Arsenal 1-1 Manchester City (4-1 Penalti): Akhir Catatan Buruk The Gunners Kontra Citizens

Arief HadiArief Hadi - Senin, 07 Agustus 2023
Arsenal 1-1 Manchester City (4-1 Penalti): Akhir Catatan Buruk The Gunners Kontra Citizens
Arsenal juara Community Shield (Twitter)

BolaSkor.com - Untuk kali pertama sejak 2020 Arsenal memenangi Community Shield. Ajang yang kerap dianggap sebagai pemanasan jelang Premier League itu berakhir untuk kemenangan The Gunners di Wembley.

Arsenal mengalahkan Manchester City via drama adu penalti dengan skor 3-1 usai laga berakhir imbang 1-1 di waktu normal, Minggu (06/08) malam WIB. Hasil itu sekaligus mengakhiri catatan buruk Arsenal yang kalah delapan kali beruntun sebelumnya dari Man City.

Mikel Arteta memainkan taktik 4-3-3 dengan menurunkan tiga rekrutan baru Arsenal: Jurrien Timber, Declan Rice, dan Kai Havertz. Sementara Pep Guardiola dengan taktik 4-2-3-1 di Manchester City.

Man City bermain tanpa Kevin De Bruyne yang berada di bangku cadangan. Mereka mendominasi penguasaan bola tetapi tidak memiliki kreativitas untuk membongkar pertahanan Arsenal, terlebih pertahanan mereka dilapis dua gelandang bertahan, Rice dan Thomas Partey.

Baca Juga:

Kalahkan Bayern Munchen, Arsenal Terdepan Rekrut Kiper Brentford

Perincian Penawaran Al Hilal untuk Kylian Mbappe: Gaji Tidak Sampai 700 Juta Euro

Jumpa Manchester City di Community Shield, Arsenal Usung Misi Balas Dendam

Arsenal justru lebih berbahaya meski tak banyak memiliki penguasaan bola. Dua peluang diciptakan Havertz dari jarak dekat, tetapi bola yang datang masih dapat ditepis kiper kedua Man City, Stefan Ortega. Babak pertama berakhir imbang tanpa gol.

Jalannya pertandingan di babak kedua tak banyak berubah, namun Man City mampu perlahan menciptakan peluang yang diawali tandukkan kepala John Stones yang ditepis Aaron Ramsdale di awal babak kedua.

Peluang demi peluang terlewati dan kedua pelatih melakukan pergantian pemain. Arsenal memainkan lima pemain dari bangku cadangan: Leandro Trossard, Eddie Nketiah, Emile Smith Rowe, Kieran Tierney, dan Fabio Vieira.

Sedangkan Guardiola memainkan De Bruyne, Phil Foden, dan Cole Palmer dari bangku cadangan. Pergantian itu terbukti jitu karena permainan Man City membaik, khususnya dari segi kreativitas bermain dengan masuknya De Bruyne.

Selebrasi gol Cole Palmer (Twitter)

Gol pertama pun lahir dari peraih treble winner musim lalu di menit 77. Gol indah diciptakan oleh Palmer, 21 tahun, kala produk akademi Man City itu melepaskan tendangan dengan kaki kiri ke sisi kanan gawang Arsenal. Bola tak dapat dijangkau Ramsdale. 1-0 Man City unggul.

Arsenal coba membalas kedudukan dan ganti banyak melakukan serangan, tetapi Man City coba mempertahankan keunggulan dan menumpuk pemain di lini belakang. Saat laga akan berakhir, perpanjangan waktu delapan menit diberikan oleh offisial pertandingan.

Perpanjangan waktu itu mengejutkan banyak orang termasuk Guardiola. Benar saja, apa yang dikhawatirkan Guardiola terjadi dengan gol penyama kedudukan Arsenal di menit 90+11.

Berawal dari sepakan spekulatif yang dilakukan Trossard, bola terdefleksi pemain Man City dan masuk ke gawang melewati Ortega yang sudah salah arah melompat. 1-1 laga di waktu normal berakhir dan berlanjut ke adu penalti.

Pada momen tersebut, Arsenal keluar sebagai pemenang dengan skor 4-1 setelah dua penendang penalti Man City, De Bruyne dan Rodri, gagal mencetak gol. Sementara tiga penendang penalti Arsenal, yakni Martin Odegaard, Trossard, dan Vieira mencetak gol.

Selebrasi gol penalti Fabio Vieira (Twitter)

Arsenal memenangi Community Shield untuk kali pertama setelah terakhir meraihnya pada 2020. Sementara Man City sudah tiga kali beruntun gagal memenanginya, meski pada akhirnya di dua edisi terakhir musim menjadi juara Premier League.

Susunan Pemain

Arsenal (4-3-3): Aaron Ramsdale; Jurrien Timber (Kieran Tierney 76'), Gabriel (Emile Smith Rowe 87'), William Saliba, Ben White; Thomas Partey, Declan Rice (Eddie Nketiah 81'), Martin Odegaard; Gabriel Martinelli (Leandro Trossard 75'), Kai Havertz (Fabio Vieira 88'), Bukayo Saka

Pelatih: Mikel Arteta

Manchester City (4-2-3-1): Stefan Ortega; Manuel Akanji, Ruben Dias, John Stones, Kyle Walker; Mateo Kovacic (Kevin De Bruyne 64'), Rodri; Jack Grealish (Phil Foden 58'), Julian Alvarez, Bernardo Silva; Erling Haaland (Cole Palmer 64')

Pelatih: Pep Guardiola

Arsenal Manchester City Community Shield
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.242

Bagikan