Andres Iniesta Jadi Bintang Lapangan Hijau Berikut yang Tersandung Pajak

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Senin, 25 Maret 2024
Andres Iniesta Jadi Bintang Lapangan Hijau Berikut yang Tersandung Pajak
Andres Iniesta (twitter)

BolaSkor.com - Mantan gelandang Barcelona Andres Iniesta dinyatakan harus membayar denda pajak di Jepang karena tidak sepenuhnya memberikan laporan penghasilan kepada otoritas pajak setempat.

Seperti dilaporkan AFP, Iniesta yang lima tahun merumput di Liga Jepang bersama klub Vissel Kobe dinyatakan tidak melaporkan hasil pendapatannya sebesar 860 juta yen (5,7 juta dolar AS) untuk tahun 2018.

Jika pemain asing dikontrak kurang dari satu tahun dan mereka tidak tinggal bersama anggota keluarga, maka otoritas Jepang menganggap atlet itu bukan penduduk dan hanya membayar pajak lebih sedikit dibandingkan penduduk setempat.

Baca Juga:

Hasil Spanyol Vs Kolombia: Kalah 1-0, La Furia Roja Petik Banyak Pelajaran

Polisi Geledah Kantor Federasi Sepak Bola Spanyol

Barcelona Tolak Tawaran Rp3,4 Triliun dari PSG untuk Lamine Yamal

Namun, biro pajak daerah Osaka menilai, Iniesta sudah berstatus penduduk karena tinggal bersama anggota keluarga selama 2018. Ia juga terikat kontrak dengan klub lebih dari satu tahun. Akibatnya, Iniesta dikenakan denda pajak sekitar 580 juta yen.

"Pada tahun fiskal 2018, saya melaporkan penghasilan saya dari seluruh dunia kepada otoritas perpajakan di Spanyol,” pernyataan dari perwakilan Iniesta.

"Otoritas perpajakan Jepang memulai penyelidikan dengan fokus pada status kependudukan saya berdasarkan peraturan perpajakan, dan menyimpulkan bahwa saya adalah penduduk (di Jepang) selama sebagian tahun 2018.”

"Iniesta sudah membayar pajak tambahan yang diminta," kata pernyataan itu.

Kantor berita Kyodo melaporkan bahwa kiper Korea Selatan Kim Jin-hyeon dan penyerang Brasil Patric juga tidak melaporkan pendapatan selama merumput di Jepang. Kim terkena denda 220 juta yen sedangkan Patric sebanyak 210 juta yen.

Urusan pajak memang acap menerpa bintang lapangan hijau. Nama-nama besar macam Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi pun sempat tersandung masalah pajak ini.

Andres Iniesta Breaking News
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.117

Bagikan