besar-besaran pada musim panas 2023 dan hal tersebut berpotensi terjadi kembali pada musim panas 2024. The Blues merugi hingga 90,1 juta poundsterling pada satu tahun terakhir di era Todd Boehly.

Kerugian tersebut tak menjadi kabar bagus di kala Chelsea sudah menghabiskan satu miliar poundsterling dalam kurun waktu tiga bursa transfer pemain, di bawah arahan Todd Boehly.

Permasalahan lainnya adalah performa naik turun Chelsea di musim 2023-2024. Chelsea berada di papan tengah klasemen hingga pekan 28 Premier League dan kans mereka bermain di Eropa musim depan tidak banyak.

Baca Juga:

Ingin Segera Melatih Kembali, Jose Mourinho Comeback ke Chelsea?

Chelsea Bisa Ganti Ketua Klub Tiap Lima Tahun

Tak Mau Resign, Mauricio Pochettino Juga Menilai Kritik kepada Chelsea Tidak Adil

Chelsea dapat bermain di Eropa melalui jalur liga atau coba memenangi Piala FA, yang tidak mudah karena tim lain juga membidiknya. Cara lainnya untuk menghindari potensi pelanggaran Financial Fair Play (FFP) adalah menjual pemain.

Dikutip dari Pusat Penelitian Sepak Bola (CIES), Chelsea bisa menghasilkan 300 juta poundsterling dari penjualan 10 pemain pada musim panas 2024. Siapa saja pemain tersebut?

1. Conor Gallagher - 50 Juta Poundsterling

Pemain kesayangan fans dan juga mewakili identitas klub karena ia produk akademi. Mauricio Pochettino ingin Conor Gallagher bertahan, terlebih musim ini jadi pemain andalan dan sudah memainkan 37 laga di seluruh kompetisi (mencetak empat gol dan memberikan tujuh assists).

Kendati demikian, Chelsea juga sadar pemain berusia 24 tahun bernilai tinggi jika dijual dan banyak klub yang berminat kepadanya.

2. Raheem Sterling - 50 Juta Poundsterling

Kendati baru dua tahun membela Chelsea, Raheem Sterling punya nilai jual besar pada usia 29 tahun. Mengingat ia penerima gaji tertinggi di Chelsea, potensi klub menjualnya juga besar untuk mendapatkan pemasukan besar.

Kontrak Sterling tersisa tiga tahun lagi dengan Chelsea. Pengalaman dan kualitasnya masih menjadikan pemain timnas Inggris sebagai komoditas panas.

3. Romelu Lukaku - 37 Juta Poundsterling

Chelsea sudah memasukkannya ke daftar jual setelah jadi pembelian gagal saat klub merekrutnya kembali tiga tahun lalu, dari Inter Milan. Lukaku, 30 tahun, kini dipinjamkan ke Roma dan ketajamannya kembali dengan 18 gol dari 36 laga di seluruh kompetisi.

Chelsea siap melepasnya pada angka 37 juta poundsterling, yang notabene nilai dari klausul penjualannya.

4. Kepa Arrizabalaga - 35 Juta Poundsterling

Lima tahun setelah menjadi kiper termahal dunia kala pindah ke Chelsea dari Athletic Bilbao sebesar 72 juta poundsterling, Kepa Arrizabalaga kini malah jadi pemain cadangan di Real Madrid yang meminjamnya.

Andriy Lunin dipercaya bermain ketimbang Arrizabalaga yang direkrut untuk menggantikan Thibaut Courtois, yang cedera. Kiper berumur 29 tahun dapat dijual sebesar 35 juta poundsterling.

5. Ian Maatsen - 35 Juta Poundsterling

Pada Januari lalu, Dailymail melaporkan apabila Chelsea menyematkan klausul pembelian 35 juta poundsterling untuk Ian Maatsen, yang kini dipinjamkan ke Borussia Dortmund.

Maatsen dikontrak Chelsea hingga 2026 tetapi ia juga dapat dijual klub, sebab pemain pada posisi bek kiri itu bermain reguler di Dortmund dan baru berumur 22 tahun.

6. Lewis Hall - 28 Juta Poundsterling

Seperti halnya dalam kasus Maatsen dan Gallagher, menjual Lewis Hall juga dapat menambah pemasukan bagi Chelsea, terlebih karena klub tak mengeluarkan uang kala merekrutnya sebab ia produk akademi.

Pemain berusia 18 tahun saat ini dipinjamkan ke Newcastle United. Disinyalir kedua klub sepakat pada banderol 28 juta poundsterling untuk mempermanenkan kontraknya.

7. Armando Broja - 13 Juta Poundsterling

Saat ini dipinjamkan ke Fulham dan Armando Broja menuju pintu keluar Chelsea. Ia hanya bermain dengan total 50 menit pada lima laga Premier League dengan Fulham.

Banderol 50 juta poundsterling terlalu mahal untuk pemain berusia 22 tahun, namun pada angka 13 juta poundsterling, Broja memiliki peminat.

8. Trevoh Chalobah - 13 Juta Poundsterling

Sudah masuk daftar jual pemain sejak musim panas 2023. Tinggal masalah waktu sebelum Chalobah meninggalkan Chelsea pada bursa transfer musim panas 2024. Terlebih ia jarang dimainkan Mauricio Pochettino musim ini.

9. Marc Cucurella - 13 Juta Poundsterling

Bertahan karena Ben Chilwell cedera di awal musim. Namanya tetap masuk daftar jual seperti Maatsen dan Hall. Pasalnya, Chelsea punya Chilwell dan juga Levi Colwill yang dapat bermain sebagai bek kiri.

Direkrut dari Brighton & Hove Albion dua tahun silam sebesar 62 juta poundsterling, Chelsea siap merugi dan melepasnya pada angka 13 juta poundsterling.

10. Hakim Ziyech - 10 Juta Poundsterling

Seperti halnya Lukaku, Hakim Ziyech sudah tidak masuk proyeksi Chelsea dan saat ini dipinjamkan ke Galatasaray. Chelsea juga siap merugi melepasnya murah pasca merekrutnya sebesar 34 juta poundsterling dua tahun lalu.

Trivia Sepak Bola Chelsea Raheem Sterling Conor Gallagher
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.178

Bagikan