ANOC World Beach Games 2023, Sejarah Baru Olahraga Indonesia

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Minggu, 25 September 2022
ANOC World Beach Games 2023, Sejarah Baru Olahraga Indonesia
Ketua NOC Indonesia Raja Sapta Oktohari. (Foto: NOC Indonesia)

BolaSkor.com - Bali dipercaya menjadi tuan rumah ANOC World Beach Games (AWBG) 2023. Ajang olahraga internasional ini akan berlangsung pada 5 hingga 12 Agustus 2023.

Ketua NOC Indonesia Raja Sapta Oktohari mengatakan, event AWBG 2023 akan mencetak sejarah baru di Indonesia dengan kategori olahraga dunia yang diikuti oleh lebih dari seratus negara.

"Kegiatan ini akan menjadi sejarah baru dari pelaksanaan olahraga di Indonesia. Karena ini merupakan kegiatan multi event yang terbesar dalam sejarah Indonesia dalam keikutsertaan negara," kata Raja Oktohari saat konferensi pers melalui virtual, Minggu (25/9).

Sosok yang akrab disapa Okto ini mengakui, bahwa perhelatan Asian Games 2018 memang merupakan event terbesar yang pernah digelar di Indonesia. Hanya saja, negara yang berpartisipasi dari benua Asia saja, beda dengan ANOC World Beach Games 2023 ini, diikuti seluruh negara di dunia.

"Jadi 2018 Asian Games hanya dari Asia. Ini (ANOC World Beach Games) yang akan berpartisipasi lebih dari 100 negara dan dalam kongresnya dihadiri oleh seluruh Komite Olimpiade yang ada di dunia," urainya.

Okto mengungkapkan, bahwa World Beach Games sebetulnya event internasional yang lahir di Bali pada tahun 2008. Pada tahun itu Asian Beach Games itu lahir dan menjadi embrio dari ANOC World Beach Games.

"Ini juga yang membuat kita cukup confident. Bahwa World Beach Games kali ini harus kembali ke Bali dan melalui sebuah proses ketika di Yunani. Ketika itu kita dicalonkan menjadi tuan rumah World Beach Games yang ke-2. Akhirnya di bulan Juni pada saat itu ANOC resmikan Bali menjadi tuan rumah World Beach Games ANOC yang kedua di tahun 2023," terangnya.

Hal ini pun menjadi perhatian Presiden Joko Widodo (Jokowi). Orang nomor satu itu meminta NOC Indonesia untuk aktif menyelenggarakan event kelas dunia di tanah air.

"Presiden Jokowi memiliki atensi yang luar biasa pada olahraga. Saya melaporkan langsung dari beberapa kali kesempatan, bapak presiden menyampaikan bahwa jemput sebanyak mungkin kebijakan-kebijakan olahraga yang diadakan di Indonesia yang levelnya harus level dunia," pungkasnya.

NOC Raja Sapta Oktohari
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

5.755

Bagikan