Cerita Sarung Tangan dari Depok dalam Perjalanan Karier Kiper Incaran Manchester United, Andre Onana

Arief HadiArief Hadi - Rabu, 12 Juli 2023
Cerita Sarung Tangan dari Depok dalam Perjalanan Karier Kiper Incaran Manchester United, Andre Onana
Andre Onana (Twitter)

BolaSkor.com - Saga transfer Andre Onana menemui titik cerah pada bursa transfer musim panas 2023. Penjaga gawang asal Kamerun sudah dikaitkan dengan Manchester United belakangan ini dan saat ini berstatus pemain Inter Milan.

Negosiasi terjadi cukup ketat karena Inter membanderolnya 60 juta euro, setelah merekrutnya gratis pada 2022 pasca kontraknya habis dengan Ajax Amsterdam, sementara Man United mengajukan total 50 juta euro.

Akan tapi pakar transfer, Fabrizio Romano, meyakini dengan 55 juta euro Inter akan melepas Onana, terutamanya karena sang pemain sudah ingin bereuni dengan Erik ten Hag di Man United. Ditambah fakta Man United tak lagi memiliki David De Gea - kontraknya habis.

Baca Juga:

Demi Kebangkitan Karier, Donny van de Beek Harus Tinggalkan Manchester United

Pisau Bermata Dua untuk Manchester United jika Boyong Andre Onana

Andre Onana Condong ke Manchester United, Inter Akan Datangkan Tiga Kiper Sekaligus

"Update dari kesepakatan Andre Onana - Rabu dan Kami akan tetap jadi hari-hari krusial untuk langkah terakhir negosiasi," ucap Romano.

"Manchester United akan memberikan penawaran final terakhir untuk menyepakati dengan Inter, serta mengunci kesepakatan dengan diskusi pada struktur bonus. Hari-hari kunci akhirnya datang."

Cerita Menarik Mengenai Andre Onana

Karier Andre Onana berjalan signifikan seiring perkembangan performanya. Berawal dari akademi legenda sepak bola Barcelona asal Kamerun, Samuel Eto'o, Onana masuk ke La Masia Barcelona pada medio 2010-2015.

Ia tidak masuk ke tim utama Barcelona namun itu membuka jalannya di klub lain, bersama Ajax dan Onana berkembang pesat di sana sampai ada masalah yang membuatnya pergi pada 2022. Inter pun menampung Onana.

Hanya dalam waktu semusim Onana langsung jadi kiper utama Inter, menggeser Samir Handanovic, dan membawa klub juara Piala Super Italia, Coppa Italia hingga ke final Liga Champions.

Pada final melawan Manchester City, meski Inter kalah 0-1, penampilan Onana menuai pujian. Ia punya segala hal yang dibutuhkan kiper modern: dapat membangun serangan dari belakang, tenang, dan juga dapat diandalkan dalam menjaga gawang.

Tipe seperti itu dibutuhkan Ten Hag karena De Gea tak memilikinya. Man United pun serius mengincarnya, mencoba menjadikannya rekrutan kedua setelah Mason Mount.

Perjalanan karier Onana menarik untuk disimak, terutamanya dengan fakta unik di awal kariernya yang mendapatkan bantuan dari sang kakak bernama Nnana Onana.

Bagi pecinta sepak bola Indonesia namanya tidak akan asing lagi, sebab Nnana pernah jadi pemain Persikad Depok pada medio 2000-an. Nnana punya andil besar dalam memulai karier Andre dan ini menjadi awal mula cerita 'sarung tangan dari Depok'.

Nnana Onana di Persikad Depok (Twitter)

"Sebenarnya, saya tertarik jadi pemain sepak bola karena kakak saya (Nnana Onana)," tutur Andre Onana di The Player's Tribune.

"Dia kemudian mendapat tawaran dari Jakarta, Indonesia dan dia bermain di sana."

"Lalu saya berpikir jika dia bisa senang maka bisa ke tempat lain. Kemudian saya mulai mengejar mimpi saya (sebagai pesepak bola profesional)," ceritanya.

Nnana selalu mengingat adiknya saat masih berkarier di Depok. Dari gaji yang diterimanya, Nnana membelikan sarung tangan, sepatu, hingga baju dari Depok dan ketika pulang ke Kamerun memberikannya kepada sang adik.

"Saya sering membeli sarung tangan di Mall Depok, beli sepatu di Depok, beli baju simpan, kalau pulang kampung saya kasih supaya dia main itulah sampai Andre Onana masuk ke Barcelona," papar Nnana dikutip dari Super Cyber Depok, akun Instagram suporter Persikad.

Kariernya terus berkembang setelah itu. Andre Onana bukan sekedar 'kiper biasa' di Eropa, sebab kerja kerasnya membawanya dari akademi La Masia, Ajax, Inter, dan Man United.

Andre Onana Sosok Manchester United Inter Milan
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.296

Bagikan