Bersyukur Medali Perak dari Aiman Cahyadi

Frengky AruanFrengky Aruan - Jumat, 12 Mei 2023
Bersyukur Medali Perak dari Aiman Cahyadi
Aiman Cahyadi memegang medali perak dari nomor Men's Indiviual Mass Start. (PB ISSI/Nick Hanoatubun)

BolaSkor.com - Pelatih Timnas Balap Sepeda, Dadang Haries Poernomo bersyukur dengan raihan medali perak dari nomor Men's Indiviual Mass Start. Medali diperoleh Aiman Cahyadi dalam perlombaan, Jumat (12/5).

Selain Aiman Cahyadi, turun juga di perlombaan Terry Yudha Kusuma, Odie Purnomo Setiawan, Muhammad Andy Royan, Muhammad Abdurrohman, Dealton Nurarif Prayogo, dan Bernard Benyamin Van Aert.

Balapan berlangsung panjang dengan cuaca yang berubah dari panas menjadi hujan. Total jarak yang ditempuh 150,6 kilometer atau 25,1 km dalam enam laps.

Aiman Cahyadi finis di tempat kedua dengan catatan waktu 3 jam 22 menit dan 50 detik. Ia selesai tipis belakang pebalap Malaysia Nur Amirull Fakhruddin Marzuki, yang meraih medali emas. Sedangkan medali perunggu menjadi milik atlet Filipiina Ronald Oranza.

Medali perak didapat tak lepas dari perubahan strategi di tengah perlombaan. Terlebih setelah Terry Yudha Kusuma mengalami pecah ban.

Baca Juga:

Odekta Elvina Naibaho Raih Medali Ketiganya di SEA Games 2023

Tim Basket Putri Indonesia Bekuk Filipina, Peluang Medali Emas Terbuka


"Memang hari ini terjadi beberapa perubahan strategi. Pada awal laps pertama atau sebelum masuk laps pertama, kurang lebih 20 km dari start, pebalap Terry Yudha yang kita gadang-ganda finis nantinya mengalami pecah ban."

"Begitu melihat Terry pecah ban, beberapa pebalap membuat move agar supaya Terry tidak bisa masuk pleton. Akhirnya pleton terpecah menjadi banyak, di situlah perubahan-perubahan strategi yang kita jalankan, akhirnya Aiman yang menjadi andalan kita bisa menyelesaikan," sambung Dadang.

Dadang pun memberikan apresiasi. Termasuk menyampaikan terima kasih kepada sejumlah pihak yang memberikan dukungan.

"Satu sprinter Malaysia bisa lolos ke depan. Memang Aiman kalah sedikit. Anak-anak sudah maksimal dan terima kasih sekali lagi atas kerja sama dan dukungan."

Aiman juga menyampaikan rasa syukurnya. "Terima kasih banyak teman-teman yang sudah membantu sampai titik ini, pelatih, staf yang membantu, dukungan dari keluarga, bapak Listyo Sigit Prabowo (Ketua Umum PB ISSI) yang sudah membina balap sepeda supaya konsisten dan bisa lebih baik lagi."

Sejauh ini, tim sepeda sudah mendapatkan lima emas, dua perak, dan satu perunggu. Sebelumnya atlet yang turun disiplin MTB juga mendominasi perlombaan. Emas diraih melalui Feri Yudoyono di Cross Country Olympic (XCO) Putra. Pada nomor tersebut Zaenal Fanani juga menyumbang perak.

Sayu Bella Sukma Dewi berhasil meraih emas di nomor XCO Putri. Kemenangan Sayu Bella sekaligus mengakhiri paceklik emas pada nomor XCO Putri setelah kali terakhir pada SEA Games 2013 di Myanmar melalui Kusmawati Yazid.

Lalu Dara Latifah yang turun di nomor Cross Country Eliminator (XCE) Putri juga berhasil mendulang emas. Pada XCE Putra Ihza Muhammad meraih medali perunggu. Medali emas lainnya datang dari nomor Mixed Cross Country Relay yang menurunkan komposisi, Dara Latifah, Sayu Bella Sukma Dewi, Zaenal Fanani, dan Feri Yudoyono. Medali emas kelima disumbang Terry Yudha Kusuma dari nomor Criterium Putra.

Medali masih berpeluang diraih. Pada Sabtu (13/5), Ayustina Delia, Dara Latifah, Dewika Mulya Sova, Magh Firotika Marenda turun di nomor Women's Indiviual Mass Start.

Tim Indonesia Sepeda SEA Games 2023
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan