Bernardo Silva dan 4 Penalti Terburuk Sepanjang Masa

Arief HadiArief Hadi - Jumat, 19 April 2024
Bernardo Silva dan 4 Penalti Terburuk Sepanjang Masa
Ekspresi Bernardo Silva pasca gagal cetak gol penalti (Twitter)

BolaSkor.com - Gagal mencetak gol dari penalti dapat terjadi kepada semua pesepak bola profesional. Tidak mudah mengatasi tekanan menendang penalti, terutamanya jika itu dilakukan di markas tim lawan.

Bahkan pemain yang sudah sarat pengalaman bisa gagal menendang penalti, entah itu peluangnya ditepis atau ditangkap kiper atau melesat ke luar gawang. Hal itu terjadi kepada bintang Manchester City, Bernardo Silva.

Berpengalaman dengan timnas Portugal, juga di level top Eropa bersama AS Monaco dan Man City, Silva melakukan tendangan penalti terburuk kala Man City disingkirkan Real Madrid di perempat final Liga Champions.

Baca Juga:

Betapa Buruknya Penalti Bintang Manchester City, Bernardo Silva

Man City Tidak Akan Pernah Menjadi Klub Sebesar Man United

Pertahanan Solid Kunci Real Madrid Singkirkan Manchester City

Pada momen krusial adu penalti, Silva menendang bola ke tengah dan mudah ditangkap kiper Madrid, Andriy Lunin. Silva jadi penendang Man City yang gagal mencetak gol penalti selain Mateo Kovacic.

Silva bukan satu-satunya pemain yang mengambil tendangan penalti terburuk dalam sejarah sepak bola. Ada nama lainnya. Berikut ulasan lengkapnya:

1. Simone Zaza vs Jerman

Adu penalti terjadi di perempat final Piala Eropa 2016 antara Italia melawan Jerman, setelah laga berakhir imbang 1-1 di waktu normal. Pada drama adu penalti, enam penendang Jerman sukses mencetak gol.

Salah satu penendang Italia, Simone Zaza, melakukan langkah kecil seraya berlari sebelum menendang bola dan ketika menendangnya, bola melambung jauh di atas gawang Jerman. Italia pun tersingkir.

2. David Beckham vs Portugal

Perempat final Piala Eropa 2004. Laga Inggris kontra Portugal berakhir imbang 2-2 di Estadio da Luz, kemudian pada drama adu penalti satu eksekutor penalti Inggris gagal mencetak gol.

Tak disangka pemain yang gagal melakukannya, di antara banyak pemain adalah bintang Manchester United, David Beckham, yang terkenal dengan akurasinya saat melakukan tendangan bebas, sepak pojok, hingga umpan silang.

Sepakan Beckham dari titik putih melambung tinggi di atas gawang Portugal. Inggris pun gagal menyingkirkan tim tuan rumah.

3. Roberto Baggio vs Brasil

"Pria yang mati berdiri". Itulah yang dikatakan di Italia mengenai sosok legendaris, Roberto Baggio, setelah tendangannya dari titik putih gagal berbuah gol kontra Brasil di final Piala Dunia 1994.

Mengingat kualitas serta pengalaman yang dimilikinya, Baggio pada akhirnya 'kalah' melawan tekanan karena sepakannya melambung tinggi di atas gawang Brasil. Baggio lesu tertunduk setelah gagal mencetak gol.

4. Harry Kane vs Prancis

Memori yang satu ini belum lama terjadi. Tepatnya pada perempat final Piala Dunia 2022 antara Inggris melawan Prancis. Les Bleus - julukan Prancis - menang dengan skor 2-1 melalui gol Aurelien Tchouameni dan Olivier Giroud.

Inggris sempat memperkecilnya dari gol penalti Harry Kane. Sosok yang sama berpeluang mencetak gol penyama kedudukan dari tempat yang sama, tetapi sepakannya melambung tinggi di atas gawang Prancis.

Trivia Sepak Bola Bernardo Silva Manchester City Liga Champions
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.374

Bagikan