Premier League

Chelsea Bisa Ganti Ketua Klub Tiap Lima Tahun

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Jumat, 08 Maret 2024
Chelsea Bisa Ganti Ketua Klub Tiap Lima Tahun
Stadion Stamford Bridge (twitter)


BolaSkor.com - Pemilik Chelsea dapat menyerahkan kepemimpinan klub di antara mereka setiap lima tahun sebagai bagian dari perjanjian tertulis yang luar biasa.

Seperti dilansir Telegraph Sport, terungkap beberapa detail yang sebelumnya tidak diketahui tentang kepemilikan Todd Boehly-Clearlake Capital di Chelsea, termasuk opsi pembagian kepemimpinan klub di antara mereka.

Boehly telah menjadi ketua sejak pemilik saat ini membeli klub tersebut pada 2022, yang berarti Clearlake Capital, yang dimiliki oleh Behdad Eghbali dan Jose Feliciano, akan memiliki kesempatan untuk mencalonkan perwakilan mereka sendiri pada 2027.

Baca Juga:

Perusahaan Induk Alami Kerugian Besar, Chelsea Terancam Sanksi Berat

Kontribusi Gallagher Sudah Melebihi Dua Pemain Termahal Chelsea, Fernandez dan Caicedo

Di Hari Ulang Tahunnya, Mauricio Pochettino Tidak Merasakan Cinta dari Fans Chelsea

Todd Boehly dan Behdad Eghbali (twitter)

Perjanjian tersebut merupakan sebuah pilihan, bukan kewajiban, dan Boehly dapat tetap menjabat sebagai ketua selama lima tahun lagi jika Clearlake menolak kesempatan untuk mengambil alih. Jika Clearlake mengambil alih kepemimpinan, maka Boehly akan dapat merebut kembali jabatan tersebut pada 2032.

Boehly dan Clearlake menyetujui opsi untuk menyerahkan jabatan ketua setiap lima tahun sebagai bagian dari kepemilikan bersama mereka atas Chelsea.

Sementara itu sumber luar mengklaim bahwa pengaruh Eghbali di dalam klub telah meningkat secara dramatis selama sekitar 12 bulan terakhir. Eghbali dan Feliciano sejauh ini lebih suka bekerja di belakang layar.

Chelsea belum pernah secara resmi mengonfirmasi pembagian saham klub tersebut sejak pengambilalihan tersebut, namun Telegraph Sport telah memperoleh rincian bagaimana uang dan kekuasaan tersebut dibagi.

Clearlake Capital, dana ekuitas swasta yang dikelola oleh Eghbali dan Feliciano, memiliki 61,5 persen saham dan hak suara di perusahaan yang berbasis di Inggris di belakang Chelsea, 22 Holdco.

Sisanya yang sebesar 38,5 persen dibagi rata antara Boehly, Hansjorg Wyss, dan Mark Walter, yang berarti masing-masing pemilik saham hanya di bawah 13 persen. Boehly, bersama Eghbali dan Feliciano, tercatat sebagai orang yang memiliki kendali signifikan.

Meskipun kepemilikan saham Boehly sepenuhnya didanai secara pribadi, Eghbali dan Feliciano memiliki kepemilikan pribadi yang lebih kecil dalam dana Clearlake.

Premier League Chelsea Todd Boehly Breaking News
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.171

Bagikan